activo | asset management system

Saturday, March 15, 2008

Curhat Tentang Bolanova I (Kuantitas dan Kualitas)

Ternyata, mengurus blog yang lebih profesional, susahnya minta ampyuun...

Bolanova.com adalah blog yang saya kelola bersama teman SMA, Andy. Disini, saya mengelola blog bola dengan sungguh-sungguh. Tidak main-main. Serius. Percaya deh. Walaupun dalam menulis, saya banyak berkelakar ga karuannya. Mungkin efek dari keseringan nulis topik ga penting disini.

Bolanova itu bisa dibilang 50% lebih seperti koran. Karena tiap hari harus di update. Dan untuk mengupdate tiap hari, bukan perkara mudah. Kalau memiliki pengetahuan soal bola yang masih dangkal, otomatis kadar kualitas tulisannya bisa dibawah standar. Kecuali tulisannya hanyalah berupa lansiran dari berita/artikel orang luar negeri. Nah, kalau tiap hari di update tapi kualitasnya buruk, percuma saja toh.

Belum lagi kalau tulisan kita dibilang ga bermutu. Padahal nulisnya sudah makan waktu 1-2 jam. Waduh... Otomatis dongkol dong. Tapi, mau ga mau, kondisi seperti itu harus dianggap pembelajaran. Dicaci lagi, anggap lagi pembelajaran. Dimaki lagi, anggap lagi pembelajaran. Pokoknya tidak ada habisnya untuk selalu menganggap pembelajaran.

Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya ingin bilang kalau ternyata, menjadi pekerja media alias wartawan atau penulis itu memang tidak mudah!

Selama ini, saya beranggapan, jadi pekerja IT bisa dibilang pekerjaan yang sulit. Kenapa? Ilmunya cukup susah. Kita harus mempelajari bahasa pemrograman lalu mengimplementasikannya supaya menjadi sebuah produk/software. Sedangkan wartawan/penulis majalah, cukup banyak baca, lalu, tinggal dimuntahkan di depan komputer hingga beribu-ribu teks. Beres. Tapi, apakah hanya itu saja? Ternyata tidak. Kalau sekedar memuntahkan dan menjadi sebuah artikel, semua orang bisa. Tapi kalau memuntahkan informasi yang kita punya, lalu di olah supaya menjadi tulisan yang elegan dan enak dikonsumsi, semua orang belum tentu bisa. Kalau ada bakat, mungkin belajar menulis 2-3 minggu, selesai perkara. Tapi kalau tidak punya bakat, otomatis, pameo 10-90 harus diterapkan. 10 bakat dan 90 kerja keras!

Komentar Terbaru