Monday, October 29, 2007

On The Spot: Pesta Blogger 2007

1. Pendahuluan
2. Pembukaan
3. Talk show
4. Coblos
5. Session: Technology Blog
6. Kesimpulan

Pendahuluan

Jam 11, saya tiba di Blitzmegaplex untuk pertama kalinya dalam hidup. Ya, saya memang norak. Tapi ga bisa dibilang norak juga, lah Blitzmegaplex juga baru jadi kok. Setelah tanya sana sini untuk menuju lantai 8 gedung Grand Indonesia, sampai juga di Blitzmegaplex, bioskop yang buat saya tercengang. Guede bener! Hihihi… Orang Jakarta sendiri aja kaget lihat bioskop segede ini. IMAX di Taman Mini saja ga sebesar ini.

Tak lama, setelah ngobrol dengan teman SMA, Reza, yang kebetulan bekerja di operator selular XL, panitia menyuruh masuk bahwa acara akan dimulai. Dan sebelum masuk, saya sempatkan untuk ambil foto sebentar.

(coba tebak, yang mana pemilik blog edratna.wordpress.com dan kunderep.blogspot.com?)


(Terima kasih Tuhan. Tanpa sengaja Kau mengirimkan bidadari cantik lewat didepan kamera saya. kapan-kapan lewat lagi yah mbak. Lumayan buat dipajang di desktop)

Pembukaan

Pembukaan diawali dengan pembacaan puisi oleh Enda Nasution, Chairman dari pestablogger 2007. Selama pembacaan, ada kejadian menarik. salah satu blogger yang duduk membawa laptop tiba-tiba disorot dan gambarnya muncul di layar lebar. Kontan seluruh blogger tertawa karena si tokoh bergaya norak bak orang tidak pernah masuk tipi. Dan lucunya lagi, seseorang dibelakang saya berteriak-teriak, “SPAM! SPAM! SPAM!” Dasar blogger. Kebiasaan pakai wordpress. Tapi ngomong soal SPAM, seharusnya, kameramennya juga perlu memasang Aksimet yah, biar bisa memfilter SPAM tersebut. Hehe.

Talk Show

Dibawakan oleh Wimar Witolear, saya hanya terkesan dengan aksi, entah blogger atau bukan, yang berasal dari Poso, dan coba menarik simpati bahwa dirinya bisa datang ke PB tapi tidak bisa pulang. Alasannya, ga punya ongkos. Mungkin dia Nekat. Bohong. Hoax. Apapun, saya ga peduli. Yang membuat saya terkesan, aksi pria asal Poso ini langsung ditanggapi oleh pihak XL, operator seluler yang menjadi sponsor PB, dengan siap memberikan sumbangan kepada si pria nekat tadi. Mungkin bisa dibilang luar biasa. Oportunis. Atau apalah. Tapi sikap filantropis ini, bisa membuat orang-orang yang merasa dikecewakan oleh operator langganannya berpikir lagi, “Gue suka sama XL. Baik sama orang lain. Gue mau pake XL aja ah.” Aksi yang cepat. Dan perlu untuk ditiru oleh orang-orang yang baru memasuki posisi manajerial. Yaitu Blink! Silahkan baca bukunya sendiri.

Oh, tidak lupa juga, ternyata ada satu bintang ketika talk show yaitu Tyo. Blogger cilik yang sempat heboh karena masuk majalah Tempo. Damned! Seandainya dulu bapak saya kaya, dan pasang internet dirumah, mungkin akan dikasih mic dan disuruh bicara, “Ya, mas Adi, bagaimana perasaan Adi sekarang sebagai blogger termuda?”
“Ya… apa yah? Saya blo’on sih. Ga bisa ngerjain PR dari Bu Guru. Makanya saya ngeblog. Eh, malah diklaim sebagai blogger termuda oleh media massa. Jelas seneng dong.” (Dialog rekayasa. Fiksi)

(korban adalah yang dilingkari)

Coblos


(Ga Cuma calon gubernur yang foto-foto saat pemilihan, blogger juga boleh dong difoto saat memilih. Hehe…)

Setelah talk show, saya melakukan satu kesalahan dan hal ini yang membuat saya mengumandangkan deklarasi 27 Oktober:
I Will Not Go To PestaBlogger! No more!

Ya, gara-gara ikutan memilih blogger award, saya jadi telat berbaris ambil makan siang dan akhirnya tidak dapat makan!


(Ngantri makanan. Sialnya, saya paling belakang)

Ga rela!
Asli ga rela!
Benci! Asli gue benci!
Laper! Asli gue laper!

Akhirnya, perut saya memutuskan untuk turun ke lower ground dan dengan hati sedih, tangan gemetar, uang 27 ribu harus lenyap untuk sebuah hamburger+kentang goreng+cocacola Burger King.


