Thursday, August 25, 2011

If Kaskus is over posting, Then I Will...

kaskus-is-over-posting

Jika saya sebagai pemilik Kaskus, mendapatkan kondisi "Kaskus is over posting" saya akan bangga dan panik.

BANGGA

- Berarti situs saya laku. Banyak pengunjung. Dengan lakunya situs saya, saya bisa populer. Contoh, situs facebook milik Mark Zuckerberg laku dan banyak pengunjung. Akibatnya, Mark sering dibicarakan semua orang. Sering dibicarakan, nama saya jadi populer. Siapa sih yang tidak ingin populer diantara miliaran manusia?

PANIK

Dengan tidak scalable situs saya, maka saya akan panik. Kejadian ini tidak boleh berlangsung lama. Jika berlangsung lama, maka pengunjung saya akan lari. Hal ini terjadi dibanyak situs top. Gara-gara tidak scalable, sering down, akhirnya enggan balik lagi. Contoh mutlak: Orkut, MySpace dan Friendster.

Tapi, kondisi yang mempanikan ini sebetulnya tantangan yang mengasyikan. Seandainya saya jadi arsitek di Kaskus, hal ini menjadi pekerjaan yang saya tunggu-tunggu. Kalau ketahuan :

  • Ada query SQL yang ngaco, saya bisa tegur programmer.
  • Spec hardware yang tidak mendukung, saya bisa tegur bagian pembelian.

Jadi, asik nomor duanya, bisa nyalahin orang, hehe...

Wednesday, August 24, 2011

Mempelajari metode spamming

iseng-iseng cek junk mail di gmail, saya menemukan email yang berisi sama. Mengajak investasi. Saya cek sendernya, ternyata berpola. Pola mengirim spamnya yaitu dengan membuat account email berbeda-beda namun berurutan. Contoh:

mrs.diana1@rediffmail.com
mrs.diana2@rediffmail.com
mrs.diana3@rediffmail.com
dst
mrs.diana7@rediffmail.com

dianaros1@rediffmail.com
dianaros2@rediffmail.com
dst
dianaros24@rediffmail.com

Dengan pola seperti itu, berarti ada orang yang bisa menggenerate email account secara programatik di rediffmail.com dan mengirimkan email ke banyak orang. Logika codingnya:

for(int i = 0; i < 1000 ; i++)
{
sendmail("mrs.diana" + i.ToString() );
}



Pertanyaan selanjutnya, apakah rediffmail adalah mail hosting bermasalah?

Saya masuk ke rediff.com. Saya klik link create account, ternyata, ada fitur captcha:

Create a Rediffmail account

Setidaknya, rediff adalah mail hosting jujur. Atau pura-pura jujur?

Ok, itu dulu iseng-isengnya. Selamat malam.

Monday, August 22, 2011

Mari berteman dan bermain di G+

Maaf jika sudah lama tidak update. Saya lagi senang memperhatikan perkembangan Google plus. Baik didalam G+ maupun diluar G+ yang diulas oleh tech media maupun blogger top tech dari US atau Indo.

G+ menurut saya memang memiliki fitur killer yang bisa bikin orang ketagihan. Salah satunya adalah fitur baru yaitu Games!

Nah, Games di G+ sangat "social". Games di G+ bisa menarik teman-teman kita dan langsung bisa diseting untuk multiplayer.

Nah, berhubung teman-teman saya di G+ baru sedikit, maka saya meminta anda, pembaca blog saya untuk undang saya menjadi teman anda dan mari kita bermain! Hehehe...

account G+ saya: http://gplus.to/adiwirasta

Tolong di "Add to Circle" yah...

Saturday, August 20, 2011

Detik.com dan Kualitas Stafnya yang Payah

Dengan nilai penjualan diatas 500 milyar ke Para Group, detik.com membuat kesalahan yang cukup konyol. Salah ketik. Salah ketiknya pun ada dijudul headline Detikcom. Fiuh...

detikcom-salah-ketik

Dengan kepemilikan uang segambreng-gambreng, seharusnya Detikcom bisa mempekerjakan orang yang memiliki standar kwalitas tingkat tinggi. Tidak asal sikat saja. Kesalahan judul headline menurut saya sudah fatal. Staf editor/kepala editor harus dipecat. Ganti dengan yang memiliki kualitas kontrol terbaik.

Itu saja. Selamat hari sabtu.

Tuesday, August 09, 2011

Mari Menghapal General Business posting group dan General Product Posting Group

Dasar dari ERP NAV adalah, segala sesuatu bersumber dan bermuara ke accounting. Ke chart of account. Nah, pengertian untuk setingan posting group penting diketahui sebelum melangkah lebih jauh dalam menggunakan NAV. Dasar dari segala dasar posting group di NAV adalah General Business posting group dan General Product Posting Group.

posting-group

Prinsip dasar NAV itu sebetulnya jual beli barang.

