Friday, June 27, 2008

Interview: Peran Bahasa Inggris Bagi Ekonomi Indonesia

Terkait dengan kontes blog dari British Council tentang peran serta penggunaan bahasa Inggris dalam memperkuat ekonomi Indoesia, saya coba menginterview seorang mahasiswi S2 ITB yang berdomisili di Bandung(ya iya laaaah... masa kuliah di Bandung tinggal di Bogor, jauh atuh...)

Saya: Desy kalau belajar bahasa inggris dimana?
Desy: Di sekolah aja. Ga pernah ikut les, males. Karena suka jadinya seneng aja belajarnya.

S: Tapi Desy banyak baca buku berbahasa inggris?
D: Kalau buku bahasa Inggris paling text book. Kalau novel, baru buku-bukunya Paulo Coelho.

S: Sebenarnya, bahasa inggris itu penting banget ga sih?
D: jaman sekarang sih, penting, menurut Gue. apalagi kalo kita berencana mo go international (kuliah, kerja). Tapi Gue sendiri ga bagus di speaking. Gue lebih suka tulisan-tulisan, itu juga yg bebas, bukan akademik.

S: Kalo semua pada go international, ntar indonesia jadi negara "brain drain" dong...
D: Hehehhe.. kan Gue bilang kalo mau. Ya jangan semua dong. sapa yg bangun indonesia kalo gitu? yang sekolah2 di luar juga harusnya balik lagi ke Indonesia. bangun bangsanya sendiri. jangan cuma bisa cuap2 protes2 ngeluh2 ini itu. ya ga?

S: Oh, apakah berarti karena itu Desy ngambil S2 di Indonesia?
D: Hahahaha iya. Gue sempet "diprotes" sama senior Gue: "NGAPAIN s2 di indonesia?"
Gue cuek aja. ga tau kenapa, Gue sampe sekarang belum pengen sekolah ke luar.

S: Cuek atau emang ga ada modal? * no offense * ^__^v
D: Ga ada modal, meski bisa diusahain. tapi mungkin karena Gue males aja kali ya.

S: Ok deh. Thanks nih.
D: NP.

Kategori

info (205) foto (133) komentar ga penting (128) fotografi (123) Technology (104) Kantor (95) website (88) blog (84) Jakarta (78) comic strip (75) bisnis (71) karir (51) suara hati (51) senda-gurau (50) wisata (38) Bekasi (37) Internet (34) manajemen (31) kuliner (22) selebritis (21) soccer (21) Navision (20) iklan (14) kasus (14) sql server 2005 (13) buku (11) Greeting (10) movie (10) komik strip (9) novel (9) programming (9) televisi (9) Banjir (8) VCD/DVD (8) kopi (8) Vanessa (7) billiard (7) hypermarket (7) bogor (6) kesehatan (6) rumah (6) old document (5) Terios (4) basket (4) guru (4) Axapta (3) bioinformatika (3) azure (1)

My Instagram