Sunday, September 04, 2022

Mengajar untuk Belajar


Mengajar untuk Belajar. 3 kata ini ternyata memang bukan sekedar kutipan. Kita bisa belajar ketika mengajar. Bahkan dari topik yang kita bawakan.


Belum lama ini, saya memberikan webinar internal terkait Distribution Management System ke sales team di PT TACO. Saya belajar materi DMS yang standar-standar, namun, ketika saya memberikan pengajaran, ternyata banyak pertanyaan yang masuk dan saya tidak punya jawabannya, hahaha...


Untungnya, ada rekan kerja yang lebih paham dan membantu saya untuk memberikan jawaban. Dari situ, saya jadi belajar dari rekan kerja saya ini.


Ada kutipan yang bagus dari artikel di medium:

https://medium.com/@saghitadm/mengajar-untuk-belajar-belajar-untuk-mengajar-7ce754c68a49


Kata Saghita Desiyana Maurischa, sang penulis:


Dalam mengajar terdapat dua subjek yang saling membentuk sebuah koneksi. Ada yang memberi bahan ajar, dan ada yang diberi bahan ajar. Ada yang menjadi pengajar, dan ada yang belajar. Bahkan, lebih indahnya adalah kita mampu saling mengajar dan diajar pada waktu bersamaan. 

Kategori

info (205) foto (133) komentar ga penting (128) fotografi (123) Technology (104) Kantor (95) website (88) blog (84) Jakarta (78) comic strip (75) bisnis (71) karir (51) suara hati (51) senda-gurau (50) wisata (38) Bekasi (37) Internet (34) manajemen (31) kuliner (22) selebritis (21) soccer (21) Navision (20) iklan (14) kasus (14) sql server 2005 (13) buku (11) Greeting (10) movie (10) komik strip (9) novel (9) programming (9) televisi (9) Banjir (8) VCD/DVD (8) kopi (8) Vanessa (7) billiard (7) hypermarket (7) bogor (6) kesehatan (6) rumah (6) old document (5) Terios (4) basket (4) guru (4) Axapta (3) bioinformatika (3) azure (1)

My Instagram