Tuesday, March 29, 2011

Close All Documents: Fitur Mematikan Visual Studio

Waktu kerja masih pakai bahasa program Visual Basic 6, hal yang paling menyebalkan ketika sudah selesai bekerja adalah menutup semua windows form yang sudah dikerjakan. Kita harus tutup satu satu.
Ketika pindah ke Visual Studio 2003, saya senang bukan main bukan karena makin canggih, makin mudah coding dan makin mudah lain-lain, tapi karena di Visual Studio sudah ada fitur "Close All Documents" :
mengenang-vb-programming
Fitur sederhana namun mematikan! Bisa menghemat waktu kita sebagai programer.
Sampai sekarang, saya masih merasakan dampak manfaat besar dari fitur Close All Documents.

Friday, March 25, 2011

Beli Hape Modem SMART, Perhatikan Sinyal Dirumah Anda

Sekitar pertengahan 2010, saya membeli ponsel modem SMART jenis ini:

hape-modem-smart

Menurut teman-teman saya, hape modem ini cukup lumayan buat berinternetan. Tergiur dengan kata-kata mereka, saya pun membelinya. Harganya masih dibawah 400 ribu.

Sampai dirumah, saya tes, tersendat-sendat. Tapi saya masih bersabar, karena barang baru. Tapi, lama-kelamaan, kok makin parah. Akhirnya, saya tidak lagi menggunakan hape modem ini.

Suatu saat, saya mampir ke SMART service center di Mal Metropolitan, Bekasi Barat. Saya tanya, kok internetan pakai hape ini, lambat sekali. Dijawab oleh staf SMART, memang kalau di daerah Pekayon, Bekasi, sinyalnya kurang kuat.

Akhirnya, saya cuma bisa menghela napas. Alias menyesal.

Soal ini, saya tidak menyalahkan SMART. Bukan karena memang saya bekerja disalah satu grup Sinarmas, tapi karena saya kecolongan. Kecolongan karena kurang bijak dalam membeli. Sudah tahu kalau SMART itu sinyalnya kurang kuat, tapi saya masih tetap beli hape modem SMART. Nasib, oh... nasib.

Thursday, March 24, 2011

Mengakali Change Log Microsoft Dynamics NAV

Dalam 5 bulan semenjak change log NAV diaktifkan, database NAV kantor berkembang sangat cepat.
change-log-nav
Dari ukuran data file 8 Gigabyites lebih, Change log telah menghabiskan 35% total data file NAV.
Solusi untuk mengurangi Change log itu ada 2:
#1. Dataport Change log ke Excel, lalu Delete Change log dari Administration > Delete Change Log Entries....
delete-change-log-menu
delete-change-log-form 
Jika sewaktu-waktu ada keperluan audit, file excel-nya tinggal dicari.
#2. Backup - Restore Database NAV, lalu Delete Change log. Lakukan secara bulanan. Jika ada keperluan audit, tinggal masuk ke database restore di bulan yang diinginkan.

Tuesday, March 22, 2011

10 Alasan Kenapa Karyawan Jadi Malas Dan Kurang Produktif

Kenapa karyawan jadi malas dan kurang produktif? Analisa saya berdasarkan pengalaman 8 tahun bekerja:

1. Tidak ada peluang karir naik.

2. Masalah keluarga yang membuat karyawan jadi banyak pikiran.

3. Ada pekerjaan sampingan yang menghasilkan uang lebih.

4. Gaji mulai dirasakan kurang sedangkan pengeluaran rumah tangga bertambah.

5. Pekerjaan yang terlalu statik. Tidak variatif.

6. Banyak pekerjaan yang nilainya sangat rendah. Seperti entri data yang tidak bikin pintar.

7. Punya selingkuhan. Akibatnya, dipikiran cuma bagaimana bisa ngongkosin pacaran dengan selingkuhan.

8. Korupsi. Karena ada peluang korupsi, setiap hari selalu menjaga diri supaya tidak ketahuan.

9. Tempat kerja kurang nyaman. Bangku yang peyot, meja yang kurang pas dibadan.

10. Tidak ada insentif yang menyenangkan.

Monday, March 21, 2011

Alternate-text Strip Komik XKCD yang Unik tapi Menyebalkan

Sebagai seorang geek, strip komik xkcd adalah strip komik wajib dibaca. Humornya pas, 50% mudah dimengerti dan pastinya lucu. Kalau komiknya lagi tidak dimengerti, mau tidak mau saya harus mengarahkan pointer mouse ke arah gambar supaya muncul alternate-text.

xkcd-komik-tag

Alternate-text strip komik xkcd merupakan deskripsi tambahan untuk setiap komik yang terbit.

