activo | asset management system

Monday, August 13, 2007

Hentikan SMS Sampah Kalian





Hari ini Detiknet memuat Kolom Telematika berjudul "SMS Spam, 'Sampah' Menggiurkan" yang ditulis oleh Ventura Elisawati. Dikatakan bahwa SMS ternyata tak cuma menggiurkan operator dan penyelenggara SMS premium saja. Dengan jumlah pengguna ponsel di Indonesia yang sudah mencapai sekitar 80 juta, bisa dipastikan menjadi sasaran potensial untuk berpromosi, kampanye pilkada maupun pesan-pesan komersial lainnya.

Maka tak heran sejumlah perusahaan besar berlangganan sms secara bulk yang dimanfaatkan untuk kepentingan Customer Relationship Management (CRM), dan tak jarang juga berpromosi. Mereka mengirimkan pesan promosi ke sejumlah nomor ponsel tanpa persetujuan pemilik nomor. Dan itu yang kini kerap disebut SMS sampah.

Meski belum ada definisi yang jelas, menurut BRTI, SMS spam itu termasuk larangan yang diatur dalam Undang-Undang (UU) 36/1999 tentang Telekomunikasi. Pasal 21 dalam UU itu menyebutkan, penyelenggara telekomunikasi dilarang melakukan kegiatan usaha penyelenggaraan telekomunikasi yang bertentangan dengan kepentingan umum, kesusilaan, keamanan, atau ketertiban umum.

Solusi
Solusi yang ditawarkan oleh penulis adalah seharusnya pengguna diberi pilihan apakah SMS-nya bersedia untuk dikirimi aneka promosi atau tidak. Persoalannya, maukah operator telekomunikasi dan penyelenggara jasa SMS premium mengambil inisiatif dalam penyelesaian masalah ini?

Kalau tidak mau, solusi yang saya tawarkan akan seperti ini, kumpulkan seluruh hacker di Indonesia, lalu ramai-ramai me-deface situs-situs resmi operator telekomunikasi yang tidak mau menyelesaikan masalah SMS Spam dan ditulisi "HENTIKAN SMS SAMPAH KALIAN!!!" Selesai khan?

13 comments:

  1. Saya juga agak keki dengan sms2 sampah macam itu, bukan apa2 soalnya hape saya tu hape jaman majapahit yang memorinya terbatas banget, jadi kalo banyak sms sampah kaya gitu yang masuk sering menuhin inbok, dan sms yang beneran (bukan sampah) jadi gak bisa masuk. Salah satu solusinya, kmaren saya ketemu temen yang kerja di salah satu provider yang kebetulan saya pake, akhirnya saya minta supaya nomor saya jangan dikirimi lagi sms2 gak jelas kaya gt, so udah 2 minggu ini saya bisa tidur nyenyak terbebas dari gangguan2 sms gak jelas...

    ReplyDelete
  2. setuju sama ide yang terakhir itu.. :D

    ReplyDelete
  3. setuju sama ide yang terakhir itu.. :D

    ReplyDelete
  4. Setuju ama ide itu. Aku suka sebel nerima sms kayak gitu. Sebel banget. Kalo ketemu orangnya pengen dijitak, abis sms nggak kenal waktu.

    ReplyDelete
  5. perNah pas LagI meetIng sMs BunYi kaRena LuPa diGetarIn. uDah maLu kaRena diTegOr saMa aTasaN eh...cuMa sMs nGGaK penTinG iTu..seBel banGeD.

    ReplyDelete
  6. rakhmat7:06 PM

    kalau ada yang mau bikin petisi untuk menolak sms sampah ini saya ikutan

    ReplyDelete
  7. Hmm ...kalau bisa dihentikan nyaman juga. Kadang bukan hanya sampah sms, tapi telepon nawarin barang...entah darimana dia dapat no hp nya.

    ReplyDelete
  8. OrangeMood8:02 PM

    hehehe... memang sms spam menyebalkan, saya pernah bilang ke teman saya, kalau saya bosnya operator baru (waktu itu pas Three mau masuk) saya akan promosikan "No SMS Spam" jadi misinya operator yang benar2 profesional dan exlusive... hahaha ngimpi lagi...

    ReplyDelete
  9. klo si hacker malah bantu si operator sms sampah bagaimana tuh mas ??

    ReplyDelete

  10. @Joell de Franco:
    Mas, temannya bisa di kasih tau ga siapa orangnya? Kalau indosat, mau dong no yang bisa dihubungin, hehehehe... mo minta kayak situ biar ga di ganggu lagi...

    @Dhona:
    Jitak direkturnya aja bu. Khan bisa masuk media massa tuh, abis itu blognya ngetop deh... hehehehe....

    @JustYulia:
    Wah lia, nasibmu sama dengan nasib ku. lagi serius meeting juga pernah tuh dapet sms sialan itu. bete.

    @rakhmat:
    oh iya, tambahan solusi satu lagi, petisi online. Thanks bro...

    @edratna:
    kalau nawarin barang sampai saat ini saya ga pernah sih bu. tapi kalau ditawarin kartu kredit dan cicilan tanpa agunan sering banget. Tapi seneng juga sih, berasa artis. Dicari2 orang, hahahaha....

    @OrangeMood:
    wah pak, itu ide marketing yang briliant banget.

    @CempLuk:
    Hacker itu ada yang baik dan ada yang jahat. Ada yang orientasi uang ada yang idealis. Kita cari hacker yang baik dan yang idealis. Tapi susah juga sih nyari hacker. Kita harus bisa masuk lingkungan mereka. Tapi nyatanya hacker yang baik dan yang idealis masih butuh uang, jadi bikin lomba saja. Siapa yang bisa nge-deface situs-situs resmi operator penyebar sms spam, dapat Honda JAZZ. Setuju?

    ReplyDelete
  11. SPAM merajalera ke sms segala yaaa... hehehe.

    Kalo dpt sms sprt itu udh langsung delete aja, ambil yang gampangnya aja... :D

    ReplyDelete
  12. saya juga langsung delete, cuma kadang rada gerah aja keseringan seh :(

    ReplyDelete
  13. emang paling sebel dapet sms sampah! sumpah ...

    ReplyDelete

Komentar Terbaru