Thursday, March 29, 2007

Laptop DPR





Wednesday, March 28, 2007

MFC

MFC, bukan Middlesbrough Football Club; atau
Microsoft Foundation Class; tapi...
MFC = My First Certificate.

Sekarang pertanyaannya, "Apa benefitnya buat elu Di ?"

Menurut website ini, benefit yang didapatkan jika memiliki MCTS :

* Overwhelmingly, individuals with Microsoft certifications have an advanced level of knowledge, expertise and skill, and command more professional credibility.
* The MCDBA certification is recognized as a particularly elite indication of an database administrator's prowess and skill level, and these professionals are highly sought by employers.
* Individual students may receive college credits to utilize tuition reimbursement programs for their IT training or to complete college coursework.

Tapi, setelah 3 bulan memiliki sertifikat MCTS, benefit apa yang saya dapatkan?

* Dapet Welcome Kit + sertifikat.
* Diajak teman ikut tender untuk memudahkan proses tender yang mengharuskan ada personil memiliki sertifikat.
* Disalamin teman-teman.

Udah, cuma itu aja. Esensinya belum kepakai. Dikantorpun masih ngutak-ngatik sql server 2000.
Jadi, belum bisa ngerasain implementasi:
* Common Language Runtime (CLR)
* Service Broker
* High-availability features
* Data encryption
* Dedicated administrator connection

Menurut saya, jika kantor/pekerjaan anda memang menggunakan SQL SERVER 2005, maka sertifikat MCTS SQL SERVER 2005 akanlah sangat amat bermanfaat.

"Di, lu kok nulis blog kayak gini."
"Sori, gue melow. Punya sertifikat tapi blom ngerasain manfaatnya."
"Ga penting banget."
"Biarin."

Ketikan terkait :
trik ujian mcts sql server 2005
mcp

Saturday, March 24, 2007

Wawancara dengan ahli linux

Wawancara 1 :

Wawancara 2 :


Moral of the story : Ada gula ada semut, tapi ga perlu jadi semut betulan.
Sumber tokoh : www.phdcomics.com

Screen & roll versi Mourinho



Kalau boleh bilang, Jose Mourinho mungkin manager bola yang paling hebat soal strategi. Masih terbayang dengan gol yang diciptakan oleh Robert Huth pada musim lalu. Golnya mungkin biasa bagi anda. Tapi luar biasa bagi saya. Luar biasa karena golnya itu seperti gaya permainan di bola basket, screen and roll. Berikut ilustrasi bagaimana terciptanya gol oleh Huth :



Disini, Huth bekerja sama dengan John Terry, sang kapten. Ketika tendangan bola sudut dilakukan oleh Frank Lampard, Terry naik ke atas, memblock penjaga Huth, Huth lepas kawalan dan ia tinggal menceploskan bola dengan kepalanya.

Bagaimana taktik screen and roll itu sendiri? Ini ilustrasinya :

Si guard passsing ke forward, lalu si guard melakukan gerak tipu setelah si center naik keatas dan menutup penjaga si guard. Ia berlari ke dalam, menerima bola dari forward dan ia tinggal memutuskan, mau di shoot atau dipassing ke centernya yang berdiri kosong.

Menarik bukan?

Games dan anak-anak


Waktu SMA, saya pernah baca di sebuah majalah games, editor majalahnya mengungkapkan bahwa bermain games PC atau games console(playstation, dll. Untuk selanjutnya, kedua jenis games itu kita sebut games saja) tidak seburuk yang diberitakan oleh banyak orang tua. Para orang tua mengeluhkan banyak efek negatif dari games yang mereka dapatkan secara langsung. Efek ini lah, efek itu lah. Si editor majalahpun membalas bahwa dengan seringnya bermain games, anak-anak akan terangsang untuk menjadi tangkas, awas dan cepat dalam berpikir.

Selain itu, jika si anak merasa tidak puas, suatu saat mereka akan belajar sendiri pemrograman untuk membuat games sesuai harapan mereka. Untuk menjadi seorang programmer games, dia harus bisa menguasai bahasa pemrograman C++. Di Jepang, bayaran untuk menjadi seorang programmer games sangatlah tinggi.

Baru-baru ini ada berita penelitian yang berkaitan.
Bermain video games “Gear of War,” “Lost Planet,” “Halo,” dan jenis permainan lainnya yang menggunakan senjata api justru dapat meningkatkan penglihatan.
Berdasarkan hasil penelitian, seperti dikutip dari LiveScience.com, Jumat (16/3/2007), jenis video games yang tidak ‘ribut’ seperti “Tetris” tidak menunjukkan hal itu.

Menurut Daphne Bevelier dari Universitas Rochester, berdasarkan pembandingan antara orang yang bermain dan yang tidak bermain video games dalam rentang waktu 30 jam, ternyata menunjukkan orang yang bermain video games memiliki peningkatan kemampuan mengenal objek lebih akurat.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Psychological Science itu, para pemain video games ternyata mampu mengenali benda-benda yang sangat kecil. Karena, permainan video games melatih kecepatan otak untuk menangkap objek yang nampak dalam penglihatan.


