activo | asset management system

Thursday, August 23, 2007

Peta Liga Champions 2007-2008 [2]

Kalau sebelumnya kita sudah membahas Inter Milan, AC Milan, Bayern Muenchen, sekarang membahas 3 tim terkuat: Barcelona, Real Madrid dan Chelsea.

Barcelona
Kans Barcelona:
Final or Juara

Counter Strategy against Barca:
Barca merupakan satu dari sedikit tim di Eropa yang bermain dengan pola menyerang, dengan menerapkan possession football. Tim lain yang bermain dengan pola seperti ini di Eropa adalah AC Milan. Tim2 semacam ini bermain dengan pola menyerang dan possession football, karena memang dihuni oleh pemain-pemain dengan karakter tersebut plus teknik individual yang tinggi, belum lagi ditambah dengan karakter pelatih tim yang bersangkutan maupun tradisi sejarah tim yang sudah mengakar dari tahun ke tahun.

Berkaca dari pengalaman tahun lalu, ketika Barca dikalahkan oleh Liverpool, kita dapat jelas mengetahui kelemahan Barca. Barca kesulitan menghadapi tim dengan pressure ketat, maupun permainan cepat dan sporadis ala Liverpool. Liverpool menempatkan 5 gelandangnya di tengah, membuat Barca kesulitan melakukan possession football kesukaannya. Barca kesulitan menguasai dan mengatur tempo permainan, dan pada saat yang sama, pertahanan mereka menjadi lemah dan bobol oleh serangan kilat ala Liverpool.


Real Madrid
Kans Real Madrid:
Perempat Final

Counter Strategy against Real Madrid:
Kembalinya Real Madrid ke gelar juara liga Spanyol, tidak dengan serta merta menaikkan posisi tawar mereka kepada juara liga Champions. Seandainya Capello tidak diganti Schuster, saya mungkin akan menaikkan chances mereka ke Semifinal liga Champions tahun ini. Mengapa? Capello adalah pelatih yang mengutamakan hasil, bukan kepada konsep permainan...intinya result...result dan result.

Dengan schuster yang belum cukup teruji, ditambah beberapa pemain Madrid yang baru dan muda usia, "kelabilan" mungkin akan menjadi gambaran perjalanan Madrid di arena liga Champions. Sebenarnya tidak sulit menghadapi Madrid, karena "nama besarnya" di pentas Eropa boleh dibilang tinggal kenangan, dengan mempermainkan tempo, maupun serangan dari sayap, boleh dibilang Madrid akan kesulitan.


Chelsea
Kans Chelsea:
Semi Final

Counter Strategy:
Chelsea adalah salah satu tim dengan pertahanan terbaik di dunia. Di bawah Mourinho, Chelsea berprinsip memulai pertandingan dengan semboyan ASAL JANGAN KALAH. Akibatnya mereka cenderung bermain aman. Track record Chelsea di Liga champions (LC) cukup bagus, mereka tahun lalu kalah dari Liverpool. Kunci menghadapi Chelsea adalah determinasi dan pertahanan yang solid. Tip satu lagi, bermainlah dengan bola bawah karena kiper mereka Petr Cech sangat bagus untuk bola atas maupun crossing. Gol Liverpool yang menamatkan Chelsea pada LC tahun lalu, adalah buktinya, tembakan luar kotak penalti yang mendatar agak rendah, meskipun tidak menyusur tanah.

1 comment:

  1. arsenal!!!kalahin liverpool.meski bukan d kandang loe,hajar aja.let's the young arsenal!!!!

    ReplyDelete

Komentar Terbaru