Unik. Tapi menyebalkan. Kenapa? Kadang alternate text-nya panjang, sehingga saya perlu membaca agak lama sekitar 10 detik lebih. Padahal buble alternate-text tidak bisa diseting durasi waktunya menjadi lebih dari 10 detik karena sudah default dari browser. Baru baca setengah, tiba-tiba menghilang.

Sunday, March 20, 2011

Bugs di Fungsi Menampilkan "Berita Terkait" Detik.com

Detik.com seharusnya perlu memerhatikan hal kecil kalau tidak mau ditertawakan orang. Sebagai portal berita nomor satu di Indonesia, detikcom melakukan kesalahan menampilkan "Berita terkait" headline. Lihat gambar:

berita-terkait-detik

Dengan kata kunci Gay, detikcom memunculkan dua berita terkait yang satunya tidak nyambung.

* Polri Akan Panggil Pengusaha HS Terkait Kasus Gayus
* Tolak Iklan Pengumuman Pernikahan Gay, Media AS Dikritik

Seharusnya, cara pencarian kata kunci dengan opsi "sesuai seluruh kata kunci", bukan "sebagian kata kunci". Saya tidak tahu apakah Detikcom memakai add on buatan orang atau bikin sendiri. Tapi bugs ini seharusnya bisa diperbaiki dengan cepat.

Saturday, March 19, 2011

Iri Hati

Apa yang saya rasakan ketika membaca posting blog Priyadi ini:

priyadi-mencicipi-travel-blogging

Rasa iri hati yang dalam. Kenapa? Saya yang rajin ngeblog dari tahun 2007, tidak pernah mendapatkan rejeki pergi jalan-jalan dari aktifitas ini. Sedangkan Priyadi, bisa pergi jalan-jalan.

Tulisan Priyadi "Mencicipi Travel Blogging" memang membuat saya iri. Dari beberapa blog post Priyadi, tidak ada yang berbau kontes. Semua murni tulisan tanpa tujuan lomba/kontes. Sehingga kesempatan Priyadi jalan-jalan ke Hongkong, dugaan saya, murni karena aktif di perbloggingan.

Tapi disinilah kedewasaan saya diuji.

Dalam Matius 20: 1 - 16, kita diajarkan untuk tidak iri hati. Seperti tertuang dalam ayat 13 - 16:

20:13 Tetapi tuan itu menjawab seorang dari mereka: Saudara, z  aku tidak berlaku tidak adil terhadap engkau. Bukankah kita telah sepakat sedinar sehari? 20:14 Ambillah bagianmu dan pergilah; aku mau memberikan kepada orang yang masuk terakhir ini sama seperti kepadamu. 20:15 Tidakkah aku bebas mempergunakan milikku menurut kehendak hatiku? Atau iri hatikah engkau, karena aku murah hati? a  20:16 Demikianlah orang yang terakhir akan menjadi yang terdahulu dan yang terdahulu akan menjadi yang terakhir.

Tuhan memperingati kita supaya tidak iri hati, karena rejeki adalah karunia yang diberikan Allah - dengan kata lain merupakah hak prerogatif Allah - dan manusia tidak dapat mengharapkan lebih daripada yang Tuhan mau berikan.

Amin...

Friday, March 18, 2011

Resep menjadi beken di Twitter: Fokus dan Rajin Update

Ngomongin soal Twitter, yang saya amati, untuk menjadi beken di Twitter itu ada 2 cara. Pertama fokus dan kedua rajin update.

Seperti yang sudah pernah saya tulis, untuk menjadi beken, anda harus fokus. Fokus pada topik tertentu. Jika anda seorang pecinta buku, tweet anda mengenai resensi buku, info buku baru, dan lain-lain akan lebih mudah diikuti oleh orang-orang yang sealiran dengan anda yaitu mencintai baca buku. Jika anda pecinta mobil, topik tweet mengenai mobil akan menjadi daya tarik bagi pecinta mobil.