Sekarang pertanyaannya, jika diajukan ke saya, jika nanti jadi orang tua, apakah akan membelikan games console(playstation, nintendo, dll) pada anak saya?
Saya jawab, tidak.
Kenapa?
  1. Teman-teman anak saya bakalan dateng kerumah, main games ampe malem. Lupa waktu. Ngga ngerjain PR. DAN cuma ngabisin makanan. Kok bisa? Karena saya sering melakukan hal itu dirumah teman-teman sewaktu SD-SMP-SMA. (maaf ya teman-teman...)
  2. Untuk menjadi tangkas, bagus penglihatannya, menurut saya ga perlu main games console. Ajarin aja gaplek. Dijamin penglihatannya bagus 100%.
Pada intinya, saya pro dengan si editor majalah tapi pro juga dengan para orang tua.


Sumber :
1.majalah PC games, US.
2.www.okezone.com
Sumber gambar :
1.Betty, www.comics.com.

Tas Gue nih…


Sudah lupa kapan tepatnya dapat tas ini. Yang saya ingat, datang ke kantor Microsoft di BEJ, ketemu Mr Risman Adnan, Senior Developer Evangelist Microsoft Indonesia, lalu ngobrol-ngobrol tentang visi-misi Projek Otak, peran para penulisnya pada programmer pemula khususnya untuk menggunakan produk Microsoft yaitu visual studio .NET dan lain-lain. Selesai ngobrol, saya pulang membawa tas ini. Kalau ga salah sih, dikasihnya kira-kira pertengahan 2005.

Saat berbincang-bincang, saya sempat ditanya, “Kamu ada ide untuk membuat tulisan migrasi dari bahasa lain?” Saat itu, projek otak sudah ada pengerjaan membuat e-book tentang migrasi Java ke C#.
“Ada pak,” Jawab saya, “Saya berkeinginan membuat tulisan migrasi Perl ke C#. Atau Oracle Developer 6 ke C#.”
“Bagus. Coba aja kamu lempar ke milis tentang ide kamu. Kalau ada yang tertarik, kamu jadi projek leader-nya.”
“Ok.”

Sampai sekarang ga pernah saya lempar itu ide-nya ke milis projek otak. Karena bagi saya ide tersebut terasa konyol. Perl dan C# adalah dua benda yang berbeda. Perl lebih bermanfaat untuk membantu administrator UNIX/LINUX dalam mengurus(maintenance) servernya. Tidak banyak Perl dipakai sebagai bahasa pilihan untuk aplikasi bisnis karena debuggingnya setengah mati (sepengalaman saya). Makanya muncul PHP untuk menutupi kekurangan Perl. (Hehehe… jangan marah yah orang-orang Perl. Dulu skripsi saya tentang pencocokan sekuen DNA menggunakan Perl kok).

Begitu juga dengan Oracle Developer 6. Oracle Developer 6 dan C# juga seperti bumi dan langit. Oracle Developer 6 memiliki kemiripan dengan Foxpro 6 ke bawah yang lebih cocok hanya untuk membuat aplikasi bisnis karena keterintegrasiannya dengan si database(database centric). Tidak mumpuni untuk socket programming, web services, messaging, dll. Apalagi Oracle Developer sama kayak Perl, debuggingnya setengah mati. Ga ampe mati sih, Cuma, setiap mo ngetes, harus nulis ke messagebox. Gatel ga sih kuping rasanya denger ding! ding! ding! ding! ding!
Duh, kok jadi ngebanding-bandingin lagi yah? Dah ahk, kabur…

Balik ke tas. Waktu nerima tas, saya ditawari minum softdrink. Tau ga sih rasanya waktu itu? Rasa Coca-Colanya sih sama aja. Tapi minum softdrink gratis karyawan Microsoft itu rasanya sama kayak dicium Angelina Jolie. Jadi waktu kuliah, saya suka baca buku biografi Bill Gates kalau kerja di Microsoft ada fasilitas free softdrink. So, it’s like I work at Microsoft corp! Bisa kebayang ga sih kalau saya bisa kerja di Microsoft...

Microsoft-nya langsung bangkrut. Hehehe…

---
Note : untuk membaca judul "Tas Gue nih…" Nadanya kayak iklan biskuit Trenz.

7in1 competition strategy


Bukan, bukan. Saya bukan sales dan tidak bermaksud untuk promosi buku. Saya Cuma mau anda untuk berhati-hati dengan benda ini, 7in1 strategy. Before you think to buy this book, think the price.
{Ya iya lah…}

Apa itu strategi 7in1?

