Wednesday, April 15, 2009

Malangnya Novell Netware & Sombongnya Windows Server 2008

Lain ladang lain belalang. Begitu kondisi sekarang yang saya alami. Pindah kekantor baru, banyak masalah baru yang saya hadapi. Kalau dikantor lama biasanya saya hanya ketemu barang keluaran Microsoft, kini saya harus dihadapi dengan barang sakti bernama Novell Netware.

Dikantor baru, saya ketiban kerjaan merawat software buatan orang luar. Softwarenya berbasis Fox Pro. Sebelum saya pindahkan ke server baru, aplikasi yang dipakai oleh salah satu divisi dikantor saya ini ditempel di PC berbasis Windows XP. Hingga belum dipindahkan, permasalahannya adalah ketika si PC mengalami kerusakan, seluruh pengguna aplikasi tidak bisa pakai. Akhirnya diputuskan untuk dipindah ke komputer yang lebih layak: HP Proliant ML110. Saya dan tim berhasil menginstal windows server 2008 di HP Proliant itu dan hanya dalam waktu sehari, aplikasi berhasil dipindahkan.

Ternyata, proses migrasi aplikasi tidak berhenti sampai disitu. Salah satu modul diaplikasi ini ada proses tarik data dari aplikasi utama dikantor saya yang berbasis Novel Netware 4.11 dengan program yang dikembangkan diatas Clipper dan database diatas DBASE 3. Saya cek apakah di local area Network connection properties milik Windows Server 2008 tersedia IPX, protokol network keluaran NOVELL, ternyata tidak ada. Saya cek ke situs Microsoft, ternyata WINDOWS SERVER 2008 SUDAH OGAH MELADENI NOVELL NETWARE...!!! (bukti)

Sadis bener dah Microsoft...

Jadi, saya coba cari tools supaya Windows Server 2008 sombong ini bisa konek ke jaringan Novell. Saya download novell client for windows vista-2008 dari Novell.com. Install. Wah, berhasil... Berhasil install doang. Masalah masih belum terpecahkan. Tree dari network Novell kantor saya tidak diketemukan. Setelah dipelajari kembali, Novell client for windows vista-2008 hanya mendukung novell Netware versi 5 keatas. Parah!!!

Terpaksa, solusi virtual server harus digunakan untuk menarik data dari server Novell. So, here I come Mangga Dua... (Nyari DVD VMWare Bajakan maksudnya hehehe...)

Kategori

info (205) foto (133) komentar ga penting (128) fotografi (123) Technology (104) Kantor (95) website (88) blog (84) Jakarta (78) comic strip (75) bisnis (71) karir (51) suara hati (51) senda-gurau (50) wisata (38) Bekasi (37) Internet (34) manajemen (31) kuliner (22) selebritis (21) soccer (21) Navision (20) iklan (14) kasus (14) sql server 2005 (13) buku (11) Greeting (10) movie (10) komik strip (9) novel (9) programming (9) televisi (9) Banjir (8) VCD/DVD (8) kopi (8) Vanessa (7) billiard (7) hypermarket (7) bogor (6) kesehatan (6) rumah (6) old document (5) Terios (4) basket (4) guru (4) Axapta (3) bioinformatika (3) azure (1)

My Instagram