Yang kedua, rajin update. Semakin rajin update, peluang tweet anda untuk di retweet menjadi lebih besar. Jika tweet anda sering di retweet, peluang menjadi beken juga menjadi lebih besar. Yang jadi masalah, anda tentu tidak bisa punya waktu banyak untuk rajin ngetweet. Tugas dikantor pasti lebih penting daripada ketak-ketik status. Nah, di Tweetdeck ada fasilitas killer, fasilitas yang setahun lalu saya harap-harap bisa ada yang bikin: Scheduler Tweet.

schedule-tweetdeck

Saya memang tidak beken. Dan resep ini belum teruji oleh saya sendiri. Tapi resep ini mungkin bisa berhasil melihat beberapa pengguna twitter yang followernya segambreng-gambreng memiliki pola seperti yang saya sebutkan.

Selamat mencoba.

Thursday, March 17, 2011

Mekanisme Kontes me-LIKE di Facebook Perlu Ditinggalkan

Perusahaan-perusahaan semakin gencar berpromosi di ranah daring. Facebook jadi salah satu tempat untuk menarik perhatian konsumen. Promosi yang dilakukan bervariasi, dari sekedar pasang iklan, menjadi teman lalu membombardir pesan dengan pesan iklan dan berpromosi lewat kontes.

Salah satu mekanisme promosi lewat kontes adalah dengan mengajak teman-teman si konsumen untuk me-like sesuatu, bisa foto, video, status dan lain-lain.

Nah, mekanisme me-like ini ternyata dimanfaatkan oleh orang-orang pintar. Terjadilah jasa jual beli like demi hadiah kontes. Akibatnya, beberapa perusahaan membatalkan metode perlombaan ini. Seperti yang dilakukan oleh Dunia Virtual dalam kontes Foto Dunia Virtual Media & Me:

jual-beli-like-facebook

"Dear: DVers yg tlh mengikuti kontes foto "DV Media and Me", utk menghindari tindak kecurangan&sehubungan dgn munculnya pihak2 tdk bertanggung jwb yg menawarkan jasa jual/beli like maka Admin Dunia Virtual merubah kebijakan penilaian kontes foto, semua pemenang akan dipilih berdasarkan penilaian juri. Jumlah like yg sdh didapat hanyalah nilai plus bagi setiap kontestan. Hal ini dilakukan demi menjaga fair play :)"

Banyak yang setuju dengan tidak dilakukannya mekanisme LIKE. Seperti tertulis di komentar-komentar status admin DV Media and Me diatas.

Kesimpulan: Mekanisme kontes LIKE di Facebook memang perlu ditinggalkan. Alasan:

1. Tidak semua orang populer. Jika karya si peserta sangat bagus namun tidak populer, alhasil sulit untuk menang. Karena akan sedikit yang me-LIKE hasil karyanya.

2. Seperti screen shoot diatas, ada pihak tidak bertanggung jawab yang menawarkan jasa jual-beli like sehingga hasil karya peserta tidak murni lagi.

Wednesday, March 16, 2011

Deadline

Dalam bekerja, deadline sudah seperti sarapan pagi. Hidangan yang selalu tersaji.

Deadline itu baik jika sudah direncanakan dengan baik. Misal, ada pekerjaan A, untuk diselesaikan, perlu step A, step B dan step C. Step A perlu 1 jam, step B perlu 2 hari, step C perlu 5 jam sehingga Deadline dibulatkan menjadi 3 hari.

Namun, perencanaan terkadang bikin kepala pusing. Alhasil, penentu kebijakan suka malas untuk hitung-hitungan dan menentukan Deadline sesuka hati. "Selasa kelar yah...", "Minggu depan kelar yah.".

Penentu kebijakan memang tidak salah. Dan pengikut kebijakan wajib berani memutuskan, apakah deadline asal tebak itu bisa dicapai atau tidak. Jika terlalu jauh, perlu langsung menjawab, "Tidak bisa." Tapi jika tidak terlalu jauh, pengikut kebijakan sebaiknya menerima, "Ok, saya selesaikan." Tujuannya apa, supaya ada pemicu untuk bekerja lebih keras. Terkadang, jika deadline terlalu lama, pengikut kebijakan lebih suka SKS: Sekali Kebut Semalam. Padahal, SKS itu buruk. Kalau ternyata tidak kelar, penilaian citra akan jatuh dan penilaian prestasi mengikuti.

Tuesday, March 15, 2011

Implementasi ERP: Jangan Lupakan Seting Approval

Dalam implementasi ERP, salah satu bagian yang tidak boleh dilupakan selain proses entri data, modifikasi report dan seting audit log, adalah proses seting approval. Approval yang paling penting ada di tiga bagian modul krusial, Purchase, Sales dan Jurnal.