7in1 strategy atau 7in1 business competition strategy adalah kerangka kerja yang menitikberatkan pemantauan kinerja kompetisi dari waktu ke waktu. Indikator jelas tergambar dalam parameter kompetisi 7in1 yang meliputi: penjualan; pangsa pasar; awareness pelanggan; citra pelanggan; kepuasan pelanggan; loyalitas pelanggan; stakeholder value(lewat profit); dan pertumbuhan. Parameter inilah yang secara berkelanjutan menyuguhkan posisi dan kemampuan bersaing perusahaan dipasar.

Siapa pengusung konsep ini?
Yang jelas adalah penulis buku 7in1 strategy Toward Global Competitiveness, Dr. Kand. Handito Hadi Joewono, President Arrbey Consulting.
Tag line yang ditebar oleh Mr K.H.H. Joewono dalam mendagangkan konsepnya adalah
Kompetisi itu indah, jangan dimatikan. Biarkan kompetisi tetap hidup, bahkan tidak perlu mempermasalahkan kompetitor yang terus maju, asalkan kita jauh lebih maju.


Nah… (tidak mau berpanjang-panjang, cape ngetiknya), bagi Anda penganut Blue Ocean Strategy(termasuk saya), sepertinya buku karya Tuan K.H.H. Joewono itu bukanlah bacaan yang pas mengingat Anda mengusung konsep,
Untuk berjaya di masa depan, perusahaan harus berhenti bersaing satu sama lain. Satu-satunya cara memenangi kompetisi adalah berhenti berusaha memenangi kompetisi. [hal 20]

Lalu, dengan harga bukunya yang Rp. 99.000,-, lupakan untuk membelinya. Lebih baik buat beli beras 15 liter. (Maklum, yang nulis blog = programmer kere).
Dan, cukup melihat definisinya, kita bisa menerka bahwa strategi 7in1 hanyalah perumusan konsep-konsep yang sudah ada menjadi sebuah barang dagangan baru.

Kendati demikian, filosofi-fiosofi yang terkandung dalam strategi 7in1 tetap bisa menambah pemikiran kita dalam berkompetisi. Baik di low level management maupun di medium or top level managment.

Sumber :
1.majalah SWA edisi 25/XXII/30 November – 10 Desember 2006
2.W. Chan Kim & Renee Mauborgne, Blue Ocean Strategy.
Sumber gambar :
1.Mockbert (dari kata mocking Dilbert) atau Dilbert, karya Scott Adam.
2.Jay, karya John Zakour & Kyle Miller dari komik stripnya Working Daze.

Wednesday, March 21, 2007

Bos, Sukab dan wanita

Jam 11:00, lagi masih asik-asik coding, big boss datang menghampiri meja Sukab.
Bos : Sukab, kita nanti lunch meeting di plaza senayan.
Sukab : Ok pak. {asiik… makan gratis…}

Sesampai di PS, masuk ke restoran, merekapun langsung order makanan. Sambil menunggu klien, mereka ngobrol.
Bos : Hei Sukab...{sambil menunjuk} Lihat, menurut kamu gadis itu cantik?
Sukab : Iya pak, mirip Bella Saphira.
Bos : Cantik apanya? kalo itu?
Sukab : Manis pak, kayak Mayangsari.
Bos : Payah kamu. Kalau yang baju merah?
Sukab : Mmm... Cantik juga pak, kayak Luna Maya.
Bos : Mosok? heran saya sama kamu, kayak gitu kok dibilang cantik.
Sukab : Kalo gitu, saya tahu pak, wanita mana yang paling cantik.
Bos : Siapa?
Sukab : Istri bapak.
Bos : He!! Jangan menghina kamu.
Sukab : ???

Pernah mengalami situasi mirip-mirip seperti ini?

Catatan : Sukab adalah tokoh khayalan Sastrawan indonesia, Seno Gumira Ajidarma. Mohon maaf jika dipinjam sebentar.

Tuesday, March 20, 2007

Bisnis antar jemput

Membaca tulisan ini coto de kikil, saya jadi terinspirasi untuk mengetik tentang bisnis. Berhubung saudara saya ada yang memiliki usaha antar jemput hingga 3 mobil, mungkin saya bisa ceritakan sedikit tip untuk menjalankan usaha ini.
Artikel hanya terdiri dari : Perencanaan, Pemasaran dan Operasional.


Perencanaan
Untuk memulai bisnis antar jemput, kita perlu mengetahui budget penyediaan mobil. Kalau pas-pasan, kita bisa beli mobil bekas seperti Suzuki Carry lama tanpa AC yang cukup memuat banyak pelanggan. Tapi jika budgetnya agak banyak atau memang banyak, diharapkan kita mampu membeli mobil bekas yang ber-AC. Bisa Toyota Kijang, Suzuki Carry terbaru, atau mobil-mobil besar (Serena juga boleh). Kenapa harus ber-AC? Karena orang tua murid sangat concern soal ini. Sepengamatan saya, setiap orang tua murid yang mau memakai jasa antar jemput, selalu menanyakan soal AC. Kadang merek mobilnya juga ditanya.

