Monday, April 23, 2007

Nyoba OpenCMS

Berangkat dari bertanya di milis JUG Indonesia, apa CMS yang sepowerful DotNetNuke di Java dan mudah digunakannya juga, lalu dapat jawaban yang bervariasi ini :

--> Coba2 deh opencms.org. Sapa tau cocok :D

--> Kalau CMS gw gak recommend pake yang Java, selain karena memang belum ada CMS di Java yang sebagus CMS di PHP.

--> Siapa bilang, gue ada openmarket, US$ 150.000 :) PHP gak ada udelnya dibandingkan ini, approval content management, multiside, agregator fitur, dan bisa customization, FYI, blueoxygen aconix maunya buat seperti ini :) tetapi kesibukan jadi gak terusin.

--> Kalo saya udah coba punya IBM Content Manager. Itu sudah lengkap fitur2nya dan bisa di custom.

Lalu tadi malam saya coba-coba install opencms. Dan ternyata...
(Roll drum please...)
...
Mudah sekali instalasinya.
Tinggal copy file opencms.war ke dalam %CATALINA_HOME%/webapps.
Restart Apache tomcatnya.
Setelah di ekstrak, saya masuk ke IE dan menjalankan http://localhost:8080/opencms/setup/
Klak-klik-klak-klik,
Selesai deh.

Semudah instalasi Dotnetnuke! (Norak yeh... Maklum, masih bau kencur di JAVA)
Tampilan administrasinya juga bagus. Bisa lihat digambar ini :

Ada tiga pilihan sebetulnya. Model Explorer, Model Administration (macam CMS Joomla / Mambo administration) dan model workflow.
Sekarang, tinggal coba-coba membuat modulenya lalu diupload ke opencms yang sudah terinstall.

2 comments:

Anonymous said...

mas Adi ini kalo udah ngomong kayak gini, bikin saya ngelongo aza...

adiwirasta said...

@Mashuri => Walah pak.. bidang saya ini..
Ga ada ide lain, yaa, jadinya nulis tentang programming.

Kategori

info (205) foto (133) komentar ga penting (128) fotografi (123) Technology (104) Kantor (95) website (88) blog (84) Jakarta (78) comic strip (75) bisnis (71) karir (51) suara hati (51) senda-gurau (50) wisata (38) Bekasi (37) Internet (34) manajemen (31) kuliner (22) selebritis (21) soccer (21) Navision (20) iklan (14) kasus (14) sql server 2005 (13) buku (11) Greeting (10) movie (10) komik strip (9) novel (9) programming (9) televisi (9) Banjir (8) VCD/DVD (8) kopi (8) Vanessa (7) billiard (7) hypermarket (7) bogor (6) kesehatan (6) rumah (6) old document (5) Terios (4) basket (4) guru (4) Axapta (3) bioinformatika (3) azure (1)

My Instagram