activo | asset management system

Monday, August 06, 2007

Peta Liga Premiership Inggris

Membaca tulisan Mr Anang, Goodbye Liga Inggris, sungguh menyedihkan jika Liga premiership Inggris tidak bisa ditonton lagi oleh pemirsa "kere" karena Liga Premiership telah dibeli hak siarnya oleh Astro. Menyebalkan.

Tapi tidak masalah. Biarpun sudah tidak bisa lagi ditonton secara gratis, semangat mengamati sepak bola Inggris harus tetap ada. Sekarang, tidak ada salahnya saya coba mengutak-atik peta liga premiership Inggris memasuki musim kompetisi 2007-2008.

***

Siapa yang bakal juara di liga premiership Inggris?

Melihat pertandingan Community Shield Cup Chelsea melawan Manchester United tadi malam, apakah MU bakal merajai lagi liga premiership Inggris? Belum tentu pastinya.

Coba kita lihat daftar juara liga premiership Inggris dan juara Community Shield Cup selama 15 tahun terakhir:

(Community Shield) 2006 - Liverpool
(Liga Premiership) 2007 - Manchester United

(CS) 2005 - Chelsea (*)
(LP) 2006 - Chelsea

(CS) 2004 - Arsenal
(LP) 2005 - Chelsea

(CS) 2003 - Manchester United
(LP) 2004 - Arsenal

(CS) 2002 - Arsenal
(LP) 2003 - Manchester United

(CS) 2001 - Liverpool
(LP) 2002 - Arsenal

(CS) 2000 - Chelsea
(LP) 2001 - Manchester United

(CS) 1999 - Arsenal
(LP) 2000 - Manchester United

(CS) 1998 - Arsenal
(LP) 1999 - Manchester United

(CS) 1997 - Manchester United
(LP) 1998 - Arsenal

(CS) 1996 - Manchester United (*)
(LP) 1997 - Manchester United

(CS) 1995 - Everton
(LP) 1996 - Manchester United

(CS) 1994 - Manchester United
(LP) 1995 - Blackburn Rovers

(CS) 1993 - Manchester United (*)
(LP) 1994 - Manchester United

(CS) 1992 - Leeds United
(LP) 1993 - Manchester United

Juara Community Shield Cup yang dilanjuti juara Liga premiership Inggris hanya 3 kali dalam 15 tahun. Berarti tim yang juara di Community Shield masih kecil kemungkinan untuk bisa menjuarai Liga premiership. Jadi, kesempatan juara bagi klub Arsenal, Liverpool dan Chealsea masih terbuka lebar.

***

Memasuki babak baru liga premiership, 4 besar klub sepak bola liga Inggris sudah unjuk gigi di pertandingan-pertandingan kecil. Selain itu, faktor pembelian pemain juga mempengaruhi perjalanan masing-masing klub nantinya.

Arsenal. Arsenal sudah menunjukan giginya dengan menjuarai kompetisi kecil Emirates Cup. Ini sepertinya sedikit bukti kalau the young guns sudah tidak lagi muda. Dengan menghajar Inter Milan, apakah Arsenal mampu menghajar MU yang cukup perkasa? Kita tunggu aksi-aksinya.

Liverpool. Memang belum terlihat aksi-aksi Liverpool saat liburan kompetisi liga utama Inggris. Tapi dengan pembelian Fernando Torres, setidaknya Liverpool sudah memasang target setinggi langit untuk menjuarai liga Inggris.

Chelsea. Apakah Kekalahan melawan MU di Community shield sinyal Chelsea bakal menjadi nomor dua lagi? Belum tentu. Kemenangan MU semalam dilalui melalui tos-tosan(adu pinalti). Aksi Malouda benar-benar luar biasa ketika melawan barisan pertahanan MU. Dan saya rasa, seluruh fans Chelsea bakal menaruh harap kalau Malouda bakal menghasilkan aksi-aksi yang gemilang untuk membawa Chelsea kembali merebut tropi juara liga premiership.

MU. Genderang perang sudah ditabuhkan MU lewat pembelian pemain hebat seperti Owen Hargraves, Nani dan Tevez. Dan sudah terbukti, MU berhasil mengalahkan kandidat juara premiership, Chelsea, tadi malam. Kekompakan yang ditampilkan barisan pertahanan dan penyerang MU benar-benar membuat seluruh penonton berdecak kagum. Apakah MU bakal kembali lagi berjaya seperti ketika mereka menjuarai liga champions? Mungkin…

Jadi, siapa jagoan anda?

3 comments:

  1. Anonymous1:20 AM

    Community Shield tdk lebih dr sebuah "gelar" hiburan belaka...wajar saja krn community shield sebelumnya bernama charity shield...

    artinya tidak ada jaminan bagi tim yg menjuarainya ,memiliki kans terbesar utk menjuarai EPL ( English Premier League )...khusus utk tahun ini, dapat dipastikan akan terjadi persaingan sengit, antara MU, Chelsea, Liverpool ( yg membeli banyak amunisi berkualitas )...utk tahun ini Arsenal tampaknya akan "melepas" musim ini dlm rangka pematangan pemain mudanya ( akan tetapi kejutan mungkin terjadi lho )....saya pribadi sendiri tdk terlalu menjagokan salah satu tim, krn notabene saya adalah penggemar liga Italia dgn AC Milan sbg klub favorit saya....tetapi jika dipaksakan, saya akan memilih Arsenal....sungguh nikmat menyaksikan arsenal bermain, lembut, namun dpt seketika merubah tempo secara cepat dan mematikan.....

    ReplyDelete
  2. arsenal bermain lembut? brownies kaleeee...

    Ndi, kasih nama lo dong kalo ngomentar... gw kira hantu. Dah mo gue hapus ajeh, hehehe...

    ReplyDelete
  3. masa sih tv swasta gak ada yang nyiarin liga inggris, padahal kan peminatnya banyak

    ReplyDelete

Komentar Terbaru