Monday, June 04, 2007

QlikView, software BI yang WOW! [1]

Kalau mau mencoba aplikasi BI yang akan membuat anda berkata “WOW!”, cobalah QlikView.


Anda: Apa sih QlikView?

Ini katanya :
QlikView is a program that makes it possible to retrieve and assimilate data from different sources. Once loaded into the program, the data is presented in a way that is easy to understand and work with.

To make selections in QlikView, you don’t need any previous knowledge of databases or search routines: you simply click on the item of which you want to know more. The clicked item turns green, and the program immediately presents all the items associated with the selected one.

Graphics and tables can be created to get an even better overview of data. Any graphic or table can be printed or exported to other programs.

QlikView comes in three flavors called QlikView Enterprise, QlikView Professional and QlikView Analyzer.


Anda: Cara pakainya gampang ga?

Gampang ga yah... Ga tau juga sih. Langsung aja deh. Dicicipi yuk…

#1. Buat ODBC yang targetnya database Northwind. Misalkan kita beri nama DSN-nya "Nortwinds".

#2. Klik edit script atau Ctrl+E > kita akan mendapati screen seperti ini :



#3. Klik tombol connect > screen yang muncul akan seperti ini :



Pilih “Northwinds”

#4. masih didalam tab Data – Database, klik tombol ‘Select…’. Untuk percobaan ini, kita pilih dari database northwind dua table yaitu Orders dan "Order Details" > klik ok.

#5. setelah memilih kedua table, save dulu pekerjaan kita. Simpan di folder mana aja.

#6. klik tombol reload di tool bar / masuk ke menu File – Reload / tekan Ctrl + R untuk menarik data dari database Northwind. Proses ini mirip dengan proses Extract-Transform-Load(ETL) di sql server BI Services.

#7. Jika selesai, seharusnya cepat, karena database Northwind memiliki data yang kecil, kita ke langkah selanjutnya. Di Sheet Main yang masih putih alias kosong, klik kanan > klik properties. Pada tab Fields, pilih 2 field yaitu OrderID dan quantity dengan mengklik 2 kali atau menekan tombol Add > Klik OK.

#8. tampilan yang didapat seharusnya seperti ini:


Sekarang kita coba mengklik OrderID-OrderID yang ada dan detail dari quantity per orderID akan selalu berubah. Untuk mengetahui kebenarannya, kita bisa query data di sql query analizer :


Sampai sini saja sudah terlihat mudahnya memakai QlikView. Gampang khan?

Wow!

2 comments:

Anonymous said...

Ok banget mas, sungguh info yang bagus, tapi softwarenya kok nggak bisa download...tolong yah

Anonymous said...

untuk software yang tidak bisa, seharusnya bisa. Seandainya sekarang sudah tidak bisa, mungkin dari Qlikview nya ada perubahan penjualan. Saya sendiri sebelumnya mendapat dari teman. Jadi belum pernah donlot. Dan dia sendiri mendapatkannya juga download.

Kategori

info (205) foto (133) komentar ga penting (128) fotografi (123) Technology (104) Kantor (95) website (88) blog (84) Jakarta (78) comic strip (75) bisnis (71) karir (51) suara hati (51) senda-gurau (50) wisata (38) Bekasi (37) Internet (34) manajemen (31) kuliner (22) selebritis (21) soccer (21) Navision (20) iklan (14) kasus (14) sql server 2005 (13) buku (11) Greeting (10) movie (10) komik strip (9) novel (9) programming (9) televisi (9) Banjir (8) VCD/DVD (8) kopi (8) Vanessa (7) billiard (7) hypermarket (7) bogor (6) kesehatan (6) rumah (6) old document (5) Terios (4) basket (4) guru (4) Axapta (3) bioinformatika (3) azure (1)

My Instagram