Session: Technology Blog

Setelah tidak dapat makan. (Ya! Ga dapat makan! Halloooo… panitia! Yuhuuu… Saya ga dapat makan loh!) Lalu ke Burger King, kembali lagi ke PestaBlogger, acara break out session telah dimulai. Dan saya langsung nimbrung ke Technology blog. Kenapa? Pengen tahu, Priyadi itu kayak gimana orangnya. Ternyata? Hehehe… Ternyata biasa aja orangnya. Kayak geek komputer beneran. Hihi. Sorry nih Om. Patah sudah persepsi saya soal seleb blogger yang ngetop di internet dan heboh di kehidupan nyata. Ya, ternyata Om Pri biasa aja dihadapan orang banyak. Ga ada kelebihan yang menonjol dibanding Sang Microsoft Developer Evangelist, Risman Adnan. Mungkin karena jam terbang Om Risman yang lebih tinggi dalam hal presentasi didepan banyak orang dibanding Om Pri sehingga agak tenggelam saat membawakan sesi tersebut. Never mind. Yang penting bukan masalah tampilan, tapi yang sangat diperlukan adalah isi dari pembicaraan.

(hayoh tebak, yang mana Priyadi, yang mana Risman Adnan)

Setelah sesi blog teknologi, saya dengan amat menyesal harus pulang. Tidak mengikuti acara selanjutnya karena ada keperluan.

Kesimpulan

Saya Cuma berkesimpulan satu. Acara pestablogger adalah sebuah acara yang bagi saya terasa aneh. Sesuatu yang masih bias tapi bisa dikumpulkan. Coba tanyakan pada diri kita masing-masing, apa tujuan dari ngeblog? Jika tujuan kita adalah hanya menyalurkan uneg-uneg dan ditulis di web, ngapain juga mengumpulkan orang-orang kesepian yang sering curhat di internet? Kalau tujuan kita ngeblog adalah mencari teman, kenapa tidak membuat event pesta Friendster atau Pesta Facebook. Lebih pas. Jika tujuan kita ngeblog untuk mewartakan kejadian aktual dimasyarakat, kenapa tidak diadakan Pesta… Whatsoever. Intinya, aktifitas blogging adalah aktifitas yang belum jelas. Lebih bersifat hura-hura. Jadi, sesuatu yang hura-hura sangat disayangkan untuk dibuat acara kumpul-kumpul karena seperti menghambur-hamburkan uang saja. Lebih baik, tidak perlu diadakan acara Pesta Blogger ini. Lebih baik, duitnya kasih ke saya atau traktir makan di Burger King. Setuju? (masih dendam)

27 comments:

Anonymous said...

Adi,
Makanannya enak lho! Saya malah belum sempat menulis...seru juga diskusi sama Lita, Prijadi, Enda, p.Ong, p.Riri Satria, p.Ong, p.Wimar Witular ....sejak pagi...untunglah yang datang pagi-pagi, jadi diskusinya malah lebih nyaman.Saat makan siang ketemu kang Tutur, Andy Orangemood...Adi tak cari udah ilang....

Pulang dari pesta langsung jemput teman dari Yogya, ngobrol sampai malem, besoknya pagi2 ke kondangan, terus antar teman ke Bandara...sampai rumah...teler...

Entah kapan sempat nulis, habis ini mesti ngecek tempat, apa sudah beres semua, karena besok jadi panitia halal bil halal......pesta terusss...lama-lama perut bisa kembung.

JustYulia said...

JaNGan BeGiTu kaK aDi, gaK baiK denDaM. amBiL sisI posiTiFnYa aJa.misalNya, dari sisi waJah aPakah raTa-raTa paRa blOggeR lebIh keReN daRi kaK aDi ataU tiDaK??
aTau sebeSar aPa iLmu yang diPeroLeh...

dUh..duH Lia soK wiSe seKaLi kamU haRi iNi NaK??? ;P

Anonymous said...

gw kasih nikai A+ untuk postingan elo kali ini, baru kali ini gw lihat elo nulis secara runtun dan nyambung satu kalimat ke kalimat lain dan panjang pula, dimana emosi kita ikut naik turun bacanya mengikuti jalan cerita yang elo tulis, bagus banget, TOPPPPPPPPPPPPPPPPP,

gw suka gaya elo.

untuk pesta bloggernya sendiri, ehmmmmmmmmmmm, jujur bagi gw gak penting2 amat kalau pun ada kesempatan untuk datang, kemungkinan gw gak akan datang.

harapandiri.blogspot.com

Muhammad Rivai said...

