activo | asset management system

Tuesday, February 07, 2012

Pengalaman menggunakan Anti Virus Sophos

Kantor saya menggunakan anti virus Sophos. Anti virus keluaran negaranya David Beckham ini sebetulnya bagus. Tapi beberapa kali anti virus ini membuat saya kalang kabut.

1/ Ketika saya menginstal anti virus Sophos di server NAVISION(server production), anti virus ini konflik dengan entah dengan SQL SERVER 2005-nya atau MS DYNAMICS NAV-nya. Setelah diinstal, NAV saya berjalan amat sangat lambat. Akhirnya, saya uninstall dan NAV saya berjalan lebih mendingan.

2/ Ketika diinstal di server Aplikasi Depo yang menggunakan database PostgreSQL, tiba-tiba aplikasi Depo tidak bisa digunakan. Pesan errornya mengatakan aplikasi tidak bisa melakukan koneksi ke server. Karena aplikasi Depo sangat kritis jika mati terlalu lama, akhirnya saya turun tangan walau saya tidak pernah menyentuh server aplikasi Depo. Saya cek ke di server error-errornya, lalu cek di internet, walau jawabannya tidak tepat, tapi ada petunjuk kenapa bisa tidak bisa konek. Saya menduga Sophos menghidupkan firewall dari server. Ketika saya cek, ternyata benar. Setelah saya matikan firewall windows, aplikasi berjalan normal kembali.

Komentar Terbaru