Purchase

Modul Purchase itu penting diberi approval dalam hal purchase amount limit karena harus menghindari permainan harga oleh bagian purchasing ke supplier. Jika proses pembelian tidak dicek harganya, maka perusahaan akan tergerus keuangannya.

Sales

Modul Sales sangat penting diberi approval dalam hal sales amount limit untuk menghindari terjadinya kesalahan input amount. Jika user bagian Finance salah menginput harga, misalkan terlalu besar, maka perusahaan akan dirugikan pajaknya. Kenapa, karena kantor pajak tidak mengenal yang namanya Credit Note. Jika sudah terbit sales invoice, maka harus ada PPN. Pengalaman yang terjadi dikantor: user salah menginput quantity sehingga line amountnya kebesaran.

Jurnal

Proses jurnal tidak bisa diabaikan begitu saja biarpun yang mengentri adalah user accounting sendiri. Pertama, kesalahan entri angka bisa terjadi. Kedua, salah pilih COA juga bisa terjadi karena belum ada kejelasan dari manajemen sendiri sehingga membuat laporan keuangan jadi awut-awutan.

--

Saturday, March 12, 2011

Apakah perbedaan antara programer bagus dengan programer hebat?

Jawabannya ada di blog Joel Spolsky yang bisa anda baca disini. Kutipannya:
The difference between a tolerable programmer and a great programmer is not how many programming languages they know, and it's not whether they prefer Python or Java. It's whether they can communicate their ideas. By persuading other people, they get leverage. By writing clear comments and technical specs, they let other programmers understand their code, which means other programmers can use and work with their code instead of rewriting it.
Garis besarnya, Joel Spolsky menegaskan perbedaan antara programer bagus dengan programer hebat adalah kemampuan si programer untuk :
1. mengkomunikasikan program mereka ke rekan programernya.
2. menjelaskan dengan detail ke atasannya.
3. menjelaskan dengan baik ke konsumennya dan bisa membujuk untuk membelinya.
--
Pertanyaan ini untuk menjawab pertanyaan saya pribadi yang selalu berseliweran kenapa hingga saat ini saya merasa bukan programer yang hebat ^_^

Friday, March 11, 2011

Iklan Plin Plan Go Ahead: Merugikan Dan Membahayakan

plinplan-go-ahead

Iklan plin plan Go Ahead sebetulnya iklan yang merugikan dan sangat membahayakan:

1. MERUGIKAN. Iklan Plin Plan Go Ahead bisa memotivasi para pria untuk menjadi pria flamboyan. Padahal, soal flamboyan itu adalah gifted, tidak semua orang dikasih oleh Yang Maha Esa akan talenta memikat wanita. Akibatnya, para pria bisa termotivasi untuk menghabiskan uang membeli baju, minyak wangi, deodoran mahal dan hal-hal ga penting namun konsumtif supaya bisa seperti didalam iklan, tampang pas-pasan namun bisa dikerubungi wanita-wanita cantik.

2. MEMBAHAYAKAN. Iklan Plin Plan Go Ahead bisa menyebabkan kematian bagi pengendara sepeda motor. Ketika pulang kantor, kondisi gelap karena sudah malam, mata saya tidak sengaja terpesona kepada 3 wanita yang ada di baliho Iklan Plin Plan Go Ahead. Karena asyik memperhatikan para wanita tersebut, saya tidak memperhatikan lubang dijalan. Saya melintas diatas lubang dengan hampir terjatuh. Syukur-Puji kepada Yang Maha Esa saya tidak terjatuh dari motor.

Kesimpulan: Iklan Plin Plan Go Ahead bisa merugikan dan membahayakan kesehatan, sangat.

Thursday, March 10, 2011

Menjadi Database Administrator: Menyenangkan dan Menantang

Dalam 2 minggu ini, terjadi error terhadap Microsoft Dynamics NAV kantor karena kelalaian DBA / Database administrator (yang dijabat sementara oleh saya sendiri :P ).
1. Transaction log penuh.
2. Partisi untuk Data file penuh.

Transaction log penuh.
Dalam waktu 7 bulan, transaction log database NAV bisa mencapai 40 gigabyte. Mantap! Microsoft Dynamics NAV menggunakan SQL SERVER 2005. Kalau diperhatikan, NAV memang menghasilkan sql statement yang lumayan banyak. Kita bisa cek dari sql server 2005 profiler. Selain dari NAV sendiri, database production (database server) juga kita "hajar" sebagai database report. Report-report yang dibuat diluar NAV, langsung diambil dari database production. Akibatnya, transaction log menjadi cepat penuh.

