activo | asset management system

Saturday, February 21, 2009

Buah Berbagi Ilmu

Saya ini menggemari blognya si Pierre Lindenbaum. Karena waktu skripsi, topik yang saya garap: bioinformatika. Awalnya, iseng-iseng browsing, ketemu blog si Pierre. Saya subscribe di Google Reader, dan jadilah saya pelanggan tetap blognya. Yang menarik dari blog Pierre, dia tidak segan-segannya membagikan ilmu kepada semua orang yang membutuhkan teknik koding dalam bioinformatika. Dan yang lebih patennya, koding-koding rancangan Pierre, tidak terpaku oleh satu bahasa. Kadang dia pake Java, kadang pake Ruby, kadang pake C++, macem-macem lah.

Barusan, membaca posting ini, saya terkejut dan tidak. Terkejut karena, "Wow... Hoki bener tuh si bos Pierre."
Lalu tidak terkejut karena, "Oh, dia memang pantas mendapatkannya."

Ya, Pierre mendapat undangan meeting ke Jepang karena aktifitas ke blognya. Aktifitas berbagi ilmu. Padahal dia orang Perancis. Secara bahasa Inggrisnya lancar, jadilah orang Jepang kontak-kontak doi dan muncullah email seperti ini:
"We are great fun of your blog and inspired several times by your ideas!

We, the Database Center for Life Science (DBCLS) in Japan, had been working on the standardization and integration of bioinformatics resources, and organized a BioHackathon meeting last year in Japan.[...]"

Ada yang bilang, ngeblog itu sebenarnya me-marketing-kan diri. Kalau kita rajin-rajin berbagi ilmu, orang yang membutuhkan kita terkadang ga segan-segan mengontak dan minta bantuan yang UUD -> Ujung Ujungnya Duit (atau sesuatu yang setimpal). Nah, orang Jepang butuh kepintaran si Pierre, jadilah tuh orang bisa liat pohon sakura :-)

Komentar Terbaru