Cari sopir yang bisa anda percaya. Ini sangat penting supaya bisnis lancar dan anda tidak sering sakit kepala.

Perencanaan terakhir, tentukan track dari usaha antar jemput kita. Hindari jalur-jalur macet. Seandainya memang harus melewati jalur tersebut, jadwal penjemputan harus dibuat lebih awal/pagi. Hal ini harus ditegaskan kepada orang tua murid supaya tidak terlalu lama menunggu nantinya.

Pemasaran
Setelah perencanaan selesai, mobil ada. Langkah selanjutnya? Buat kartu nama. Ini harus, wajib, kudu, penting ada. Berikut 3 kondisi dalam pemasaran antar jemput:
1. Jika anda seorang pegawai administrasi sekolah, ini sudah merupakan keuntungan bagi anda. Ketika berlangsung penerimaan Uang Pangkal sekolah murid baru, anda tinggal menawarkan kesetiap orang tua yang sedang membayar Uang Pangkal. Lagi tanda tangan kuitansi UP, sodorin deh kartu nama antar jemput anda.
2. Jika anda bukan seorang pegawai sekolah, tapi anda mempunyai kenalan pegawai administrasi sekolah, anda bisa minta tolong untuk ditawarkan jasa anda. Jangan lupa negosiasi komisinya. Biar sama-sama enak. Jangan lupa juga kartu nama.
3. Kalau anda tidak punya kenalan pegawai administrasi sekolah, anda bisa memasang iklan dipapan pengumuman sekolah. Tapi kalau ini rasanya kurang efektif, karena sudah pasti kuenya kepotong oleh 2 kondisi diatas.

Operasional
Dalam melaksanakan bisnis baru kita ini, perlu ada sedikit manajemen keuangan. Jadi tidak bisa sekedar terima pendapatan, bagi komisi ke supir, selesai. Tapi harus diperhitungkan semua pengeluaran. Bensin, tune up, service, petty cash, dll. Dalam hal ini, program kecil keuangan sangat dibutuhkan. Nah, kalau soal ini, bisa kontak saya di email : adiwirasta@gmail.com (Hahahaha… ada udang dibalik blog).
Pakai excel aja sudah cukup kok. Anda bisa mencari bukunya di toko buku tentang penerapan akuntansi menggunakan excel. Banyak yang ngarang.

Ok, sekian sekolah bisnis dari saya. Semoga bermanfaat dan semoga saya di kirimi email.

Note : Tulisan ini lebih tepat diimplementasikan di sekolah swasta.

Tuesday, March 13, 2007

DBD


4 tingkatan gejala terjangkit DBD (Demam Blogging Dengue)

# tingkat 1
1. Sering kenalan dengan peblogger lain. Minimum sehari 2 orang.
2. Rajin gonta-ganti template.
3. mempunyai blog lebih dari satu.
4. Jadi rajin ngobrol dikantin, sering nongkrong dan doyan foto-foto supaya bisa menjadi bahan posting ke blog.

# tingkat 2
Ditambah dengan gejala-gejala tingkat 1
1. Ketagihan nulis. Ngimpi saat tidur ditulis kedalam blog. Bahkan jalan ke WC pun ditulis ke dalam blog.
2. Makin rajin kirim-kirim komentar ke blogger lain.
3. Mulai kasar. Suka meledek pengguna blog friendster.
4. Berani berbohong. Memohon kepada atasan untuk dibukakan jalur internet supaya dapat membantu pekerjaan. Padahal Cuma mau nge-blog.

# tingkat 3
Ditambah dengan gejala-gejala tingkat 2
1. Sensitifitas jiwa meningkat. Mengalami kekecewaan yang sangat dalam ketika komentar yang dituliskannya ke blog orang lain dihapus.
2. Melakukan tindakan-tindakan aneh. Bersedia memberikan jasanya secara gratis untuk membuatkan blog bagi orang lain sekaligus mengisikannya secara rutin.

# tingkat 4
Ditambah dengan gejala-gejala tingkat 3
1. Kenekatan meningkat. Rela keluar dari pekerjaan utamanya hanya untuk menjadi seorang Blogger.
2. Kondisi jiwa mulai terganggu. Mengalami kegilaan ketika ip address website blognya ditutup oleh staff IT kantor.

Catatan : cuma becanda loh...

Monday, March 12, 2007

Programmer pinter vs programmer bodoh

Programmer bodoh : Karena kemampuan otaknya terbatas, yang dilakukan selama bekerja bukannya research malah nulis blogger. Nge-blog terus sampai lupa waktu, akhirnya kerjaan tertunda. Sangking kecanduannya, ketika butuh bahan, sampai-sampai rahasia perusahaan di publish.