Penanganan untuk masalah ini :

1. cukup lakukan shrink database log. Script:
backup log "databasename" with no_log
dbcc shrinkfile(2,1)
dbcc shrinkdatabase("databasename")

2. Untuk kedepan, perlu dipisahkan antara database transaksi dengan database report. Walaupun tidak signifikan, namun cukup membantu untuk menghindari cepat penuhnya transaction log.

Partisi untuk Data file penuh.
Kalau ini masalah timbul karena hal konyol. Partisi tempat data file database, diisi juga dengan file-file backup. Berhubung file-file backup makin lama makin besar, akibatnya, partisi jadi penuh. Muncullah error transaksi tidak dapat diinput karena database sudah penuh.

Penanganan untuk masalah ini : 

1. Server production wajib dipisahkan dengan server file. Tidak boleh jadi satu.

2. Server file tidak perlu high spec, yang diperlukan large harddisk capacity.

Kesimpulan:
Menjadi database administrator sebetulnya menyenangkan dan menantang. Namun, harus rajin latihan dan berpikir cepat. Sebab, setiap ada masalah harus diselesaikan dengan cepat. Tidak boleh lama. Kenapa? Jika lama, transaksi perusahaan bisa tersendat. Jika tersendat, berefek pada banyak hal.

Mengenang Ide Pembuatan Blog Teknologi - Web Startup

Diawal tahun 2008, saya sudah kepikiran untuk membuat blog teknologi - web startup mirip dailysocial.net. Idenya karena saya suka membaca blog techcrunch.com dan readwriteweb.com. Untuk melancarkan ide ini, saya sempat mengontak seorang blogger teknologi, Amir Karimuddin(sekarang bekerja di dailysocial.net), untuk bersama-sama membuat blog teknologi web startup yang mudah-mudahan bisa jadi hit karena saat itu masih sedikit blog teknologi - web startup yang berpengaruh.

Namun sayang, ide hanya tinggal ide. Eksekusi memang sesuatu yang berat untuk dimulai. Untuk mengenang ide saya ini, berikut kutipan-kutipan email saya bersama Amir Karimuddin di bulan Januari 2008.

--

Saya

Hai pak,

Saya Adi Wirasta, si tukang ketik yang punya blog adiwirasta.blogspot.com.
Saya tertarik dengan blog anda dan kepikiran untuk ngajak join bikin blog website review / web analis semacam www.techcrunch.com atau www.readwriteweb.com.

tertarik? kalau iya, mohon di reply.
Thanks.

--

Amir Karimuddin

Dear Mas Adi,

Yes mas, saya juga suka baca blog Anda (dan bolanova). Wah, sebenarnya situs review seperti itu sangat menarik. Model review seperti apa yang hendak mas Adi kembangkan? Looking forward to it :)

--

Saya

model review suka-suka aja. Namanya juga blog. Tapi dalem. Kalau mau liat contohnya ya bisa di cek ke www.techcrunch.com atau www.readwriteweb.com. Tapi berbahasa indonesia.

Trus, mengenai porsi kepemilikan, 50 - 50. kalau nambah penulis,  bagi rata lagi. Pokoknya sama rata. Yang penting porsi konten juga sama rata. Nanti kita pasangin iklan. Baik menggunakan jasa iklan online atau internal iklan.

Itu dulu. Ada tambahan?

--

Amir Karimuddin

Mas Adi,

Saya di RSS pastinya sering baca TC dan RWW, dia kan review tentang web2.0. Nah, blog baru yang akan dikembangkan ini gimana, apakah review web2.0 indo, review film, review buku ato apa pun. Target pasarnya gimana? Yang penting konsep jelas dulu dan mengarah ke niche yang pasti :)

Soal iklan bisa dijabarkan lebih lanjut?

--

Saya

Review tentang web2.0. international dan lokal. Intinya sebagai variasi pembaca dari detiknet.

Target pasarnya => geek, web developer, bisnisman

untuk iklan, diomongin nanti kali yah... yang penting pageranknya tinggi dulu trus kita baru pasangin iklan.

ada masukan?

--

Amir Karimuddin

Mas Adi,

Untuk review web2.0 international, berarti semacam localized+opinion of RWW dan TC dunk? Terus detikinet bukannya ga pernah review situs2 web2.0?

Still an interesting idea.. Saya coba liat feasibility-nya ya mas.. karena bagaimana pun dibutuhkan waktu untuk mengisinya..

