activo | asset management system

Thursday, May 03, 2007

Compiere




Compiere adalah solusi software Enterprise Resource Planning (ERP) dan Customer Relations Management (CRM) terintegrasi yang mengkombinasikan keunggulan point of sales (POS), distribution, inventory, e-commerce, accounting, dan workflow systems didalam satu aplikasi. Compiere sangat mudah dimodifikasi sesuai kebutuhan perusahaan dan dibuat untuk menghandle tantangan bisnis global.


Kenapa kita harus memakai Compiere
Produk ini Freeware alias gratis. But there's no free lunch. Kalau anda membutuhkan support dari Compiere langsung, sama seperti stiker di mikrolet-mikrolet yaitu "Naik Gratis-Turun Bayar", maka di Compiere "Pakai Gratis-Nanya Bayar".

Compiere sudah memiliki semua fitur yang bisa dipakai dalam sebuah perusahaan manufacture atau jasa. Build of Material untuk manufacture, produk retail-non retail, dan pendapatan dari jasa fiturnya sudah tersedia. Tergantung mau di custom-nya seperti apa dan sejauh apa.

Modifikasi bagi developer JAVA pun mudah sekali. Jika akan menambah kolom didatabase, lalu kolom itu mau tampil di UI, cukup di custom dari form-nya tanpa menambah code JAVA.

Benchmarking
Dalam dunia ERP berbasis JAVA, terdapat beberapa aplikasi tandingan Compiere. Diantaranya adalah Opentaps dan Adempiere. Berikut sedikit perbandingan Compiere vs Opentaps dan Compiere vs Adempiere berdasarkan pengalaman beberapa profesional JAVA.

#Compiere vs Opentaps
- Installasi compiere lebih mudah. Sedangkan Open taps yang sudah terinstall ternyata masih banyak bugs.
- Dilihat dari segi software-nya sendiri. Open taps sepertinya lebih di khususkan kepada online webstore, jadi arsitekturnya mempermudah perusahaan yang mau berjualan barang di internet.
- Dari setup data, walaupun dua-duanya fokus ke produk, dalam arti sebagian besar entity yang ada menempel erat dengan sebuah produk. Tetapi opentaps membutuhkan effort yang lebih besar dalam hal menambahkan sebuah produk, terlalu banyak
field yang harus di isi, padahal fieldnya belum tentu dibutuhkan.

#Compiere vs Adempiere
- Adempiere memiliki sedikit keunggulan dalam masalah reporting. Adempiere mendukung Jasper Report sedangkan Compiere tidak.
- Dari segi support, Compiere jelas lebih unggul. Adempiere masih muda, a.k.a baru mulai. Dan belum ada support yang jelas.

*************************************

Sumber Pustaka :
- Milis Java User Group Indonesia.
- www.compiere.org

1 comment:

  1. wah..nyesel baru baca sekarang :(
    waktu itu nyari2 artikel tentang ERP...
    sekarang malah udah mau keluar dari tempat kerja :p

    ReplyDelete

Komentar Terbaru