Programmer pinter : karena kemampuan otaknya tak terbatas, pekerjaannya lekas selesai, akhirnya nulis blog engine, beli 5 nama domain, memodifikasi menjadi 5 free blog engine dan membiarkan programmer bodoh menulis blog di situs blogging free-nya.


Bakmi Toko Tiga

Konsep desain yang ‘bersih’ membuat Bakmi Toko Tiga di Jalan Letjen MT Haryono terasa lapang dan nyaman. Selain itu, harga makanannya juga pas di kantong. Ga beda jauh dengan bakmi seleb lainnya yaitu Bakmi Gajah Mada atau Bakmi Gang Kelinci. Selain aneka bakmi, aneka nasi dan masakan hidangan laut, tersedia juga aneka steak. Nyum-nyum… Harga steaknya pun ga beda jauh dengan atmosphere, restoran terbaik saya pernah kunjungi.
Satu hal yang menarik, saat lagi makan dengan segenap tenaga, alunan lagu di Bakmi Toko Tiga adalah JAZZ. Hehehe… Feel so good.

Terakhir, bukan bermaksud promosi, tapi karena saya suka aja, berikut beberapa lokasi Bakmi Toko Tiga:
KH Wahid Hasyim, JakPus.
TIS JL MT Haryono, JakSel.
JL Toko Tiga, Jakarta Barat.

Blog yang menuliskan Bakmi toko tiga juga : http://ijoli.multiply.com/reviews/item/9

Saturday, March 10, 2007

ON THE SPOT!

Trick or tricked With Wongpitoe
Friday, March 9
La Forca Pool & Lounge

* Wongpitoe in action

* Dakika : Anom(temen kantor saya), Hanafi(temen Anom), Simon(Vokalis Wongpitoe)

* Dakika : Suami Dita (lupa namanya, hehe, maap), Dita (temen Anom dan istri suaminya), Saya (sang penggoda wanita)

Friday, March 09, 2007

Majalah Tamasya Juli 2006


Barusan saya beli Majalah Tamasya edisi Juli 2006, covernya Kak Glen dan Mba Dewi. Topik utamanya: tamasya di Maluku. Majalah bekas sih. Tapi khan isinya belum basi2 banget. Yang diliput toh tempat2 pariwisata. Ga bakalan pindah.
Ada segmen funny story berjudul "salah naik pesawat". Jadi teringat akan kawan saya, Yandy. Pernah bercerita ketika kuliah di Aussie, dia tertidur diapartemennya hingga telat naik pesawat.
Ada juga segmen kata editor yang intinya "selalu bawa buku catatan dan catatlah perjalananmu". Baik lah.
Tapi kalau ini rada aneh, segmen busana. Pertanyaannya, emangnya perlu gitu ada segmen ini? Jalan-jalan mah ya jalan-jalan. Pusing amat sama berpakaian.
Satu lagi, segmen yang paling saya sukai, galeri foto. Sayangnya saya ga punya scanner. Coba masuk ke websitenya untuk mendapatkan foto-foto edisi juli 2006, ternyata tidak ada arsipnya.
Last but not least, untuk kaum adam, disini ada foto Dewi sandra pakai bikini. Cihuy...
Sekian berita majalah bekas dari saya, terima kasih atas atensinya.

Link : http://tamasya.info/

Panda atau Anjing?



Coba tebak, saya ini panda atau anjing ?

Sumber foto : cnn.com

Somay Basi Pak Polisi

Waduh, kalian sudah baca berita ini :
Markas Besar Kepolisian RI telah mengirim somasi kepada produsen rokok itu dan biro iklannya.
Melalui surat somasi ini, polisi meminta iklan itu dicabut karena merasa dicemarkan nama baiknya.
Tulisan saya polisi lagi tidur bisa kena somasi juga ga yah ?
Ck-ck-ck...
Pak... pak...
Sudah lah... damai aja. Kita orang khan udah beberapa kali berurusan dengan bapak, moso cuma gitu aja pake somay basi.

Link : LA Light pecas ndahe


Thursday, March 08, 2007

Mengembangkan Aplikasi Java dengan Metode MVC

Kalau didalam perbukuan fiksi Indonesia ada Supernova yang ditulis sendiri, diterbitkan sendiri lalu didistribusikan sendiri, maka di dunia perbukuan IT, ada beberapa mahkluk JAVA GEEK* melakukan hal yang sama.
Adalah Frans Tamura dkk yang mencoba peruntungannya dari penerbitan buku mereka. Buku berjudul, “Cara Cepat Mengembangkan Aplikasi Java Enterprise dengan Metode MVC” yang diklaim sebagai Buku MVC pertama di Indonesia, telah siap didistribusikan.
Buku yang ditulis oleh Frans Thamura, Leo Heryanto, dan Endy Muhardin ini memiliki topik Bahasan sebagai berikut :