Sebal niy banyak blog tapi masih belum bisa jadi Full Time :D :D

--

Amir Karimuddin

Mas Adi,

Saya kepikiran namanya jejaring.net (.com-nya udah keambil). Kan ga mungkin jadi jejaring20.com :P

Btw, jujur aja.. gimana Mas Adi manage post blog2-nya? Kan masih ada full time work as developer?

--

Saya

Ya ga usah update tiap hari.
makanya bikin blog keroyokan. Tapi bagi-bagi keuntungannya sama rata :D
Kalau sukses...

jejaring.net maksudnya apa?

intinya sih kita buat blog tentang :
1. web review dan web analisa
2. "hands on" web2 luar. Contoh kasus, www.ning.com. kita bikin tutorialnya secara Indonesia. Biar orang2 indonesia lebih mudah memahaminya dan memakainya tanpa perlu ragu2.

paling itu aja.

--

Amir Karimuddin

Web" itu bahasa indonesianya jejaring.. hehehe..
jujur aja niy mas, kalo mo sukses at least ada update setiap hari.. pengalaman niy mengembangkan blog.. jadi kalo mau.. 3-5 orang jg bisa :D

Saya cukup suka ide hands-on-nya.. satu lagi, pengennya situs ini bisa jadi media promosi/perkenalan setiap situs web2.00 baru di Indonesia :)

Jadi ada kayak submit press release.. :D

--

Saya

"kayak submit press release.. "
Iya, bener banget. Idenya memang begitu. Yang saya harepin, situs yang masuk ke blog jejaring.net, langsung ngetop bahkan bisa mati servernya karena terlalu banyak yang mengakses. hehehe... ngimpinya begitu. kalau pembacanya dah ribuan.

"kalo mo sukses at least ada update setiap hari.. "
bisa aja sih. saya tiap hari bisa update. Paling bakal ada yang dikorbanin. kayak adiwirasta.wordpress.com bakal ga di update lagi. adiwirasta.blogspot.com juga bakal ga terlalu update juga.

Ya udah. Boleh deh pake nama jejaring.net.

--

Saya

Pak,

keknya ditangguhkan dulu deh bikin blog technologynya. Semangatnya dah mengendur :D

Berat juga ternyata posting tiap hari.

Saya dah nyoba posting tiap hari di blog adiwirasta.wordpress.com dengan tema web review dan kawan2nya, ternyata berat juga...

Kita liat kabar selanjutnya aja deh..

tx b4

--

Amir Karimuddin

Mas Adi,

Hehehe.. memang benar bahwa itu berat. Saya aja yang di 3GWeek suka bolong-bolong, padahal dibayar...  Intinya sih blogging itu kalo emang pengen bikin macem2 harusnya full time biar optimal :)

Dikabar-kabarin ya mas.

--

Wednesday, March 09, 2011

Sosialisasi dan Pengisian SPT

Tanggal 8 Maret, kantor saya mengadakan pelaksanaan sosialisasi dan pengisian SPT untuk semua karyawan.

sosialisasi-isi-spt

Yang menarik, biarpun gembar-gembor kasus Gayus sudah menurunkan citra Dirjen Pajak, karyawan-karyawan kantor tetap antusias untuk mengikuti sosialisasi ini. Bahkan, dari 300 tanda terima SPT yang dibawa oleh pegawai pajak, semuanya ludes. Karyawan-karyawan dikantor datang ke ruang training dan langsung mengisi laporan SPT-nya. Mungkin, biar ga repot mencari-cari drop box. Padahal, ada beberapa poin yang sebetulnya harus diisi dirumah seperti nilai harta. Mungkin juga, karena memang ga mau repot, nilai harta dikosongkan saja, hehe...

Tuesday, March 08, 2011

Iklan di Google Ads yang Cukup Mengganggu

Google Ads memuat iklan yang sangat provokatif:

Apakah Yesus Tuhan

Iklan bertuliskan " Apakah Yesus Tuhan? - www.Y-Jesus.org/YesusTuhan - Beasiswa periksa Fakta Tentang Klaim Yesus sebagai Allah" sudah sering muncul di GMail.

Memang tidak ada yang bisa melarang. Semua kembali ke pribadi masing-masing untuk memfilter info yang masuk. Namun seharusnya pemerintah/MENKOMINFO perlu bertindak mengenai iklan-iklan yang provokatif, untuk menghindari iklan yang menyinggung kaum mayoritas.

Monday, March 07, 2011

Jual SHARP AC 1 PK AH-AP9LSY

Bagi anda yang berminat memiliki AC 1 PK, kebetulan saya hendak menjual AC merek SHARP dengan tipe SHARP AH-AP9LSY 1PK > Plasmacluster Jetstream G7.

