activo | asset management system

Tuesday, August 21, 2007

Peta Liga Champions 2007-2008 [1]

Liga Champions 2007-2008 sudah dimulai. Tidak ada salahnya kita membicarakan peta kekuatan klub-klub sepakbola kelas dunia. Kali ini Tukang Ketik dan rekan, Andi Nahil Gultom, akan ngobrolin raja-raja di benua Eropa yang punya tradisi kuat menelorkan juara-juara Champions.
Tim-tim kuat yang akan diulas adalah:
- AC Milan
- Inter Milan
- Bayern Muenchen
- Chelsea
- Arsenal
- Manchester United
- Liverpool
- Real Madrid
- Barcelona
Masing-masing tim akan diulas perkesempatan. Dimulai dari AC Milan, Inter Milan dan Bayern Muenchen.

AC Milan
Kans AC Milan:
Final atau Juara

Counter Strategy:
Maaf jika saya terlalu bombastis jika mengatakan AC Milan akan juara lagi tahun ini. Akan tetapi fakta di lapangan menunjukkan seperti itu. AC Milan adalah tim yang sangat handal di sistem gugur seperti di LC, hal ini akan berbeda dengan di Liga Italia, mereka cenderung "ogah-ogahan". Fokus AC Milan dari tahun ke tahun adala LC, LC dan LC. dalam 4 tahun terakhir AC Milan selalu masuk, minimal semifinalis maksimal adalah juara.

Bagaimana menghadapi Milan? Sebenarnya ada banyak sekali kelemahan Milan, mulai dari pertahanan yang kurang kokoh, usia rata-rata pemain yang tua, striker yang tumpul, dll. Akan tetapi Milan tetaplah Milan, mereka mampu menutupinya lewat kolektivitas timnya. Milan senang bermain cantik dan indah, artinya lawanlah dengan permainan keras, pressure ketat, dan bermainlah secara cepat melalui sayap.

Satu lagi, lawan harus bermain dengan umpan lambung maupun crossing, karena kiper dan bek-bek Milan lemah dalam posisi-posisi tersebut.


Inter Milan
Kans Inter Milan:
Perempat Final or Semifinal

Counter Strategy:
Inter adalah tim yang "jelek" secara mental, padahal pemain-pemain mereka "sangat mengerikan", mungkin jauh lebih bagus daripada pemain AC Milan maupun Barcelona sekalipun. Inter sangat sering kalah dalam sistem gugur seperti LC. Artinya pelatih mereka harus mampu memotivasi pemain-pemainnya untuk bermain lebih baik.
Cara menghadapi Inter? Bermain dengan serangan balik, fokuskan pada pemain-pemain yang bagus dribblingnya untuk menembus pertahanan Inter, yang beknya cenderung menjaga secara man to man marking, hal ini sukses dilakoni Valencia tahun lalu, yang menamatkan Inter di LC. Satu lagi, berusahalah mencetak gol terlebih dahulu.


Bayern Muenchen
Kans Bayern Muenchen:
Semifinal

Counter Strategy:
Tahun lalu Bayern hanya kalah oleh AC Milan. Bermain seri 2-2 di Milano, Muenchen malah kalah 0-2 di kandang sendiri. Kuncinya ? kualitas teknik. Muenchen sering bermain aman, dan hanya dapat dikalahkan oleh tim yang bermain terbuka dan menyerang. Meskipun cukup berisiko, tetapi hal ini terbukti efektif dilakukan AC milan pada tahun lalu, dengan bermain melebar, memanfaatkan sayap, dan memakai playmaker, dengan mengorbankan seorang gelandang bertahan, ditambah kelemahan pada kiper Oliver Kahn yang sudah mulai lemah refleksnya, Muenchen akan kesulitan.

1 comment:

  1. adi,

    Ulas terus yah.. Dsini jarang ada berita bola adanya footy aja hiks hiks...

    ReplyDelete

Komentar Terbaru