Tuesday, May 26, 2009

Kuatkan Hati Keluarga dan Saudara Supriyadi Dirgantara

5 orang datang ke kantor untuk diwawancara. saya diminta untuk melakukan tes teknikal oleh Ibu Erty, asisten manajer HRD. Kelima orang secara bergiliran datang ke meja saya untuk dites sebuah pertanyaan sederhana, membalikan angka 123 menjadi 321.

Kelima orang tersebut menjawab dengan cara yang berbeda.

Interviewee 1

Public Class Form1

Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click
Dim s1, s2, s3 As String
If Me.txtTes.Text = "123" Then
s1 = Mid(Me.txtTes.Text, 3, 1)
s2 = Mid(Me.txtTes.Text, 2, 1)
s3 = Mid(Me.txtTes.Text, 1, 1)
MessageBox.Show("You're right : " & s1 & s2 & s3)
Else
MessageBox.Show("You're answer is wrong")
Me.txtTes.Focus()
End If
End Sub
End Class

interviewee 2

Public Class Form1

Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click
Dim a, b As String
Dim c As Integer
a = TextBox1.Text
c = TextBox1.TextLength
Dim d As Integer

Do Until c = 0
b = b + Right(a, c)

c = c - 1
Loop
MsgBox("Tulisan anda " & b)
End Sub
End Class

interviewee 3

Public Class Form1

Private Sub Cmd_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Cmd.Click
Dim iText As String
Dim i As Integer
iText = ""
For i = 0 To Txt.TextLength - 1
iText = iText & Mid(Txt.Text, Txt.TextLength - i)
Next
MsgBox(iText, MsgBoxStyle.Information, "Test Aja")
End Sub
End Class

interviewee 4

Public Class Form1

Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click
Dim str As String = TextBox1.Text
Dim str2 As String = ""
Dim i As Integer = str.Length
While i > 0
str2.Insert(i, str.Substring(i, 1))
i = i - 1
End While
MsgBox(str2)

End Sub
End Class

interviewee 5

Public Class Form1

Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click
Dim i As Integer
Dim length As Integer
Dim str = TextBox1.Text
length = Len(TextBox1.Text)

For i = 0 To length
str = length - 1
MsgBox(str)
Next

End Sub
End Class

***

Tak pelak lagi, saya langsung menunjuk interviewee 4 untuk menjadi salah satu staf programer dikantor saya. Dia bernama Supri.

Selain memiliki logika yang bagus, pembawaan Supri sangat tenang. Ketika soal itu saya berikan dan diminta untuk diselesaikan selama 10 menit, Supri tidak langsung menunjukkan sikap grogi. Dia hanya senyum dan langsung mengerjakan soal tanpa basa-basi. Hasilnya? Saya kagum. Ternyata string memiliki method insert seperti ditunjukkan Supri pada saya.

Supri bekerja selama 1.5 minggu dikantor sampai istrinya memberikan kabar telah terjadi kecelakaan pada Supri. Saya cukup syok saat itu, mengingat kerjaan sedang padat. Terhitung tanggal 5 mei hingga kemarin, Supri masih berada dirumah sakit. Saya beberapa kali menelpon untuk menanyakan kabar.

Tak disangka, pagi ini, setiba dimeja kerja, teman sekantor langsung memberi kabar kalau Supri sudah meninggal.

Tuhan telah menunjukkan kalau pemanggilan-Nya tidak mengenal kapanpun. Saya merasa bersyukur telah diberikan kesehatan hingga saat ini. Tapi saya tidak tahu kapan Tuhan akan memanggil saya. Mungkin saja bisa besok, atau nanti 100 tahun lagi.

Entah harus berkata-kata apa lagi. Saya jadi kehilangan semangat bekerja. saya hanya bisa berdoa singkat, Ya Tuhan, kuatkan hati keluarga dan saudara Supri.

Kategori

info (205) foto (133) komentar ga penting (128) fotografi (123) Technology (104) Kantor (95) website (88) blog (84) Jakarta (78) comic strip (75) bisnis (71) karir (51) suara hati (51) senda-gurau (50) wisata (38) Bekasi (37) Internet (34) manajemen (31) kuliner (22) selebritis (21) soccer (21) Navision (20) iklan (14) kasus (14) sql server 2005 (13) buku (11) Greeting (10) movie (10) komik strip (9) novel (9) programming (9) televisi (9) Banjir (8) VCD/DVD (8) kopi (8) Vanessa (7) billiard (7) hypermarket (7) bogor (6) kesehatan (6) rumah (6) old document (5) Terios (4) basket (4) guru (4) Axapta (3) bioinformatika (3) azure (1)

My Instagram