Harga: 2.700.000,-

  • Barang baru. Baru dapat dari promosi kredit rumah ^_^
  • Pasang sendiri.
  • Barang diantar.
  • Bayar cash saat barang diantar.
  • Khusus JAKARTA & BEKASI

Sekedar info, Komparasi harga dibeberapa situs elektronik dan hypermarket:

Jika berminat, bisa email ke adiwirasta[at]gmail.com.

Spesifikasi barang (copy-paste dari Gudangjaya.com):

Feature Utama :
, Power Input 800 Watt
• Powerful Jetstream
• Gentle Coanda Air Flow
• Generator ion plasmacluster 7th Generation
• Auto Swing Louver, Auto Restart Function & Auto Rust Evaporator
• Low Voltage (160 V)
• 12hour timer
• Three Years Warranty (compressor)
AC Plasmacluster Jetstream Series , kini dengan hembusan Jetstream agar ruangan cepat dingin dan teknologi Gentle Coanda Air Flow untuk hembusan lembut yang nyaman. Serta dilengkapi dengan teknologi Ion Plasmacluster G7 yang mampu membunuh virus , bakteri dan kuman , menghasilkan udara sehat melindungi anda dari berbagai macam penyakit. Dengan AC Plasmacluster Jetrsream ini menjadikan Indonesia semakin lebih dingin dan sehat.

Fitur lengkap :
• Generator ion plasmacluster generasi ke 7 - Teknologi Plasmacluster dengan ion positif dan negatif menon-aktifkan spora jamur, penyebab alergi dan virus yang menyebabkan penyakit
• Powerful Jetstream - Fitur yang terdapat pada remote, yang dapat mendingikan dengan cepat, memberikan kesejukan seketika dari cuaca panas atau sehabis olahraga
• Gentle Coanda Cool Air Flow - Hembusan angin yang lembut dengan memanfaatkan dinding atas ruangan , sehingga udara bergerak turun secara lembut
• Low Voltage System - AC tetap beroperasi dingin walaupun tegangan tidak stabil dan turun sampai dengan 160 Volt
• Auto Swing Louver - Airflow bergerak ke atas dan bawah
• Auto Rust Evaporator - Evaporator dilapisi anti karat
• Auto Re-Start - Autorestart apabila listrik terputus maka AC akan menyala kembali

--

status: belum terjual.

Friday, March 04, 2011

Mengenang Permainan Tag-berantai

Tahun 2007 - 2008 adalah tahun indah dalam dunia perblogingan. Salah satu kenangan indah dunia perblogingan adalah permainan Tag-Berantai. Permainan Tag berantai adalah bloger akan membuat tulisan untuk topik tertentu, lalu bloger lain di tag dan bloger yang di tag harus membuat tulisan tentang topik tertentu itu. Dalam permainan Tag-berantai ada peraturannya yang disebut "Undang-undang Tag". Undang-undangnya sebagai berikut:

Undang-undang Tag:
1. Each blogger must post these rules
2. Each blogger starts with eight random facts/habits about themselves
3. Bloggers that are tagged need to write on their own blog about their eight things and post these rules. At the end of your blog, you need to choose eight people to get tagged and list their names.
4. Don't forget to leave them a comment telling them they've been tagged and to read ur blog. 

Seru. Apalagi kalau disuruh nulis soal aib.

Well, zaman cepat berubah.

Akhir kata, selamat tinggal blogging games.

Thursday, March 03, 2011

Lowongan 1 Posisi Staf Programer VB 6 atau VB.NET

Sehubungan dengan resign-nya salah satu anggota programer, kantor saya kembali membuka lowongan untuk 1 posisi Staf Programer VB 6 atau VB.NET .

Syarat:
Minimal D3 di jurusan Informatika, Ilmu Komputer dan jurusan lain yang berhubungan. Kandidat tidak perlu punya pengalaman tinggi-tinggi.

Keuntungan:

  • Gaji yang cukup.
  • Tunjangan kesehatan dan Jamsostek.
  • Tunjangan HP Smart dan pulsa(sesuai posisi).
  • Gratis pompa ban motor/mobil.
  • Fasilitas pinjaman uang di koperasi karyawan.
  • Mendapatkan pengalaman mengoperasikan software ERP Microsoft Dynamics NAV.

