activo | asset management system

code.id

Friday, November 28, 2008

Penyakit Ibukota dan Sekitarnya

Ada berita menarik dari Okezone.com yang mencerminkan penyakit ibukota dan sekitarnya:
"Kios permanen tersebut dibongkar lantaran melanggar UU Irigasi Nomor 7 Tahun 2004 dan Perda Nomor 14 Tahun 2001 tentang Ketertiban Umum," tandasnya di sela-sela pembongkaran, Jumat (28/11/2008).

Berdirinya bangunan di wilayah telarang ini, kata Agus, menyebabakan peyempitan dan pendangkalan kali yang berakibat terjadinya banjir.

Pemilik kios, Eli Solihat, mengakui salah karena sudah mendirikan bangunan di lokasi yang bukan peruntukannya. Meski demikian, dia berharap ada uang ganti rugi.

Coba perhatikan bagian terakhir, "Meski demikian, dia berharap ada uang ganti rugi."

Seandainya saya jadi aparat pemerintah, dengan lantang saya akan jawab, "Enak aje lu! Dah melanggar, malah minta ganti rugi."

Tapi kalau dibalas, "Yeee... Sapa suruh ga ngelarang gue waktu ngebangun nih kios, sekarang dah jadi permanen, lu sewot..."

Bingung? Itulah penyakit ibukota dan sekitarnya. Membiarkan orang-orang membangun bangunan dikawasan yang bukan miliknya, tapi didiamkan oleh pemerintah. Dan ketika kawasan itu sudah penuh dan mengganggu, barulah pemerintah melek dan sewot.
*fiuuhh...*

Wednesday, November 26, 2008

Ngeblog Yuk...

Baca tulisan ini: Behind Pestablogger 2008 (1), lucu juga. Lucu karena apa yang dituliskan oleh pemilik Blog, adalah santapan saya sehari-hari. Pengakuannya soal bus merah Metromini, adalah lawan motor saya sehari-hari:
Diantara semua hal yang terdokumentasi di blog biru ini, mungkin aksi kebut-kebutan ala Formula-1 atau Rally saat menumpang di metromini menjadi hal yang paling terkenang.

Bagaimana tidak, kerjasama kernet dan supir metromini dalam membelah jalanan jakarta nyaris bisa disamakan dengan sopir mobil balap Rally dengan seorang navigatornya untuk menaklukkan jalur balap rally yang penuh tikungan. Potong kiri selip kanan, kebut sana kebut sini menjadi makanan wajib dan hiburan penumpang metromini setiap hari.

Tulisan ini jadi menarik perhatian saya karena, kok ga pernah kepikiran untuk menuliskan hal-hal remeh tentang kota saya sendiri? Kenapa saya harus terfokus untuk menulis yang aneh-aneh, rumit-rumit, lucu-lucu, which is dapetin ilhamnya susah banget. Padahal, bahan ngeblog itu ternyata terpampang dimana-mana.

Saya sering ketemu teman yang bilang, "Duh, kok mau ngeblog aja sulit yah..." Ternyata, seperti yang baru saya sadari ini, ngeblog itu ga sulit. Apa yang ada didepan mata itu bisa ditulis. Memang sih bisa dianggap basi, tapi itu pendapat orang yang dekat dengan kita yang mengetahui kondisi lingkungan kita sehari-hari, bukan orang lain yang tinggal nun jauh disana. Seperti orang Surabaya tadi :)

Jadi, seperti lagu perjuangan 45: yo ayooo ngeblog kembali....

Mencari dan Memilih Kontrakan Rumah Tinggal

Mencari dan Memilih Kontrakan Rumah ternyata tidak seperti membalikkan telapak tangan. Capek dan repot. Beberapa waktu yang lalu, saya berkeliling 3-4 keluarahan dekat rumah untuk mencari kontrakan baru. Setelah berkeliling-bertanya-bertanya-dan-bertanya, ada beberapa pengalaman yang mungkin bisa saya berikan kepada pembaca agar dalam mencari kontrakan rumah tidak buang-buang waktu maupun tertipu.

Perantara

Kalau kita sering jumpai papan penawaran didepan rumah dengan bunyi, "Dijual, TP" Artinya rumah itu dijual Tanpa Perantara. Nah, peran perantara ini sebenarnya penting, supaya kita ga perlu capek-capek keliling puluhan keluarahan untuk mendapati kontrakan yang diinginkan. Peran perantara sangat penting karena kita langsung diberi tahu rumah mana yang dikontrakan. Jadi, tinggal telpon sang perantara, jemput dilokasi yang dijanjikan, kita bisa menuju lokasi kontrakan yang sudah dibicarakan. Terus, kalau ada pesan didepan rumah, "Dikontrakan, TP", artinya, anda lah yang harus dengan sukarela memberikan uang komisi kepada perantara.