Ralat boss, itu bukan Tyo tapi Iyo. Dia punya blog namanya Simply Iyo.

BTW, waktu break session Technology, menurut saya Priyadi malah lebih cool karena Risman Adnan malah ngiklan produk Microsoft aza, hehehe...

BTW, kemarin kita nggak ketemuan ya ? ;-(

Anonymous said...

aduh, kenapa kita kemarin ndak ngobrol panjang ya ... lain kali ya bos :D

deFranco said...

Wah selamat Om Adi sudah dikecewakan ma Pesta Blogger, huahaha...brarti gak nyesel saya gak jadi datang ke acara itu, udah ngirim wakil sih...tapi kayaknya gak bisa diharapin juga orangnya, dari komunitas BHI ada yang tau dateng gak ya?
Btw saya udah 2 kali ini baca postingan yang kecewa ma pestablogger. Mungkin bisa buat masukan sama penyelenggara ya, biar next time kalo ada lagi bakal lebih baek...ato om Adi mau ngadain even tandingan? Arisan Blogger maybe? hehehe...

Anonymous said...

Hehehe, soal makanan saya juga makan nasi sama sayur cap cay doank dan sempet hilang mood karena sudah pada habis sampe piring dan sendoknya juga.

Tapi secara garis besar cukup fun juga karena ketemu orang2 yang saya cari... :) *silahkan lihat di blog saya. *sebenarnya saya mo cari mas Adi juga, tetapi ngga ada "clue" seperti apanya jadi bingung juga gimana bisa ketemu... mungkin aja kemarin kita sempet pas pasan... hahaha.

"Andy OrangeMood is Online Advertising Consultant"

Anonymous said...

Kalo ama pak Risman saya pernah bertatap muka, kalo yg satunya (baju item) wajahnya ga familiar. Itu pasti yg mas Priyadi kekeke..

Dapat hadiah ga kalo bener ?

Anonymous said...

gak ada gw jadi kecewa ya Di? :D huehehe

Unknown said...

liputan PB pertama yang saya baca...
kabur ah, cari yang lain lagi.

M Fahmi Aulia said...

kegiatan tidak jelas, karena memang tidak ada 'wadah'nya...

nampaknya saya sempat melihat anda seliweran di daerah mikocok dan stand xl deh..hehe..

eniwei, selama fitur gratis ada, tidak ada salahnya datang...hanya jangan terlalu ngarep dapat servis berlebih :p

oya, buntut gorengnya enak lho...setidaknya ndak perlu keluar duit untuk mengisi perut *cekikikan...*

Juminten said...

Hihihi... cucian deh yg ngambek karena ga dapet makan... xP
cini... cini... KOPDAR ma aku aja!
tp nanti malah sampeyan yg sayah suruh nraktir!
hakhakhak... xD
yah, namanya jg masih baru pertama kali diadakan, mas...
ya wajar kalo masih ada kekurangannya! ;)

Anonymous said...

saya juga ada di sana kemaren. kok gak ketemu ya? oh, ya iyalah, saya nyempil di antara blogger abal2 yg lain: mbilung, hedi, ndorokakung, anak2 bunderan HI... :p

Herru Suwandi said...

yang positip dari pesta blogger ini adalah tukang ketik bikin posting yang lumayan panjang hehehe...

Tetap Semangat!!

icHaaWe said...

wah kasian banget dah bayar mahal2 buat entrance pass... tetep aja gak kebagian jatah makan....
mmmhhh kalo buat ku sih setuju2 aja diadain pesta blogger ... tapi adakah lebih baik kalo acar itu gratisan... yah gak sih????
apalagi sekarang blogger dah diakui pemerintah...pasti gampangdong dapetin sponsor...
gimana kalo kita yg jadi panitia buat PB 2008???? :P

B-a-r-r-y said...

Adi, jangan sewot gitu dong :) Kalau saya yang pasti makan dulu baru nyoblos. Tidak nyoblos pun sebenarnya tidak masalah. Menurut observasi saya, Adi ini termasuk kategori orang yang mengharap something phenomenal terjadi di acara PestaBlogger 2007. Dimana hal tersebut sebenarnya masuk akal sekali (harga tiket yang mahal- maka keinginan untuk mendapat nilai balik juga tinggi)

IMHO, mungkin mencantumkan programnya secara detail di internet dapat memberi gambaran yang jelas tentang apa yang kira-kira peserta dapat harapkan, dan dengan demikian mengambil keputusan untuk ikut atau tidak.

Anyway, lihat positifnya saja. Kan yang penting sekarang sudah banyak yang kenal "tukang ketik" sebagai suatu pribadi yang "keren", dan bukan hanya seorang tukang ketik belaka :)

Anonymous said...

duh mas adi, kebanyakan tebak2an nih :D

Anonymous said...

jadi sampeyan merasa tertipuuuuu (nanyi lagunya nugie)

Anonymous said...

