activo | asset management system

Monday, July 30, 2007

Papayanews vs MyCityBlogging

Tanggal 07-23-2007, saya dapat email dari seseorang bernama Melani Darmawan:
halo adi,

Salam kenal yah :). saya melani. saya baru lihat blog kamu (http://adiwirasta.blogspot.com/). apik blognya,dgn tulisan2 yg
menarik dan menghibur. he2. kalo saya sendiri skg tinggal di jepang, nemenin suami yg kerja di sini sebagai software engineer. duh kadang
kangen loh kl ingat indonesia. bisa pgn cpt2 pulang dah. he2.
[...]

Tebak, bagaimana perasaan saya saat dibilang blognya menarik dan menghibur?

Pastinya seneng (...banget). Ya ya ya, sori narsis lagi. Ok, Lanjut.

kalo kamu berkenan, saya pengen cerita sedikit untuk memperkenalkan kpd kamu tentang http://id.papayanews.com.

ide dr id.papayanews.com ini sebenarnya sbg wadah kumpul2 dan berbagi dalam satu lingkungan/kawasan tertentu. jd bs saling share. misalnya kl ada yang pengen share isu keamanan,isu kriminalitas, ada yg mo bikin garage sale, ato ada yg suka icip2 dan menulis review makanan,atau ada yg suka share resep dan buka usaha spt terima pesanan kue,dll, antara sesama warga, bs dishare ke lingkungan sekitarnya. intinya adalah berita lokal itu jd penting, krn biasanya berita di sekitar kita yg berdampak langsung ke kehidupan kita kan. bukan berita britney spears lagi ngapain yg kita baca di detikhot. kalo masih bingung jg (he2), bayangkan aja papayanews dalam bentuk kertas itu isinya spt media2 kawasan yg skg banyak beredar di mana2, ada info gading, info serpong, info sunter, dll, tp kalo papayanews itu beda karena ini media di mana yg nulis kita2 jg dan yg baca kita2 jg, jd namanya "dari kita - untuk kita". yg jelas papayanews itu gratis, langsung dimuat, gk ada iklan, tulisan2nya jg lbh jujur (apa adanya), pembacanya bs menjangkau seluruh penjuru dunia (wuihhhh.he2) dan real time (coba bayangkan kalo lagi pas ada kerusuhan, boro2 deh kompas bs meliput keadaan masing2 daerah satu persatu dgn lengkap, detail dan saat itu jg). dan satu lg yg paling penting, pengennya papayanews jg bs jd tempat di mana user2nya bs having fun, jd bukan situs yg formal ataupun serius2 amat. gitu loh. dgn visi spt itulah maka teman2 di papayanews men-develop sarana buat user untuk saling berinteraksi yaitu fasilitas sharing blog dan yoo.

[...]

Hmmm... Idenya sih ok. Bikin forum per kawasan. Tapi apa bedanya
Papayanews.com dengan MyCityblogging.com ? MyCityBlogging khan juga per kawasan?

Oh, bedanya jelas jauh sekali.

Papayanews.com adalah blog aggregator sedangkan MyCityBlogging bukan. Jadi kalau kita sudah selesai mengetik di blog sendiri, otomatis muncul di papayanews.com. Sedangkan MyCityBlogging, kita harus ngetik ulang.

Papayanews.com bebas daftar. Beda sekali dengan mycityblogging.com yang mana kita harus menawarkan diri(baca: melamar) sebagai penulis. Katanya sih dibayar. Tapi kalau dibayar ga seberapa, ngapain?

Papayanews.com bisa dikelompokan hingga kecamatan. Jadi, semakin kecil basis kita, semakin bisa mengenal siapa saja blogger yang sewilayah dengan kita. Sukur-sukur bloggernya beda jenis trus bisa diajak kencan(Ngarep...).

Papayanews.com punya yoo yang mirip-mirip dengan twitter atau pownce. Mycityblogging.com gak punya. Asik khan?

Jadi, udah tau banyak perbedaannya, ngapain dibanding-bandingin?

Iseng aja gue sih...

Have a nice day.

8 comments:

  1. >> Sukur-sukur bloggernya beda jenis trus bisa diajak kencan(Ngarep...).

    haha .. setuju mas. Btw, ikutan pownce yah? kalau masih bisa invite, bisa invite saya gak yah ke sirait.milis@gmail.com :)

    ReplyDelete

  2. @sirait:
    dah saya invite tuh.

    btw, tulisan ini sperti comparing apples to oranges yah, hehehehe...
    ga mutu banget. Anyway, thanks dah komen yah.

    ReplyDelete
  3. ini enaknya blog kan. :) bebas nulis apa aja. thanks yah invitationnya

    ReplyDelete

  4. @sirait:
    emang betul pak kalo ngeblog bisa nulis suka2. tapi kalau keseringan, bakal ga ada yang baca lagi. Itulah kalau sudah menjadi milik bersama. Nulis jelek ditinggalin, nulis enteng dikomentarin, nulis berat dicuekin... kadang2 aneh juga nge blog itu, hehehe...

    kok curhat di komen blog yah? sudah lah...
    have a nice day...

    ReplyDelete
  5. blognya suka-suka yang baca juga suka-suka dong....
    tapi tenang aja Di, gw suka baca yang suka-suka kok :D

    ReplyDelete
  6. @r:
    "tapi tenang aja Di?"

    Hadooh ruth, kayak blog gw butuh dibaca aja sih, 50% sih emang iyah. Hehehehe..

    Ga gitu2 amat ahk...

    Duh, gw kok jadi sensi gini yah...

    Tapi kata-kata elo bener juga tuh ruth, "blognya suka-suka yang baca juga suka-suka dong...."

    Bagaimanapun, gw harus kembali ke sini memang: tentang perubahan materi blog

    ReplyDelete
  7. Boleh ikutan daftar juga di PapayaNews???

    ReplyDelete
  8. @iko:
    Boleh Ko, gratis. Daftar aja.

    ReplyDelete

Komentar Terbaru