activo | asset management system

Monday, December 29, 2008

Facebook: Antara Bikin Autis dan Bikin Kaya

Hampir tiap hari, inbox gmail saya menerima email request pertemanan dari jejaring sosial Facebook. Sebuah kondisi yang sekitar 4-5 tahun yang lalu persis sama ketika Friendster sedang mewabah dikalangan pengguna internet. Dulu, ketika friendster lagi booming, saya hampir tiap hari ngecek FS, apakah ada permintaan menjadi teman. Sekarang, boro-boro dapet request teman dari FS secara FB sedang booming.

Secara kasat mata, terlihat facebook hampir sama dengan friendster. Cuma mencari atau menjaring teman. Tapi sebenarnya tidak. Facebook menawarkan lebih banyak fitur yang tidak ada di friendster, walau akhirnya friendster juga mengeluarkan fitur-fitur tandingan. Apalagi kalau bukan facebook application. Facebook app sangat-sangat unggul sehingga membuat orang jadi betah berlama-lama di situs tersebut. Berbeda kala friendster tidak memiliki Friendster application sehingga tujuan orang datang ke friendster hanyalah cari teman sebanyak-banyaknya, kirim-kiriman pesan berantai, gonta-ganti template, that's it. Nothing more. Lalu datang facebook yang bisa menawarkan metode berteman yang baru dengan facebook app-nya sehingga orang bisa berteman sambil bermain.

Selain itu, boomingnya facebook tidak lain tidak bukan karena tersedianya aplikasi Facebook di Blackberry. Hal inilah yang menjadikan Facebook makin digandrungi oleh generasi muda sekarang, berteman dimana saja, kapan saja tanpa terikat tempat dan waktu.

Tapi, karena bisa berteman dimana saja, kapan saja tanpa terikat tempat dan waktu, malah menjadikan si facebookers ini susah bergaul didunia nyata karena dimanapun dia berada, lebih asik berkutat dengan blackberry-nya dan menjadikan dia sebagai manusia autis dipergaulan nyata. Di meeting, bukannya mendengarkan presentasi malah asik ber-facebook. Inilah sisi negatif dari facebook jika kita tidak bisa menahan diri.

Biar begitu, Facebook tetap menawarkan nilai positif lebih banyak karena dari sisi bisnis, semakin banyak berteman, semakin banyak target pelanggan yang bisa digaet. Yang artinya, semakin banyak calon penghasil uang didapat dari pertemanan via facebook.

Komentar Terbaru