Rabu kemarin Detik.com membuat artikel dan menulis dijudulnya dengan memuat sebuah brand untuk berita yang negatif :
Saya bukan ahli soal branding. Saya juga bukan orang jurnalistik. Tapi membaca judul “Pilot Lion Air yang Ditangkap Saat Pesta Narkoba Sudah Lama Diintai” membuat saya miris, kenapa Detikcom melakukan hal ini?
Melakukan apa?
Menjelekan sebuah brand. Seharusnya, Detikcom cukup membuat judul “Pilot Maskapai Penerbangan Swasta X yang Ditangkap Saat Pesta Narkoba Sudah Lama Diintai”.
Dengan disebutnya merek “Lion Air”, hal ini bisa berdampak pada bisnisnya Lion Air. Orang-orang seperti saya yang hanya membaca judul berita saja akan segan untuk menggunakan jasa Lion Air karena takut jika kedapatan pesawat yang ditumpanginya disupiri oleh pilot ‘beler’, nanti bisa-bisa jatuh. Kalau sudah terbentuk pola pikir seperti ini, maka Lion Air bisa rugi.