activo | asset management system

Wednesday, March 24, 2010

Cari Kerja di Lahan Bioinformatika

Hari minggu kemarin, saya bertemu dengan adik kelas saya dari Ilkom IPB angkatan 43 (angkatan 2006). Kita ngobrol-ngobrol seputar kampus dan dia sempat menanyakan, "Waktu skripsi, topiknya apa bang?"

"Bioinformatika." Jawab saya.

"Wah keren tuh. Tapi sayang, sekarang ga ada peminatnya di Ilkom, hehe..."

"Emang sih. Karena dengar kata bio-nya saja, orang komputer udah males karena pasti berhubungan dengan biologi. Padahal, unsur biologinya malah sedikit. Lebih banyak matematikanya." Saya agak ngebohong sedikit karena sebetulnya lebih banyak programingnya.

Jujur saja, bioinformatika memang lahan yang kering kalau di Indonesia. Kebutuhan dilapangan pekerjaan juga hampir tidak ada. Otomatis, jika memang berminat untuk bekerja dibidang bioinformatika, kita harus bisa berbahasa inggris plus modal yang tidak sedikit. Karena untuk mendapatkan kerja dibidang bioinformatika, kita harus berani pergi keluar negeri.

Dan sebelum keluar negeri, kita harus tentukan pilihan negara mana yang ingin kita singgahi. Jika modal kita hanya mampu berbahas inggris, menurut saya, Australia lumayan berkembang untuk bidang bioinformatika.

Untuk mengetahui dan mencari kerja dibidang bioinformatika, silahkan baca-baca disini.

Komentar Terbaru