Monday, April 18, 2011

Cara gampang memotivasi anak buah

Pengalaman saya memimpin anak buah masih sedikit. Namun, yang saya pelajari dari waktu yang sedikit ternyata banyak. Kali ini, saya ingin berbagi sedikit tentang kepemimpinan. Berdasarkan pengalaman, saya menemukan cara gampang memotivasi anak buah. Kenapa gampang? Karena memotivasi itu sulit. Sebagai orang teknikal, menjadi motivator itu pastilah sulit karena bukan bagian dari pekerjaan. Sehari-hari saya berkutat dengan programming.

Cara gampangnya bagaimana? Salah satunya: Pastikan jenjang karir anak buah. Sifat dasar manusia itu ingin bisa lebih dari yang lain. Ketika berstatus sama, rasa ingin menjadi lebih pasti ada disetiap benak orang-orang. Ingin lebih gajinya, ingin lebih pengaruhnya. Ketika peluang karir diberikan, semangat untuk bekerja meraih posisi tersebut secara tidak sadar menjadi lebih besar. Ini terjadi ditim saya. Tapi, ketika peluang karir tertutup, segalanya terbalik. Motivasi rendah. Dan paling parah, resign. 3 anggota tim terbaik saya sudah out karena tertutupnya karir.

Itu saja. Selamat memotivasi anak buah ;)

Kategori

info (205) foto (133) komentar ga penting (128) fotografi (123) Technology (104) Kantor (95) website (88) blog (84) Jakarta (78) comic strip (75) bisnis (71) karir (51) suara hati (51) senda-gurau (50) wisata (38) Bekasi (37) Internet (34) manajemen (31) kuliner (22) selebritis (21) soccer (21) Navision (20) iklan (14) kasus (14) sql server 2005 (13) buku (11) Greeting (10) movie (10) komik strip (9) novel (9) programming (9) televisi (9) Banjir (8) VCD/DVD (8) kopi (8) Vanessa (7) billiard (7) hypermarket (7) bogor (6) kesehatan (6) rumah (6) old document (5) Terios (4) basket (4) guru (4) Axapta (3) bioinformatika (3) azure (1)

My Instagram