activo | asset management system

Monday, July 02, 2007

Info PIN ATM dan kita

Begitu ada berita seperti ini:
Jika anda sedang terancam jiwanya karena dirampok/ditodong seseorang untuk mengeluarkan uang dari atm ,maka anda bisa minta pertolongan diam2 dengan memberikan nomor pin secara terbalik ,misal no asli pin anda 1254 input 4521 di atm maka mesin akan mengeluarkan uang anda juga tanda bahaya Ke kantor polisi tanpa diketahui pencuri tsb.Fasilitas ini tersedia di seluruh atm tapi hanya sedikit orang yang tahu tolong kasih tahu kepada yang lain.

Langsung sebagian pengguna internet ramai-ramai memforwardnya, baik melalui eMail maupun YM.

Untungnya, Om Pri mampu memberi jawaban kalau ternyata berita tersebut adalah hoax.
Jawabannya bisa dilihat disini: HOAX PIN ATM

Kenapa masih ada yang ga sadar kalo info itu adalah hoax?
1. Mungkin karena sepenggal kalimat yang agak provokatif ini: "tolong kasih tahu kepada yang lain" dan tanpa sadar langsung dicopy paste trus disebarkan.
2. Tingkat kriminalitas yang tinggi menyebabkan kita jadi paranoid dan tanpa sadar langsung dicopy paste trus disebarkan.
3. Mungkin takut dikira basbang dan tanpa sadar langsung dicopy paste trus disebarkan.

Satu hal yang pasti, naluri alamiah manusia selain makan adalah berlindung. Ketika ada ancaman, otomatis manusia akan melawan. Tidak setiap saat manusia bisa siap melawan saat ada ancaman. Salah satu cara untuk menangkal ancaman adalah mengetahui bentuk ancaman-ancaman tersebut. Jadi, memang ga heran kalau ada info-info yang bersifat menangkal ancaman langsung diterima dengan mentah-mentah. Padahal belum tentu benar. Seperti berita bohong jarum AIDS di bioskop. Jika ada yang sudah pernah membacanya, saya yakin, orang tersebut akan meraba-raba bangku tiap kali ia nonton ke bioskop.

Saya hanya berharap, semoga teman-teman pengguna internet untuk tidak mudah terpengaruh dengan info-info yang kira-kira agak nyeleneh. Memang sih tidak ada yang dirugikan. Tapi dengan tumbuhnya sikap waswas yang tidak beralasan, takutnya kita jadi orang yang gampang terprovokasi. That's it.

5 comments:

  1. wah... pas banget ini, barusan gw teh dapet imel beginian nih... ya sutrah... nggak usah nyoba2 lagi :)

    ReplyDelete
  2. Aku juga dapat email yang begini nih. Ternyata hoax ya. Untung udah baca di sini kemarin penasaran pengen nyoba.

    ReplyDelete
  3. Pas Baca email kaya gini, langsung kepikiran kalo ini hoax. tapi penasaran pengin coba juga, sebelum di coba dah dapet jawabannya...

    ternyata memang hoax

    ReplyDelete
  4. Aku termasuk korban hoax..parno sih...setelah itu mikir...kalau pas terjadi perampokan pada saat yg sama di beberapa tempat, terus polisinya mo kemana tuh? .. baru sadar..:((

    ReplyDelete
  5. pagi2 benar kemaren sudah beredar artikel gini di milis2 ku.. tapi sorenya langsung ada bantahan nya..

    he..he.. its only hoax

    ReplyDelete

Komentar Terbaru