Bab 1, Mekanisme Pengembangan dalam Java dari MVC sampai AJAX
Bab 2, Berkenalan dengan Teknologi Viewer dalam MVC, Compile Time vs Run Time
Bab 3, Berkenalan dengan Hibernate untuk solusi Model pada MVC
Bab 4, Pemograman MVC dengan Controller WebWork/Struts 2
Bab 5, Pengembangan dengan IOC Menggunakan Spring Framework
Bab 6, Membuat Aplikasi Web CRUD dengan Cimande
Bab 7, Implementasi User Management dengan Filter dan Session
Bab 8, Manajemen Organisasi dengan Blueoxygen Cimande
Bab 9, BlueOxygen Postila, Solusi POS dengan Swing dan Hibernate
Bab 10, Mengembangkan Aplikasi Berbasis SOA dan Memperkenalkan Projek PASIR
Appendix A, Berkenalan dengan Java SDK dan Variannya
Appendix B, Memulai Pemograman Berbasis Java dengan Eclipse IDE (Calisto).
Untuk melakukan pemesanan, harap agar Anda bersabar sampai muncul situs promosinya.

Sebelum buku CCMAJEDMMVC ini muncul kepermukaan, sudah ada JAVA GEEK juga yang melakukan karang+terbit+distribusi sendiri dan blognya anda bisa lihat disini.
So, what are you waiting for? Go get IT dude…

[*] JAVA GEEK adalah penulis program komputer berbahasa JAVA setengah gila yang kalau bekerja sering lupa waktu.

Sumber: Milis JUG.

The Horse Whisperer


Film ini bener-bener Indah…
Bercerita tentang seorang gadis yang trauma setelah tertabrak truk dan temannya tewas. Tak terkecuali kudanya yang cidera. Akibatnya, kuda yang dimiliki si gadis (eh, namanya Grace MacLean, sori telat nyebut ), mengalami kondisi traumatis dan susah dikontrol. Merasa kasihan, sang ibu Grace, Annie MacLean, yang diperankan Kristin Scott Thomas, mencoba menyembuhkan si kuda dengan mendatangi seorang Horse Whisperer yang tinggal di Montana Ranch. Nah, ini yang saya maksud dengan Indah… Nuansa pedesaan Montana Ranch-nya seperti diiklan Marlboro. Tapi jangan inga-inga film Brokeback Mountain yah.

Intinya, kalau anda pecinta kuda, banyak hal2 yang bisa dipelajari dari film ini untuk mendekati kuda anda dikala ngambek. Ga Cuma cewe aja yang sulit dibelai selagi ngambek, kudapun sulit. Untuk mengetahui lebih lanjut cara membelai kuda, bisa klik disini: www.johnlyons.com
Note : Bagi kaum adam, cara membelai kuda yang ngambek difilm ini bisa dipraktekan juga ke pasangan anda. Asalkan bisa menganalogikan saja.

Wednesday, March 07, 2007

Bang Yos goes Public

Terlihat banyak absurditas di kepala Bang Sutiyoso selama memerintah kota Jakarta. Proyek Banjir Kanal yang seharusnya diutamakan malah menjadi nomor 2 setelah Proyek Bus Way. Awal bulan februari kemarin, bisa kita lihat hasilnya.
Jalan Manggarai yang sudah sempit, diselipin jalur Busway yang membuat semakin sempit. Monorail, yang seharusnya cukup ditujukan bagi masyarakat komuter yang bekerja di tengah kota, malah dirancang juga berputar2 di dalam kota. (Lihat fase pengerjaan di sini). Dan masih banyak lagi kekonyolan2 yang cuma bisa kita jawab dengan senyuman getir.

Nah, kalau Anda kurang puas, benci, marah, silahkan kirim SMS ke Mr Sutiyoso di nomor : 0811 983899. Selengkapnya bisa cek disini.

Tapi kalau masih kurang puas juga, bisa dicoba membuat guyonan di blog anda seperti ini :
humor ala gubernur
humor ala gubernur 2

Tuesday, March 06, 2007

Dunia Bikers Pecinta Modifikasi


Saya : Jangan ngaku bikers kalau belum baca blog ini : kafemotor.wordpress.com

Anda : Eh! Jangan ngaku bloger kalau ga pernah baca blog 'Ntu.

Saya : Hee... Maap, baru tau sih...

Monday, March 05, 2007

Enjoy Jakarta


Berawal dari iseng2 ngambil foto billboard Enjoy Jakarta di pinggir jalan MT Haryono, saya diantarkan pak google ke 2 situs Enjoy Jakarta.
1. http://www.jakarta-tourism.go.id
2. http://enjoyjakarta.blogspot.com/
Yang pertama asli, yang kedua bajakan. Seperti kaset bajakan, diakhir putaran pita suka ngaco, begitu juga situs blog Enjoy Jakarta ini. Isinya ga karuan.



