activo | asset management system

Thursday, February 03, 2011

Kenapa Quora Mendapat Perhatian Yang Tinggi Dari Para Blogger Dan Jurnalis Teknologi

Kenapa Quora mendapat perhatian yang tinggi dari tech blogger dan tech journalist padahal ada Yahoo! Answers yang lebih ngetop di Google Search?

Saya masih bingung dengan para Blogger Teknologi dan Jurnalis Teknologi khususnya teknologi web yang sangat memberi perhatian terhadap Quora. Robert Scoble membuat 2 artikel dan diresponse oleh banyak orang:

Begitupun dengan Techcrunch dan situs-situs teknologi yang lain.

Jika saya bandingkan dengan Yahoo! Answers (YA), Quora jauh kurang lengkap dibanding Yahoo! Answers dalam hal jumlah topik. Tiap kali kita searching sesuatu di Google, hampir 50% Google akan menampilkan artikel di YA. Ok, mungkin karena YA memang lebih dahulu hadir dibanding Quora.

Coba saya telaah satu persatu, kenapa orang mulai meninggalkan YA.

Oh... YA sering sekali menampilkan jawaban yang tidak relevan. Saya sering searching dan mendapatkan tanya-jawab di YA:

  • Kurang relevan,
  • Tidak relevan,
  • Sangat tidak relevan.

Namun, bukankah di Quora pun kita bisa memberikan jawaban yang tidak relevan?

Menurut Charlie Cheever, yang bekerja di Quora, mengatakan perbedaan terbesar dari YA dengan Quora adalah ini:

Quora has a focus on making questions canonical and reusable; whereas my impression is that Yahoo Answers has a focus on getting answers for users who have asked questions;  Some of the reasons that I think this are: Yahoo Answers asks a question asker to choose a best answer to a question which will then mark the question as resolved (which means no new answers are asked for.)  On Quora, the person who added the question is deemphasized and other users can edit the text of the question to make it better, and on Quora, the asker of the question isn't necessarily expected to be the best judge of the answers given.

Kalau di YA, si penanya akan diminta jawaban mana yang relevan. Sedangkan di Quora, si penanya tidak dipaksa untuk memilih. Jadi, Quora sifatnya seperti Wikipedia, semua orang bisa edit artikel orang lain. Di Quora, semua orang bisa edit jawaban orang lain.

Dengan demikian, setiap jawaban di Quora, bisa dibilang, jawaban yang kurang relevan, tidak relevan dan sangat tidak relevan, bisa dikurangi karena ada andil dari user Quora yang lain.

Aaah... Now I Know...

Ini artinya, kenapa para blogger dan jurnalis teknologi sangat menggandrungi Quora adalah, ketika dia membuat pertanyaan, banyak orang bisa memberi jawaban dengan relevan, karena sifatnya yang terbuka.

Komentar Terbaru