Supplier -- beli produk -- gudang -- jual produk -- customer.

Pola ini perlu diatur setingan jurnalnya. Setingannya diatur di General Business posting group dan General Product Posting Group.

General Business posting group berguna untuk mengatur hasil jurnal untuk Customer dan supplier. Sedangkan General Product Posting Group berguna untuk mengatur hasil jurnal item/product yang dibeli/dijual. 2 posting group ini harus dimengerti dulu. Dihapalin. Cara menghapalnya,

  • Business = Customer dan supplier
  • Product = Item

Ok. Itu dulu short course NAV untuk hari ini, selamat belajar.

Thursday, August 04, 2011

Navigate, Fitur Paling Killer Di Microsoft Dynamics NAV

navigate

Salah satu fitur paling killer di Microsoft Dynamics NAV adalah fitur "Navigate". Dengan Navigate, kita bisa menelusuri data-data yang terkait didalam database NAV.

Seperti yang pernah saya tulis, untuk mencomot data dari sini, dari sana, dari sono, kita perlu mempelajari struktur database NAV terlebih dahulu. Namun, untuk mempelajari struktur database satu persatu, akan memakan waktu yang sangat lama. Cara paling mudah mempelajari struktur database adalah per kasus. Ketika ada masalah dengan dokumen X, kita bisa telusuri dengan fitur Navigate. Dari sini, kita bisa mempelajari keterkaitan antar table baik table standar NAV maupun table modifikasi buatan konsultan.

Itu makanya, jika ada produk ERP baru bermunculan, yang perlu dicek sebetulnya bukan kemudahan proses input transaksinya, tapi yang perlu dicek adalah kemudahan cara melacak dokumen.

Wednesday, August 03, 2011

Jangan Takut Dengan Pensiun, PHK. Mari Menulis

Rick Murcer

Saya menemukan biografi penulis buku di Amazon.com yang menurut saya perlu diketahui oleh pensiunan muda, bokek dan sulit dapat pekerjaan. Berikut kutipannya:

 

I live in Michigan and graduated from Michigan State University. I've been married longer than my wife likes to admit, and have two grown children, three (almost) grandkids, and a blind black Lab named Max, who serves as my "writing" dog. He pushes me hard to get to the writing room each morning so he can snore on his rug while I do all the work!

 

I'm an older writer. I started about eight years ago and got the first story I ever wrote, Herb's Home Run, published in Writer's Journal. I've been hooked since then.

 

I lost my real job two years ago and after 450 resumes with no luck, decided I was going to make it as a writer, and here I am. Caribbean Moon was a labor of love, and writing it taught me more about myself than I cared to know. (My wife thinks I should keep my mind a secret!)

--

Umur si Rick Murcer memang sudah tua, bahkan sudah punya cucu, tapi tidak menghentikan dia untuk berkarya. Ketika sudah dua tahun nyari-nyari lowongan kerja tidak kunjung dapat, bahkan sampai sudah mengirim 450 CV, dia akhirnya memutuskan untuk menulis buku. Menulis buku memang tidak menjanjikan orang untuk menjadi kaya mendadak. Walau ada beberapa contoh penulis yang langsung kaya raya ketika baru menulis buku pertama kali, seperti J. K. Rowling penulis Harry Potter, tapi tidak untuk penulis di Indonesia. Namun, untuk menjadi penulis, setidaknya menghasilkan uang yang cukup untuk menghidupi keluarga. Sebagai pengamat sastra Indonesia, populer maupun tidak, sudah banyak penulis yang menggantungkan hidupnya dari menulis saja.

Jadi,

Ayo... Jangan takut dengan pensiun, PHK. Mari menulis.

Monday, August 01, 2011

Kunci Sukses Implementasi ERP = Seting Jurnal Harus Tepat

Salah satu kunci sukses implementasi ERP khususnya NAV adalah membuat setingan yang tepat. Kalau tidak tepat, salah seting, hasil jurnal bisa salah. Apalagi di NAV, jika sudah terjadi sekali posting jurnal, maka setingan sudah tidak bisa lagi dirubah.
Salah satu setingan di NAV yang perlu diperhatikan oleh implementor atau user adalah setingan General Ledger Setup. Ditempat saya, ada satu setingan di General Ledger Setup yang ketinggalan dipastikan sehingga ketika sudah berjalan, hasil rounding nominal semua amount yang berkaitan dengan mata uang Dollar jadi salah. Klik gambar dibawah.
nav-rounding
Setingan ini memang sulit dideteksi karena seolah sepele. Tapi ternyata menyebabkan efek yang besar.

Komentar Terbaru