Banjir

Untuk mendapatkan kontrakan, sering sekali susah menerka apakah perumahan ini banjir atau tidak. Dan yang punya kontrakanpun, tidak serta merta mengatakan, "Rumah ini banjir loh..." Tidak. Masak pedagang memamerkan kejelekan produknya, pasti tidak laku dong. So, Supaya mudah menentukan apakah perumahan itu banjir atau tidak, kita bisa menerkanya dari garis bekas banjir. Untuk mencari garis tersebut, kita bisa telusuri ke garasi/pagar/pagar tetangga/wilayah-wilayah yang tidak bisa ditutupi oleh sipemilik rumah kontrakan.

Tanya satpam/petugas keamanan komplek

Kalau kita menginginkan rumah kontrakan didaerah yang "sehat", yang pasti wilayah rumah kontrakan yang dicari adalah komplek atau perumahan. Lalu, jika kita tidak mau menggunakan jasa Perantara, atau mungkin kita memang tidak punya kenalan perantara, maka untuk mendapatkan rumah kontrakan yang diinginkan, kita bisa berkeliling Jakarta mencari perumahan-perumahan dan langsung menghampiri satpam/petugas keamanan komplek untuk ditanyai, "Pak, disini ada rumah yang dikontrakan tidak?"
Pertama, kalau perumahan itu sudah ada satpamnya, maka perumahan itu bisa dikategorikan daerah yang "sehat". Setidaknya sudah aman dari preman dan narkoba.
Kedua, dengan bertanya, kita tidak perlu capek-capek keliling plus buang bensin. Selain itu, biasanya satpam akan memberi tahu kalau ada rumah yang dikontrakan, karena sang petugas ini pasti senang, ibarat mendapat durian runtuh alias jadi perantara dadakan. Dia akan mendapat komisi dari si pemilik rumah jika kita jadi mengontrak rumah.

Naik motor

Kalau kita tidak menggunakan jasa perantara, dan kita ingin mencari sendiri, ada baiknya naik motor saja, jangan naik mobil. Jika membawa motor, untuk berputar 180 derajat akan lebih mudah kalau kebetulan kita melihat sekilas papan pengumuman rumah yang dikontrakan, tapi motor kita sudah melaju dengan kencang. Tidak perlu repot-repot mundur, kita tinggal memutar motor dan langsung menuju TKP.

Cari di internet

Nah, ini bagi anda yang malas keluar rumah, sebetulnya bisa googling juga sih. Tapi sayangnya, rumah kontrakan yang ditawarkan melalui internet cenderung yang mahal-mahal. Tapi perkara mahal, itu relatif. Bagi saya mahal, mungkin bagi anda tidak. Jadi, tergantung sipemilik dompet.

Jangan pergi sendiri

Jika anda berniat mencari kontrakan sendirian, sebaiknya diurungkan niat tersebut, karena keputusan mengontrak rumah adalah keputusan yang harus dimufakati bersama, tidak bisa main tunjuk sendiri. Masalahnya, ngontrak rumah di Jakarta tergolong mahal. Kalau anda sudah sreg, belum tentu pasangan anda suka atau sreg. Jadi, kalau mencari kontrakan, sebaiknya ajak pasangan anda.

Tuesday, November 25, 2008

Pesta Blogger 2008, Luar Biasa...

Ada beberapa sisi menarik dari Pesta Blogger 2008 kali ini.

