activo | asset management system

Tuesday, November 21, 2006

SQL Server 2005 - Tips-tips (bag. 1)

1. Jika kita me-manage db yang memiliki table dengan banyak index, dan ternyata performance-nya semakin menurun, maka kita bisa mengira bahwa ada index yang tidak terpakai. Untuk menemukan index yang tidak terpakai, kita bisa menggunakan dynamic view : sys.dm_db_index_usage_stats

2. Jika kita punya proses import data tiap malam, kita ingin memastikan data yang sudah ada akan ter-update. Jika kebetulan record tidak ada, maka data akan di insert. Yang perlu kita lakukan adalah membuat sebuah CLR trigger.
Menurut BOL:
Triggers written in a CLR language differ from other CLR integration objects in several significant ways. CLR triggers can:
• Reference data in the INSERTED and DELETED tables
• Determine which columns have been modified as a result of an UPDATE operation
• Access information about database objects affected by the execution of DDL statements.
• These capabilities are provided inherently in the query language, or by the SqlTriggerContext class.

3. jika kita ingin membuat aplikasi yang dapat menyimpan dokumen asli sebagai dokumen xml dan bisa di ambil persis seperti aslinya, kita bisa melakukannya dengan membuat kolom bertipe xml.

4. Jika kita ingin memastikan view yang kita buat tidak terpengaruh oleh modifikasi table, maka saat create view pastikan menambah “WITH SCHEMABINDING”. Artinya, ketika kita mengubah table, sql server akan memunculkan eror karena ada view yang bergantung pada table tersebut.

No comments:

Post a Comment

Komentar Terbaru