activo | asset management system

Wednesday, August 15, 2007

Parkour


Tahu iklan Kratingdaeng yang seorang pria lari, loncat sana-sini, ditambah jatuh-jatuhan dan bisa sampai duluan dari temannya yang menggunakan motor? Jika iya, laki-laki itu sebetulnya melakukan olahraga yang disebut Parkour. Parkour adalah pergerakan tanpa hambatan dalam melintasi medan penuh rintangan. Ditemukan di Perancis. Nama ini merupakan kependekan dari ‘parcours du combattiant’. Latihan halang rintang militer. Orang penggiat Parkour disebut Traceour. Jadi, cowo di iklan Kratingdaeng itu bisa disebut Traceour. Sebetulnya dari jaman bahela juga sudah ada. Coba saja anda menonton film Hongkong lama, khususnya film Jackie Chan. Perhatikan ketika Mr Chan lari dikejar musuhnya. Pasti dia lari sambil jatuh-jatuhan, guling-gulingan bak pemain sirkus.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin mencoba Parkour:

Jangan asal meloncat. Parkour bukan sekedar ketingian atau jarak yang bisa diloncati tapi berurusan dengan kemampuan untuk bergerak secara cepat dan efektif dalam melintasi sebuah area. Jika terlalu tinggi atau jauh untuk diloncati, cari jalan lain.

Jangan meloncat sebelum melihat. Semua harus diperhitungkan. Rencana dengan matang rute yang akan dilintasi, dan hanya bergerak jika 100 persen yakin dengan itu. Pertimbangkan resikonya, atau semuanya harus berakhir dengan gerakan yang tak anda siapkan.

Cari pengalaman sebanyak mungkin. Cobalah di area yang berhaviarsi sehingga anda cepat terbiasa dengan medan berbeda. Tak akan ada kemajuan jika hanya berlatih di satu tempat saja.

Selalu berpikir. Pelajari filosofi dan alasan Parkour: tanpa itu, semua aksi tak akan bermakna.

Jangan melakukannya sendirian. Ketika memulai, bergabunglah dengan yang lebih berpengalaman. Berlatih sendirian hanya untuk yang berlevel tinggi untuk membantu pengembangan kepercayaan diri dan konsentrasi.

Berani coba tantangan ini?
---
Sumber: majalah Stuff Juli 2007
Sumber foto: Wikipedia.Parkour

6 comments:

  1. wah, olahraga xtirm yg ini seh... gw baru tau.

    ReplyDelete
  2. OrangeMood1:45 PM

    sudah cukup lama, dari tahun 2001 malah ada filmnya judulnya YAMAKASI... search di wikipedia juga ada http://en.wikipedia.org/wiki/Yamakasi

    Free style sports... :)

    ReplyDelete
  3. ooh, gitu ya? makasih infonya ... :)

    ReplyDelete
  4. Kukira nama olahraganya "Yamakasi" :p

    ReplyDelete
  5. @kunderep + orangemood:
    iya juga yah. Mungkin beda negara beda nama. Kayak sepak bola. Di AS disebutnya Soccer, di Eropa disebutnya Football.

    ReplyDelete
  6. Gw mau ralat bro, practitionernya bukan Traceour tapi Traceur. Btw disini ada yang parkour juga? Kalo ada yang mau ikutan latihan contact gw ya, grenseal2k5@yahoo.com
    sebutin asal kota kalian, ntar gw sampaikan ke perwakilan di tiap kota se-indonesia. :)
    Maaf bro, gw bukan ngiklan. Cuma ngajakin teman2 buat senang2. Kalo udah ikutan kalian pasti ngerti filosofi yang dijelasin bro Adi ini.

    ReplyDelete

Komentar Terbaru