Friday, February 04, 2011

5 efek positif dari Facebook

Membaca tulisan ini "NO FB for HL", membuat saya gamang, apakah benar Facebook itu berefek negatif? Argumentasi-argumentasi yang ditulis sangat pas dan akurat bahwa Facebook itu memang banyak berefek negatif bagi si empunya Facebook, anaknya ataupun orang lain.

Lalu, ditambah lagi akhir-akhir ini media lebih sering memberi kabar mengenai hal-hal negatif dari Facebook. Beberapa berita terkait Facebook adalah:
  • Penculikan lewat perkenalan di Facebook
  • Pemerkosaan lewat perkenalan di Facebook
  • Penipuan lewat perkenalan di Facebook
  • dst.
Padahal, Facebook banyak juga manfaatnya. Hingga saat ini, saya sudah merasakan 5 manfaat terbesar dari Facebook. Berikut 5 efek positif dari Facebook yang sudah saya rasakan:
1. Mudah mendapatkan dan menyebarkan informasi dengan murah. Dengan sudah banyaknya pengguna Facebook, saya jadi lebih mudah mendapatkan informasi penting dari saudara ataupun teman. Berita pernikahan, arisan, reuni, dsb. Begitupun dengan menyebar informasi. Jadi, bisa lebih hemat daripada ber-SMS :)
2. Menjadi media yang lebih sosial dan bersahabat untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan yang menggantung di otak. Ketika saya bertanya-tanya, kenapa cabai naik, beberapa orang memberikan jawaban dengan lucu-lucu.
kenapa-cabe-harga-naik
3. Mendapatkan informasi lalu lintas dengan real time. Ini tidak bohong. Ketika saya dan keluarga berencana untuk ke puncak, saya memasukan kata kunci "PUNCAK MACET" di Facebook. Dan hasilnya sangat membantu. Banyak yang memuat statusnya kalau Puncak itu lagi macet. Fiuh...
facebook search
Lalu saya berpikir untuk ke Anyer, dan memasukan kata kunci, "Tol Merak", "anyer", dan tidak ada informasi yang menyatakan lalu lintas ke Anyer adalah macet. Thanks Facebook for this.
4. Mempertemukan saya dengan kawan lama. Di Facebook, saya bisa mengetahui kabar dari teman SD, SMP, SMA, Kuliah dan bahkan teman kos! Reconnect dengan teman kos benar-benar membuat saya takjub. Saya jadi mengetahui kesuksesan teman-teman yang bisa saya kenali pribadinya secara langsung ketika masih ngekos.
5. Memudahkan mendapatkan calon karyawan. Saat saya lagi butuh tenaga untuk jadi staf didepartemen saya, saya tinggal pasang status "Kantor saya membutuhkan programmer VB 6 atau VB.NET. Fresh Grad boleh. Kirim CV ke adiwirasta[at]pt-bsa.co.id", dan hasilnya...
Sekali pasang info lowongan ini, beberapa orang sudah kirim CV ke email saya.
---
Pada dasarnya, Facebook memang bisa menjadi pedang bermata dua. Jika kita tidak bisa memfilter mana yang benar dan tidak, Facebook bisa menjadi jahat bagi kita.
Supaya Facebook bisa dikurangi efek negatifnya, tips supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dari Facebook: JANGAN SERING-SERING BUKA FACEBOOK. Alokasikan waktu kita untuk mengakses Facebook secukupnya.

Kategori

info (205) foto (133) komentar ga penting (128) fotografi (123) Technology (104) Kantor (95) website (88) blog (84) Jakarta (78) comic strip (75) bisnis (71) karir (51) suara hati (51) senda-gurau (50) wisata (38) Bekasi (37) Internet (34) manajemen (31) kuliner (22) selebritis (21) soccer (21) Navision (20) iklan (14) kasus (14) sql server 2005 (13) buku (11) Greeting (10) movie (10) komik strip (9) novel (9) programming (9) televisi (9) Banjir (8) VCD/DVD (8) kopi (8) Vanessa (7) billiard (7) hypermarket (7) bogor (6) kesehatan (6) rumah (6) old document (5) Terios (4) basket (4) guru (4) Axapta (3) bioinformatika (3) azure (1)

My Instagram