Ada Pak Polisi


Ngomong-ngomong soal polisi, saya ada kenangan buruk sama mereka.
Bulan januari, di puteran Jl Jendral Sudirman depan Ratu Plaza. Abis maem di Roti Bakar Bang Edy, pulangnya saya bengong. Main lurus aja, tau-tau masuk jalur mobil. Alhasil pak polisi dengan tongkatnya memanggil. Kena tilanglah.
Kedua, kejadiannya pas lagi banjir besar awal februari kemarin. Subuh2, saya pulang dari kosan teman karena malem jumat ujan deras sekali dan menyebabkan banjir dimana-mana. Sesampai di cawang-halim, saya tidak bisa lewat masih banjir. Ditanya pak Polisi mau kemana, saya jawab ke duren sawit, langsunglah, "Lewat tol pak."
Dalam hati, 'asiik'. First in my life, liewat tol naik motor. Langsung tancaplah. Baru merasakan tol kira2 200 meter, mobil patroli ngejar. 2 pak polisi + tampang sangar keluar langsung ngomel2 didepan muka saya yang cuma bisa cengo.
Akhirnya saya muter balik. Sialnya lagi, ada taksi yang berhenti di bahu jalan. Saya liewat tanah, tapi pas naik ke aspal, "BUGG"
...jatuh karena licin.
Sial abis...

Sunday, March 04, 2007

Blue Crush


Film yang bercerita tentang hasrat surfer wanita menjuarai kompetisi surfing di North Shore, tempat surfing terkenal yang biasa disebut Pipeline. Dan akhirnya masuk majalah setelah berhasil mengalahkan ombak terkejam walaupun skornya kalah dengan Keala Kennelly, pesaingnya.
Yang membuat saya kagum akan film ini adalah Tidak ada aktor pemeran antagonis. Tidak ada saling sikut. Yang ada saling membangun. Contohnya ketika Keala Kennelly memaksa Anne Marie untuk mengambil ombak yang bagus dan Anne Marie berhasil mendapatkan skor yang sempurna untuk 1 ombak tersebut. Padahal Keala Kennelly sudah menang karena sudah berhasil menantang lebih dari 5 ombak.
Film ini sangat baik untuk ditonton bagi penguasa software. Ketika mereka sudah memenangi pertandingan di hulu, alangkah baiknya untuk tidak juga menguasai pertandingan dihilir. Kalau semuanya dikuasain, kapan rakyat kecilnya berkembang. (sok perhatian, hehehe…maap)

Friday, March 02, 2007

Jalan-jalan ke Bandung (Part 3)

Kalau mau ke Tangkuban Parahu secara bag packer, ada satu tips saat kamu akan naik mobil omprengan dari Lembang ke Puncak Gunung Tangkuban Parahunya. Tanya dan Tawar!
Jangan naik angkot kuning. Karena nih mobil ga sampai puncak. Sebaiknya naik yang omprengan. Tapi kalau bisa, cari yang agak penuh, supaya bisa langsung jalan. Kalau emang lagi sial, ya terpaksa, keluarkan novel/komik/majalah selama menunggu. Dan ingat selalu, sebelum menjejakan pantat di jok mobil, T-a-w-a-r.
Jangan bilang dari saya yah, 15 ribu per orang dah bisa meluncur.



Ini foto rasanya paling keren dari 120 foto yang saya ambil selama jalan-jalan ke Bandung.

HRD manager

4 metode HRD manager dalam melaksanakan tugasnya.
1. Metode persuasif. Contoh Gede Prama, ex HRD Manager perusahaan swasta terkenal.
Manager : kenapa kamu kemarin tidak masuk?
Karyawan : saya males pak
M : oh, sama dong. Saya juga. Kalo gitu, mulai bulan depan, saya males memberi gaji kamu lagi.
K : Loh, jangan dong pak.
M : ya sudah, kalau gitu, kamu jangan males lagi.
K : baik pak.

2. Metode Agresif. Contoh: Pak Taka, HRD Manager OK TV.
Manager : kenapa kamu kemarin tidak masuk?
Karyawan : saya males pak
M : apa? MALES?!! Push up kamu 10 kali…
K : aduh pa…
M : Cepat!!!

3. Metode ekonomis. Contoh: Emak, HRD Manager salon Oneng.
Manager : kenapa kamu kemarin tidak masuk?
Karyawan : saya males mak
M : oh, gitu… ya udah, lu resign aja sekarang, gaji lu bulan ini buat gue yee..
K : Loh, jangan dong mak.

4. Metode asik (gaul). Tapi sebetulnya seorang penjilat. Contoh: Siapa aja yang merasa.
Manager : kenapa kamu kemarin tidak masuk?
Karyawan : saya males Bu
M : hahaha… kenapa? Atasan kamu nyebelin yah? Hehehe… Iya tuh, bulan lalu saya juga kena getahnya. Hu! Bete jadinya.
K : He-eh ??

