activo | asset management system

Tuesday, June 19, 2007

BEBO.COM

Apakah anda sudah punya account di bebo.com? jika iya, Pasti anda bakalan bingung, mana orang indonesianya yah…
Ya, untuk situs social networking, friendster masih mendominasi pengguna internet di Indonesia. Pengguna MySpace dan Facebook dari indonesia pun masih sedikit. Padahal di Amerika Serikat, MySpace dan Facebook telah menjadi raja situs social networking. Tapi tidak ada salahnya jika kita menengok salah satu situs social networking yang cukup terkenal juga di dunia, bebo.com.

Tampilan depan(frontpage) cukup mengingatkan Friendster. Cukup ok. Dan masih lebih menarik dibanding facebook(Design facebook memang sederhana sekali, tapi fasilitasnya yang yahud). Tapi kalau dibandingkan dengan MySpace, tampilan bebo masih kalah rame dengan MySpace. So-so lah.


Untuk proses pendaftaran, cukup mudah. Kita bisa lihat digambar ini bagaimana text fieldnya tidak terlalu banyak. Tidak seperti akucintasekolah.com yang pernah saya ulas sebelumnya, terlalu banyak textfield sehingga membuat calon penggunanya il-fil terlebih dahulu.


Tampilan utamanya hampir mirip dengan friendster. Namun yang menarik, kita bisa melihat ada fasilitas Add Skype Now. Menurut bebo sendiri melalui blognya, mereka sudah menjalin kerja sama dengan skype supaya lebih terintegrasi. Sebetulnya, kita pun bisa membuat sendiri aplikasi web yang terintegrasi dengan skype karena skype sudah menyediakan API-nya dan bisa langsung digunakan. Mungkin karena ada kepentingan bisnis, jalin kerja sama adalah pilihan yang strategis.


Fasilitas yang bisa kita lihat lagi adalah Mail. Kita bisa memilihnya dari menu utama dibagian atas. Jika kita klik, kita akan mendapatkan tampilan seperti ini:

Sepertinya sederhana, namun jika kita perhatikan dibagian bawah, kita bisa menambahkan video, photo, album, audio(lagu), drawing, profile, band dan widget.

Fasilitas terakhir yang mau kita cek lagi adalah blog. Maklum, sebagai blogger, saya langsung penasaran dengan fasilitas ini. Tapi sayang, jika kita lihat, fasilitas bloggingnya sungguh menyedihkan.


Untuk fasilitas yang lain, mungkin bisa dicoba-coba sendiri. Dan jangan lupa, cek url Bebo saya di http://adiwirasta.bebo.com.

5 comments:

  1. Makasih lho ulasannya sayangnya diriku nggak sempat mau nyobain. Abis sok sibuk sih selain itu aku kan gaptek sejati jadi agak susah kalo nyobain ini itu. Kalo belajar ama Adi mungkin gaptekku bisa agak berkurang kali ye..

    ReplyDelete

  2. @Dhona:

    Kembali.

    wow, tumben2an ibu-ibu kasih komen di segmen analisa website. dah gitu gaptek sejati pula, hehehe...

    Kalo mo belajar, hmmm... ya tinggal sering2 kunjungi blog saya aja sih. Dan jangan lupa, kasih tau ke orang2 sekitar, "hei, mo ga gaptek, kunjungin adiwirasta.blogspot aja." hqhqhqhq...

    ReplyDelete
  3. Belum nyoba sih....kayaknya lebih asyik dibanding friendster ya

    ReplyDelete
  4. mashuri12:52 PM

    boleh juga nyobain yang ini mumpung gak punya akon difriendster....

    ReplyDelete
  5. wew.. baru tau..
    tenkyuh .. pengen nyobah.. :p

    ReplyDelete

Komentar Terbaru