Untuk lamaran dan CV, bisa kirim ke alamat email:

adiwirasta[at]pt-bsa.co.id

Kadarluasa: 15 Maret 2011.

Wednesday, March 02, 2011

Janji Bodong Developer

rumah 28 Februari, adalah hari terbesar dalam hidup saya dan keluarga. Saya pindahan rumah. Menempati rumah baru.

Memiliki rumah baru, ternyata banyak suka dan dukanya. Sukanya, kita tidak lagi dipusingkan dengan bayar kontrakan atau alasan-alasan juragan kontrakan untuk mengusir kita. Sedangkan dukanya, kita dipusingkan oleh janji-janji developer yang ternyata tidak terrealisasi.
Ada satu janji yang ingin saya sebutkan dari sekian banyak janji dari developer perumahan saya yang ternyata bodong:

Air bersih

Janji diawal, sang marketing berkata kalau air di perumahan adalah bersih. Katanya, daerah perumahan adalah daerah mata air. Jadi, kalau diambil tidak terlalu dalam, sudah mendapatkan air bersih. Lalu, beberapa minggu sebelum pindahan, saya mengecek air sumur ternyata kotor. Saya tanyakan kenapa, dijawab, "Ini diawal saja kotor, nanti juga bersih." Saya diam saja. Setelah pindah, air ternyata kotor terus. Saya komplain, sang marketing malah terdiam. Tidak bisa berkata apa-apa.

Saya jadi heran, kenapa ada orang yang berusaha mendapatkan uang dengan cara yang tidak bersih namun dilakukan dengan bersih?

Tuesday, March 01, 2011

Rancangan Bisnis Pembantu Rumah Tangga

Saya merasa kesulitan jika pembantu dirumah minta pulang atau minta berhenti. Mencari penggantinya susahnya minta ampun!
Lewat penyalur pun, sering kosong. Kebutuhan pembantu rumah tangga sangat tinggi terutama di JABODETABEK. Jika saya minta tolong saudara, sering dijawab tidak ada, mungkin saudara juga pada butuh. Jika saya tanya tetangga atau tukang ojek atau office boy dikantor, pada takut karena kalau si pembantu buat gara-gara, nanti si sponsornya yang disalahin. Serba salah... Disatu sisi kita butuh, disisi lain orang yang kerja kurang ajar.
Tapi, ngomong-ngomong soal pembantu, jadi terbesit untuk membangun bisnis penyalur rumah tangga. Namun, khusus penyalur ini, saya kepikiran untuk dibuat lebih profesional:
"Ada kontrak"
Didalam kontrak:
- Tercantum pekerjaan yang wajib dikerjakan
- Tercantum pekerjaan yang tidak boleh dikerjakan
- Tercantum pekerjaan yang boleh dikerjakan, boleh tidak

Jadi, perlakukan pembantu sama seperti Baby Sitter. Ada DO AND DON'T.
- Boleh ganti hingga 3 kali jika tidak cocok
Poin ini untuk mengurangi kerugian dari konsumen. PRT itu soal cocok - tidak cocok.
- Gaji 600 - 900 ribu.
Dan dengan gaji 600 - 900 ribu, saya jamin, ini bisa menarik minat orang daerah/kampung untuk bekerja jadi PRT dibanding kerja di Mal yang penghasilannya jauh lebih kecil jika dipotong makan dan tempat tinggal.
- Jika terjadi kekerasan fisik terhadap PRT, bisa diproses ke pengadilan
Poin ini untuk melindungi PRT sehingga ada jaminan keselamatan. Walaupun hanya gertakan, tapi lebih baik daripada mengurus ke JAMSOSTEK :)
- Maksimal kerja hanya 1 tahun. Setelah itu diganti
- Ada cuti buat si PRT

Poin ini untuk memberikan kenyamanan bekerja si pembantu. Terkadang, pembantu itu sering bosen, dan karena bosen, si pembantu suka cari alasan untuk keluar. Ketimbang si pembantu berbohong, lebih baik difasilitasi dengan rotasi pekerjaan.
--
Kesimpulan:
Rancangan bisnis PRT ini masih diangan-angan. Saya belum berani melaksanakan. Tapi ide ini menurut saya akan menguntungkan karena semua diuntungkan. Sehingga tidak ada lagi teriakan dari dalam rumah, "KAMU BRENGSEK YAH... KAMU NIPU SAYA... KATANYA MAU KERJA, TAPI BARU SATU MINGGU UDAH MINTA KELUAAR... KEMBALIKAN UANG SAYAAA...!!!"

Komentar Terbaru