activo | asset management system

Wednesday, February 08, 2012

Rafael Benitez dan Fernando Torres, Cermin Pemimpin dan Anak Buah yang Baik

Sepakbola itu bisa mengajarkan kita beberapa hal mengenai kepemimpinan. Dan satu hal yang bisa kita dapati mengenai pemimpin dan anak buah adalah bagaimana seorang pemimpin yang bisa masuk ke anak buah, akan membuat si anak buah menjadi hebat dalam pekerjaannya. Contoh dari hal ini adalah Rafael Benitez dan Fernando Torres.

Ketika Fernando Torres masih dipegang oleh Rafael Benitez, kita bisa melihat bagaimana beringasnya Torres dilapangan. Tapi ketika Benitez keluar dari Liverpool, Torres seperti kehilangan pegangan. Permainannya menurun. Diharapkan pindah ke Chelsea dengan mendapatkan perubahan, ternyata tidak. Torres tidak bisa menunjukkan apa-apa. Dulu, ketika Liverpool juara liga Champion 2005, John Ane Riise berkata, Rafael Benitez itu bukan hanya pelatih, tapi juga penyemangat atau motivator yang ulung. Lalu, ada komentar dari Xabi Alonso mengenai Fernando Torres yang tidak menunjukkan performa terbaiknya di Chelsea, menurutnya, dia bisa hebat di Liverpool karena Rafael Benitez bisa mensupport-nya, bisa menjadi ayahnya. Dan memang tidak heran mereka bisa kompak karena mereka berasal dari satu Negara yaitu Spanyol.

Dari contoh ini, kita bisa menyimpulkan, anak buah akan menjadi hebat kalau si pemimpin bisa merangkul. Mendukung dalam segala sesuatu. Jika si pemimpin bisa mengerti si anak buah, maka timnya/organisasinya akan menghasilkan sesuatu yang hebat.

Komentar Terbaru