Wednesday, May 30, 2007

"Kejujuran" is action, not talking

Tadi pagi, saya melakukan penawaran pembuatan Aplikasi POS Apotik dan Medical Record System kebeberapa milis programming Indonesia. Dan luar biasa, responnya cepat sekali.
Ada yang langsung diskusi via YM, ada yang via email sendiri(japri).

Dari sekian banyak diskusi(atau negosiasi) akan penawaran ini, ada satu orang(atau perusahaan) yang membuat saya jadi tersenyum. Anggaplah ia si Mr X.

Setelah saya diskusi sana-sini, datanglah email dari Mr X. Katanya :

Hallo Mas Adi,

Bersama datangnya email ini Saya menawarkan Jasa pembuatan Aplikasi POS Apotik dan Medical Record System seperti yang Anda Butuhkan. Adapun biaya dari pembuatan Sistem tersebut adalah n Jt dan Saya akan selesaikan dalam waktu n Bulan(Untuk Research dan Implementasi). Adapun pengalaman dalam pembuatan Saya dalam pembuatan software agar dapat menjadi pertimbangan adalah sebagai berikut :
- Sistem untuk perusahaan yyy
- Sistem untuk Cafe yyy
- Sistem untuk Rental VCD yyy
dll.

Best Regards


Lalu saya reply (pertama dari saya) :

Kalau yang sudah jadi ada tidak?
Jadi anda tinggal modifikasi. Itu dulu.

Mr X me-reply kembali :

Hallo Mas Adi,

Sebelumnya terima kasih untuk response nya.
Saya sekarang dalam proses pembuatan aplikasi untuk Puskesmas.
Cuma Saya dan Pihak Puskesmas sudah membuat kesepakatan untuk tidak mempublish/memodifikasi dari Sistem yang ada untuk diperjual belikan. Dan Saya konsisten dengan hal tersebut.
Sehingga jika nanti Mas Adi tertarik dan sepakat untuk menggunakan Jasa Saya, Saya akan melakukan programming dari awal dan secara konsep yang saya terima yang dapat ambil dari model yang saya buat dari Puskesmas tersebut. Sehingga Saya menargetkan range waktu 2 bulan untuk berjalannya Sistem POS Apotik dan Medical Record System tersebut. Demikian informasi dari Saya. Semoga bermanfaat.

Lalu saya reply kembali (kedua dari saya) :

Diem-diem aja pak. Butuh cepet.

Dan ini reply terakhir dari Mr X yang membuat saya tersenyum:

Hallo Mas Adi,

Sebelumnya thanks buat response nya.

[...]
Untuk memodifikasi Saya tidak berani Mas karena Saya udah terikat MOU dan Saya mo sehat + jujur + bisa dipercaya dalam berbisnis. Saya harap dapat dimengerti.
[...]

Thanks

Gilaaa... Baru kali ini saya ketemu sama programmer yang jujur!!!
Entah programmer internal atau freelancer atau owner sebuah software house, tapi intinya, kok ada yah orang/pekerja IT jujur kayak begini???

Luar biasa. Seandainya saya punya perusahaan IT, saya bakal hire yang kayak gini. Mo gaji berapa, terserah!
Angkut!!

Note:
- Mohon maaf bagi yang Mr X jika anda membaca blog entry ini dan menganggap kurang berkenan. Bisa dihapus kok.
- Email diatas sudah banyak edit sana-edit sini alias dipotong-potong. Jujur loh...
- Kalau anda bingung dengan judul diatas, saya juga. ^_^ v

4 comments:

B-a-r-r-y said...

Judulnya seharusnya: "Ayo Jujur, Biar Saya Ceritakan Di Blog Saya" :)

Unknown said...

Tukang ketik jujur kaga... aku ada lowongan buat tukang ketik...jujur kan? gaji kaga bisa terserah...liat kondisi keuangan...Angkut!!!

adiwirasta said...

@Barry : Pak Barry jangan gitu ah...
Jadi ga enak neh. Saya menceritakan ini karena kejujuran adalah sesuatu yang langka. Berhubung semenjak saya nge-blog, dimulailah kehidupan yang penuh sikap impulsif. Ada yang nyentil dikit, saya jadi kepingin menceritakannya. Kalau ga ada yang macem2, saya ga bakal cerita kok.
Tapi seharusnya emang ga boleh cerita sih soal kayak gini. Menyangkut kredibilitas juga. Tapi tak apalah. Kalau tidak berkenan khan bisa dihapus toh.

Ngomong-ngomong, kredibilitas apa sih? Jujur nih ga tau...


@Sekarindo Bakti group : Jujur saja kalau saya kagak jujur. Jujur khan? Jadi jujur saja kalau saya tertarik dengan tawaran anda. Sekali lagi jujur khan?

Anonymous said...

bah..bah..bah..lupa die...
ini yg duduk disebelahnya joejoer, baek ganteng lagee..pake bilang gak ada yg jujur heuheuheu..pizz ahh

Kategori

info (205) foto (133) komentar ga penting (128) fotografi (123) Technology (104) Kantor (95) website (88) blog (84) Jakarta (78) comic strip (75) bisnis (71) karir (51) suara hati (51) senda-gurau (50) wisata (38) Bekasi (37) Internet (34) manajemen (31) kuliner (22) selebritis (21) soccer (21) Navision (20) iklan (14) kasus (14) sql server 2005 (13) buku (11) Greeting (10) movie (10) komik strip (9) novel (9) programming (9) televisi (9) Banjir (8) VCD/DVD (8) kopi (8) Vanessa (7) billiard (7) hypermarket (7) bogor (6) kesehatan (6) rumah (6) old document (5) Terios (4) basket (4) guru (4) Axapta (3) bioinformatika (3) azure (1)

My Instagram