Friday, January 29, 2010

Pertanyaan Favorit Saat Interview Calon Pegawai

Saya paling seneng kalau kebagian tugas menginterview calon pegawai. Ada 3 pertanyaan yang saya sukai:

1. Tanya skripsi.

Yang paling saya senengin itu menanyakan: Skripsinya apa? Trus bisa dijelasin ga?

Kenapa seneng? Karena saya jadi berasa dosen yang sedang menguji skripsi. Hitung-hitung, balas dendam, hehehe. Dulu waktu skripsi, saya ditanya ini itu, tanpa tahu apakah dosennya menguasai topik skripsi saya atau sekedar sok tahu.

Selain sisi balas dendam, juga kepingin nambah ilmu.

Selain sisi nambah ilmu, juga kepingin tahu, pintar atau nggak.

Selain sisi akademis, juga kepingin tahu, ngomongnya lancar atau nggak.

2. Tanya status, single atau non-single.

Ini pertanyaan rese memang. Kalau saya yang di interview, saya ogah untuk menjawab. Namun, saya coba menanyakan saja, terserah mau dijawab atau tidak. Seandainya dijawab, saya tanya lagi, sebentar lagi mau merit atau masih jauh. Kalau masih jauh, berarti aman. Satu = Bolos bisa jarang. Dua = Jadi bahan gosip, hehehe...

3. Tanya hobi.

Menurut orang HRD, tanya hobi itu penting. Kita jadi tahu minat si calon itu apa. Dari situ, bisa dinilai sesuatu yang menjadi dasar posisi pekerjaan orang tersebut. Tapi kalau saya, tanya hobi cuma satu, kalau suka olahraga terutama bola/basket, bagus, jadi ada teman buat ngebentuk tim bola/basket kantor, hehehe...

Kategori

info (205) foto (133) komentar ga penting (128) fotografi (123) Technology (104) Kantor (95) website (88) blog (84) Jakarta (78) comic strip (75) bisnis (71) karir (51) suara hati (51) senda-gurau (50) wisata (38) Bekasi (37) Internet (34) manajemen (31) kuliner (22) selebritis (21) soccer (21) Navision (20) iklan (14) kasus (14) sql server 2005 (13) buku (11) Greeting (10) movie (10) komik strip (9) novel (9) programming (9) televisi (9) Banjir (8) VCD/DVD (8) kopi (8) Vanessa (7) billiard (7) hypermarket (7) bogor (6) kesehatan (6) rumah (6) old document (5) Terios (4) basket (4) guru (4) Axapta (3) bioinformatika (3) azure (1)

My Instagram