1. Rela dateng jauh-jauh.
Ya. Blogger ini rela datang dari Lampung, bahkan hanya mengendarakan sepeda motor untuk menghadiri Pesta blogger 2008:
Saya berangkat ke Jakarta mengendari sepeda motor menempuh +/- 226 Km dari Bandarlampung untuk menghadiri Pestablogger 2008. Sisa perjalanan berikutnya dilanjutkan oleh pak supir kapal (nahkoda) penyeberangan Bakauheni-Merak.
Ga cuma dari Lampung, dari kalimantan pun ada:
Tadi saya baca berita diintra tentang pelepasan peserta Pesta Blogger 2008 “Borneo Blogger Community” Kalbar yang akan bertolak ke Jakarta, acara pelepasan itu dilaksanakan kemarin.
2. Bermunculannya komunitas-komunitas blog.
Tujuan PB2008 adalah blogger for society. Dan ada satu komunitas yang saya baru tahu, ternyata ada komunitas blogger detik dan mereka hadir di PB2008.
Seribuan Blogger Indonesia kumpul di Jakarta untuk acara Pesta Blogger 2008. Member Blogdetik tentunya tak mau ketinggalan. Walau berdomisili di Bandung ataupun Ponorogo acara kumpul-kumpul ini tetap mereka sambangi.
3. Sambil menyelam, makan-makan.
Pesta blogger ternyata juga dimanfaatkan buat kopdar komunitas. Seperti para blogger dari semarang dan Komunitas Blogger Surabaya ini:
Semarang:
sebelum acara puncak Pesta Blogger 2008, kami para blogger dari Semarang sebelumnya menyelenggarakan kopdar sendiri. Tempatnya.. lagi-lagi itu itu lagi.. Sky Dining Plaza Semanggi. Tapi memang asyik tempatnya. :-)
Surabaya:
8 The Heroes ( sapaan akrab anggota Komunitas Blogger Surabaya | Tugu Pahlawan ) ikut ambil bagian dalam pesta blogger 2008 ini. Dengan menggunakan Kertajaya maupun Gumarang, para blogger dari Surabaya bersemangat untuk hadir.
4. PestaBlogger Pre Party
Ga cuma pernikahan yang harus ada acara pengantar macam Bachelor Party, pestablogger juga ada, namanya muktamar blogger di bundaran HI.
muktamar vs pesta blogger 2008. 11.24.08 - 12:50pm. dua event dilaksanakan para blogger. jumat malam tanggal 21 november ada muktamar blogger di bundaran hotel indonesia. esoknya pesta blogger dihelat di gedung bppt.
5. Liputan.
Ga cuma koran atau portal berita, radio pun ikut membuat beritanya.
Perhelatan Pesta Blogger 2008 diadakan di Jakarta, Sabtu (22/11) sudah terselenggara. Nike F Andaru, Sekretaris Wongkito.net menceritakan langsung dari Jakarta untuk Trijaya FM Palembang tentang perhelatan akbar tersebut.
Luar biasa...

Saturday, November 22, 2008

Kawinan Batak

Hari ini saya babat dengan menghadiri pernikahan abang keluarga
Simanjuntak saya. Pagi dilalui pemberkatan di gereja. Siangnya total
dilalui di balai hermina, Mampang.

Sedikit catatan menarik:
1. Pusing lihat kerbau panggang. Jeroannya berurai, buntut + bokongnya
juga dipamerin, sebuah pengalaman yang sulit dilupakan.
2. Gak heran kalau pemilik rokok gudang garam jadi orang terkaya
Indonesia. Salah satu jamuan ke tamu adalah sebungkus Gudang Garam.
3. Lagu 'Anak Medan' ternyata enak juga buat joget.
4. Gak heran orang Batak panjang umur, tiap kawinan pasti joget...
Beda banget sama kawinan Jawa.
5. Selain joget2, tamu yang hadir disuguhi juga kacang+Bir, wuih!
Nikmat tenaaa...n

--
Sent from Gmail for mobile | mobile.google.com

Friday, November 21, 2008

Kontes menulis Bolanova 4

Buat pembaca yang punya uneg2 soal bola sepak nasional. Atau opini
soal liga inggris.
Atau testimonial klub kebanggaan,
Jangan ragu untuk ambil bagian dalam kontes menulis Bolanova 4.

Info Selengkapnya bisa baca di www.bolanova.com .
Hadiahnya tidak seberapa, tapi
lumayan lah...

--
Sent from Gmail for mobile | mobile.google.com

Thursday, November 20, 2008

Vanesa, 3 minggu

Berhubung scanning virus cukup lama, saya memilih untuk gangguin
Vanessa yang kadang bobo kadang melek.

Malaikat kecil ini sudah berusia 3 minggu. Nesa sudah bisa nyengir2
tanpa sebab,tidur bengkok, bikin mata mamanya hitam bak zombie,
pipisin papanya tanpa bersalah, dll.

Biar begitu,
Semakin lama memandangi Nesa, semakin merasa saya adalah pria paling
beruntung se-alam raya.

--
Sent from Gmail for mobile | mobile.google.com

Pentingnya Antivirus

Virus itu seperti maling. Datang tak terduga. Maka itu, antivirus
sangat penting.
Tapi sial, saya selalu menyepelekan anti virus. Masalah instalasi yang
ribet dan juga bikin komputer lambat, jadi alasan untuk ogah pasang
antivirus.

Sekarang saya kena akibatnya. Entah virus apa yang menggerogoti
laptop, kini saya pusing 7 juta keliling.

Sudah scanning pakai 2 antivirus, masih tidak mempan. Kerjaan bantu2
teman jadi tertunda. Padahal minggu depan deadline.