Basket Nasional menurut Nano Sukarna

Hari itu angin berhembus kencang di lapangan basket ABC senayan. Sambil menunggu teman-teman yang lain, saya berkesempatan berbincang dengan Nano Sukarna, mantan tim basket nasional.

Pandangannya tentang perbasketan nasional telah membukakan mata saya akan bobroknya olahraga Indonesia. Bercerita tentang IBL yang sudah hilang gregetnya karena sudah dipastikan siapa yang bakal juara, membuat saya tersenyum sedih. “Gimana IBL mau ada penontonnya kalau kita bakalan tahu ASPAC yang bakal juara. Semua pemain yang jago-jago dari tim-tim lemah dibeli oleh ASPAC. Dan itu pun pengurus IBL diam saja. Seharusnya, pengurus IBL menjaga agar tidak terjadi monopoli pemain oleh klub yang kaya.”

“IBL sudah seharusnya mendatangkan pemain asing, dan harus negro. Tidak boleh Asia. Kenapa harus didatangkan? Supaya penontonnya senang. Khan enak liat banyak slam dunk. Kedua, tiap klub diberi jatah hanya 2 pemain asing. Supaya ada pemerataan. Jika setiap klub diberi jatah 2, setidaknya kalau yang satu cidera, masih ada yang gantiin. Dan itupun benar-benar tidak boleh lebih dari 2. Supaya pemain lokalnya dapat andil dalam bermain dilapangan. Ketiga, pemain asing tidak boleh lebih dari 2 meter. kenapa harus kurang dari 2 meter, kasihan dong center lokal, baru muter badan, bolanya udah di blok. Yang ada semua center lokal mainnya diluar kotak free throw melulu.”

Tambahnya lagi, “Kalau sudah begini, bola basket bakal jadi ceruk uang. Pemerintah senang, pemain senang, penonton juga senang. Coba lihat pemain-pemain basket di Filipina, disana, mereka sudah seperti selebritis. Jalan ke mal, dimintain tandatangan.”
Dan masih banyak lagi curahan bibir Nano namun sudah tidak fokus karena yang lain sudah pada shoot-shootan di lapangan. Saya pamit ganti baju, “OK man, see you on court.”

Thursday, March 01, 2007

Java vs PHP

Kemarin, I have a good discussion with my friend about Java technology compare with PHP. Lets take a look.
[[[ Chat sana-sini dulu, bla... bla... bla... ]]]
Friend: udah... kantor lu racunin aja untuk pindah ke JAVA, he3x
Me: ga mungkin banget... produk2 kantor yg udah pake dotnet banyak ... dan sekarang sudah pada runing
F: kan bisa migrasi sebagian2.. pake webservice, he3x
M: gw kalo bisa nyetanin malah pake PHP... lebih ringan
F: :)) tapi PHP gak bisa enterprise
M: PHP khan bisa pake oracle
M: erp pake PHP jg udah bayak
F: no .. no.. no.. enterprise bukan masalah db , tapi masalah maintainability. dan masalah komunikasi dengan beragam device yang ada di perusahaan itu .
F: walau udah banyak.. tapi sedikit banget yang jadi pilihan bagi perusahaan2
F: karena dari segi pengembangan emang cepat
F: tapi kalo dari segi maintain minusnya banyak..
F: lu gak bisa extend kelas dll.
M: hehehe... hebat juga lu jawabnya...
F: padahal misalnya ada fitur baru yang mau ditambahin
F: hanya variasi dari fitur yang ada
F: sebetulnya bisa disolved dengan extend.
F: tapi karena gak ada, jadinya harus copy and paste terus di ubah
F: waktu nambah emang gak repot
F: tapi begitu variasi nya udah banyak..
F: terus lu mau ngerubah di perilaku dasarnya
F: lu harus ngerubah satu2..
F: padahal kalo hasil extend lu ngerubah di kelas yang dia extend aja
F: PHP atau java itu tools
F: tools itu harus dilihat dimana penggunaanya
F: kalo gak tepat, tools sebagus apa pun bisa sangat mengecewakan he3x
M: wah.. ga mudeng gw

Photoshop goes online

Asik... Adobe Photoshop bisa digunakan diatas browser. Sebentar lagi sih.
Tidak seperti kebanyakan aplikasi portingan deskstop app ke web app (contoh : Google Spreadsheet/Docs yang memporting aplikasi alat bantu perkantoran ) yang merupakan pure Ajax, AP dibikin diatas Flash (Wajar, flash yang punya Adobe sendiri).
Sekarang, bagi kita2 yang software developer, ada yang tertarik ngembangin Ms Paint diatas web platform? Yang simple2 aja dulu.
Info lengkap Photoshop goes online ada disini

Berikut sebagian daftar online photo editing tool :
picnik
fauxto
picture2life
pxn8
snipshot

Komentar Terbaru