Baca ini baca tentang liputan pesta blogger. Ya ampun ternyata kejadiaannya nggak enak ya Di. Nggak dapat makanan. Ikut prihatin deh. Semoga nggak kejadian di acara berikutnya ya? Itu pun kalo Adi masih mau ikutan.

@beradadisini said...

Mas Adi,

Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya atas segala ketidaknyamanan yang dirasakan selama event Pesta Blogger 2007 ini.

Kami mengakui memang masih banyak sekali kekurangan dalam acara ini, sehingga kami juga terus mendengarkan masukan dari kawan-kawan, bagaimana kami bisa menjadikan acara ini lebih baik di masa mendatang.

Terima kasih banyak atas masukannya, ya, Mas. Dan saya akan senang sekali kalau Mas Adi bersedia menerima ajakan saya untuk makan siang bareng :)

Sekali lagi mohon maaf, ya, Mas. Kita masih terus berusaha...

Anonymous said...

Seerrruuuuuuuuuu.....
Raaaammmmmmeeeeeeeee........


Sayangnya, mas ini gak kebagian makan siang yaaa :D

Gpp mas... lainkali ngantri paling depan yaaa...

Jadi pingin dengar org2 yg sudah ketemu sama mas Adi, seperti apa yaaa pendapat mereka... hehehe.

MG said...

2 hari gak ketemu sama bos adi, baru tadi pagi pas dia lewat nepuk pundak, terus tanya gimana report nya PB, eh jawabnya pendek baca aja ... :D

ternyata yang di baca kekecewaan darinya :D duh kasian, kalau tau mo begitu kan pasti minta di bekelin sama mamahnya terus makan siang di pantry aja ya he he he

=== dah di, samber aja tuh tawaran nya mbak hany, jangan-2 belio ini yang lewat di depan kamera elu =))

Merlyna said...

mas Adi,
makasih sudah berbagi pengalaman ikut Pesta Blogger. entah saya harus bereaksi apa... pingin ketawa, tapi ikut prihatin.. hehe.
yang pasti, saya menikmati tulisannya yang jujur dan kocak... dan terlepas ada makna tersirat atau engga dibalik komentar2nya yang terdengar seenaknya, saya mengintepretasikan makna2 sendiri sehingga tulisan mas terasa segar :)

thanks again.

inaterne said...

namanya juga kopdar. yang lebih penting sebenarnya ketemu orang-orang yang datang saat itu.

lagian, kan udah tiap hari makan siang, hihihi. sekali-kali skip bisa disebut pengalaman menarik juga:D

masa nggak ada hal positif yang bisa diceritakan sih?

Dony Alfan said...

Si bidadari blogger juga? Alamatnya? hehe
Kasian ya nggak dapet makan, lha padahal niatnya dari rumah memang cuma pengen nyari makan gratisan khan? Malah ngrogoh kocek sendiri, misi gagal!

Anonymous said...

owalah, gara2 nyoblos web saya trus gak kebagian makan to? ya udah saya undang makan2 di rumah deh :D *yakin mode*

Anonymous said...

si Iyo ini kayaqnya saya kenal deh Mas, dimana yaaa?!?!

kasian amat ga dapet makan, makanya lain kali bawa rantangan dong mas, bisa hemat tanpa harus ke burger king hahahaa

anyway, ngeblog bagi sebagian orang mungkin hanya hura-hura, curhat-2an, diary on the net lah, tp bagi saya pribadi nih, adalah blog bisa mencerahkan, membawa manfaat dan nuansa tersendiri ketika membacanya, bisa menyentuh nurani yg dalam...wessss..mulia sekali!! hahahah...

tulisannya top mas, informatif banget...tapi untung deh saya ga ikutan pesta blogger ini :P

Kategori

info (205) foto (133) komentar ga penting (128) fotografi (123) Technology (104) Kantor (95) website (88) blog (84) Jakarta (78) comic strip (75) bisnis (71) karir (51) suara hati (51) senda-gurau (50) wisata (38) Bekasi (37) Internet (34) manajemen (31) kuliner (22) selebritis (21) soccer (21) Navision (20) iklan (14) kasus (14) sql server 2005 (13) buku (11) Greeting (10) movie (10) komik strip (9) novel (9) programming (9) televisi (9) Banjir (8) VCD/DVD (8) kopi (8) Vanessa (7) billiard (7) hypermarket (7) bogor (6) kesehatan (6) rumah (6) old document (5) Terios (4) basket (4) guru (4) Axapta (3) bioinformatika (3) azure (1)

My Instagram