Argghh...

--
Sent from Gmail for mobile | mobile.google.com

Saturday, November 15, 2008

Depresi

Jika anda sering menyelusuri jalanan ibukota, orang gila berjenis
kelamin apa yang paling sering anda temui?
Saya yakin jawabannya adalah pria. Ini menunjukan pria lebih mudah
depresi atau putus asa.

Sekarang, yang jadi pertanyaan besar, kenapa pria lebih gampang
depresi dibanding wanita?

Padahal, obat penangkal depresi kaum Adam cukup banyak. Salahtiganya: Rokok,
Mabok dan
Masturbasi.

--
Sent from Gmail for mobile | mobile.google.com

Thursday, November 13, 2008

I’m Not Going To Pesta Blogger 2008

I’m not going to Pesta Blogger 2008. Ya. Bukan karena saya kapok karena ga dapet makan siang kala pesta blogger tahun lalu. Bukan. Kebetulan, ditanggal yang sama, saya memiliki acara yang tidak bisa ditinggalkan.

Untuk panitia pestablogger 2008, semoga acara ini bisa menjadikan blogger sebagai media untuk speak your mind seluruh rakyat Indonesia. Tidak ada lagi yang ditutup-tutupi (kecuali aurat, so pasti ditutupi dong...). Tidak ada lagi saling memusuhi. Semua sama, semua teman, hanya melalui blogging.

Saya juga berharap, melalui ajang ini, blog semakin dimengerti oleh blogger yang hadir bahwa blog bukanlah media penghasil uang, seperti yang digadang-gadangkan oleh buku-buku yang mengajarkan mencari uang melalui internet, tapi blog adalah media untuk pendidikan, untuk kekerabatan dan yang positif lainnya.

Sukses untuk PestaBlogger 2008.

Wednesday, November 12, 2008

Blog Super: edratna.wordpress.com

Saya adalah pelanggan setia blog Ibu Enny. Dan kali ini, saya sangat tercengang dengan tulisan terakhirnya berjudul, "Pemetaan portofolio, bermanfaat untuk mengetahui posisi masing-masing unit bisnis dalam perusahaan"

Yang bikin saya tercengang adalah, tulisan ini sangat sangat sangat berkualitas satu alias bisa jadi buku yang sangat laku jika bu enny berminat artikelnya untuk dibukukan.

Sayangnya, Bu Enny tidak melakukannya(komersialisasi) dan lebih memilih jalan blog untuk pemerataan pendidikan. Artinya, dengan menulis artikel tentang keuangan, manajemen tanpa meminta imbalan, maka semua orang bisa membaca, mencari bahan yang diperlukan untuk skripsi ataupun untuk membuat laporan kerja dikantornya ataupun sekedar pengetahuan bagi kita yang bukan ahli dibidang ekonomi, tanpa perlu mengeluarkan uang lebih dengan membeli buku di toko buku.

Luar biasa.

Jujur saja, saya jarang membaca tulisan-tulisan bu Enny hingga habis karena mentok, tidak ngerti. Tapi yang pasti, saya sudah mememiliki referensi yang valid jika membutuhkan bahan tentang manajemen atau keuangan atau bisnis dengan mengetik di Google ->
site:edratna.wordpress.com (materi yang dicari)

Super!

Tuesday, November 11, 2008

Disturbia

Ketika melihat judulnya dilayar televisi, kebetulan sedang tayang di HBO, saya bersemangat sekali untuk menontonnya.

Adegan demi adegan film Disturbia saya lewati dan hingga akhir cerita, saya menyimpulkan: film yang jelek.

Ketegangannya terlalu dibuat-buat. Terlalu dipaksakan. Dan saya rasa, malah seperti film dagelan Mr Bean the Movie yang lucunya terlalu dipaksakan. Karena dibuat-buat itulah, ceritanya malah jadi tidak konsisten.

Katanya tetangga baru, malah memiliki gudang bawah tanah yang ada tulang belulang mayat wanita.

Karena keseringan nonton film holywood, Saya jadi ngeliat film-film holywood sudah seperti sinetron. Cuma ngejar setoran. Tapi bedanya, jika sinetron korbannya hanya rakyat Indonesia, maka film holywood korbannya rakyat dunia.

Tidak berlama-lama kritik film jelek ini, jika anda belum nonton dan kepingin tahu isi cerita Disturbia, silahkan melihat-lihat link dibawah ini:
Hukuman?
15 film yang boleh juga buat di tonton
‘Disturbia’ Keisengan dan Kebenaran
disturbia & wild hogs
Disturbia (Oleh Pangeranwonogiri)

Monday, November 10, 2008

Pestablogger 2008 Pick Up Lines (Recommended)

Pestablogger 2008 sebentar lagi akan digelar. Bagi anda, blogger cowok, yang merasa kesepian, jangan buang kesempatan kali ini untuk bisa menggaet perempuan pujaan anda, terutama blogger perempuan yang sering anda sambangi blognya tiap hari, hehehe.
Karena itu, saya akan coba membantu memberikan beberapa pick up lines supaya tidak kagok lagi ketika bertemu dengan si Dia.
Ok, misalkan nama anda Widi Santosa, berikut pick up lines yang bisa dicoba untuk tanggal 22 november nanti:

1. Eh mbak, maaf, saya suka deh template blognya. Templatenya cantik, cantik kaya wajah mbak...

2. Eh, perasaan gue kenal deh? lu yang punya blog anu bukan? (blog anu nya asal aja, toh cuma pancingan alias mo kenalan)

3. Santosa, widi santosa. Kamu?

4. Boleh pinjem Mousenya ga? Gue mo live blogging tapi mouse gue lagi rusak nih... Btw, namanya siapa? Oh ya, nama saya Widi.

5. Mbak, maaf, nomor hp saya hilang, saya boleh pinjem nomor kamu ga? Oh ya, nama saya Widi.

6. Maaf, temen saya minta tolong ke saya untuk dapetin alamat blog kamu. Nomor hapenya juga, kalau boleh...

7. Hai, blog kamu lucu. Saya sering baca. Eh, nama saya Widi.

8. Eh mbak, gue suka banget sama blog elo. Lucu. Abis pestablogger boleh gue traktir minum Starbuck ga? Pengen tau lebih cerita-cerita lucunya...

Saturday, November 08, 2008

Adam dan Ucok?

Saya punya pertanyaan besar:

Allah berfirman bahwa pada mulanya Tuhan menciptakan Adam dan Hawa,
bukan Adam dan Ucok. Tapi kenapa Tuhan menciptakan wanita bertubuh
pria (srikandi) sehingga memungkinkan terjadinya hubungan sesama
jenis?

--
Sent from Gmail for mobile | mobile.google.com

Friday, November 07, 2008

Vanessa, 1 minggu

Hari ini, Vanessa sudah 1 minggu. Selama 1 minggu, saya selalu terpana
dan membatin, "kok anak gue cakep ya? Putih pula."

Nesa benar-benar banyak rejekinya, terbukti dari jumlah stroller yang
didapat -> DUA.

Nesa sudah di imunisasi, jadi saya tidak perlu kawatir lagi. Tapi,
entah kenapa, saya selalu ditakuti oleh pikiran, Nesa terkena autis.
Soal ini, jelas saya harus banyak berdoa.

"Nesa belum terlalu bawel", kata ibu saya. Mungkin masih kecapean 9
bulan ngetem diperut. Semoga, masuk bulan ke2, kalemnya terus
berlanjut.

Akhir kata, semoga Nesa sehat terus, ga bawel supaya Papanya bisa
tidur nyenyak tiap malam.

( Pegel juga ngeblog pake HP )

--
Sent from Gmail for mobile | mobile.google.com

Monday, November 03, 2008

Menjadi Bagian Keluarga Batak

Sabtu kemarin, saya menghadiri acara Martupol, atawa janji pranikah di
HKBP Pertukangan Ciledug. Setelah itu, saya mengikuti sebuah acara
lagi dirumah mempelai pria untuk makan siang dan rapat panitia, entah
apa namanya.

Setelah makan siang, dilanjutkan rapat bagi2 tugas. Lalu acara
diakhiri dengan bagi2 potongan babi panggang.

Budaya Batak ternyata sangat kental unsur persaudaraannya. Tapi, untuk
menjaga persaudaraan ini, basa-basi jadi sangat mendominasi ketika
terjadi perbincangan. Alhasil ini membuat saya bosan ketika berada
dalam perbincangan tsb. Sebuah topik bisa dibicarakan berulang-ulang.

Walau begitu, sikap basa-basi malah bisa membantu seseorang untuk
berani berbicara. Tidak heran banyak pengacara adalah orang batak,
bukan orang jawa.

Saya mensyukuri bisa masuk dalam tali persaudaraan keluarga batak.
Karena saya jadi belajar untuk berani bicara. Selain itu, kenalan saya
jadi bertambah. Sukur2, saya bisa dapet proyek penggarapan sistem
informasi dari "saudara-saudara" saya ini, hehehe...

--
Sent from Gmail for mobile | mobile.google.com

Komentar Terbaru