activo | asset management system

Thursday, December 09, 2010

Gunakan Internet Secukupnya

Bagi pengguna internet, informasi yang ada di internet sangatlah banyak. Saking banyaknya, jelas akan membuat pusing kalau tidak bisa memfilternya. Contoh sederhana adalah Twitter, semua orang bebas menulis apa saja di Twitter. Ketika akun twitter seseorang yang kita follow terlalu berisik, tweet-nya bisa politik, bisa musik, bisa olahraga, bisa hal remeh-temeh, dan sebagainya, kemungkinan kita akan merasa pusing sendiri ketika membacanya terus-terusan.

Kapasitas Otak Manusia Terbatas

Kapasitas otak manusia ada batasnya, tidak mungkin semua informasi bisa diserap. Apakah Bill Gates, pendiri Microsoft, bisa mengerti teknik membuat Operating System secara menyeluruh dibarengi dengan pengetahuan ilmu hukum dan cara berbisnis? Tidak. Bill Gates memang pintar, tapi otaknya tidak bisa menampung ketiga disiplin ilmu(teknik, hukum dan bisnis) sebanyak-banyaknya. Dia memilih untuk mengetahui teknik membuat operating system seadanya dan menguasai penuh ilmu hukum dan cara berbisnis. Kenapa dia memilih seperti itu, karena dia tahu, rekannya, Paul Allen, sangat pintar disisi teknis dibanding sisi bisnis. Karena itu, teknis operating system diserahkan penuh ke rekannya Paul Allen, dan bagian negosiasi dengan customer, dilakukan oleh Bill Gates. Ini artinya, Bill Gates secara disiplin mengakuisisi ilmu bisnis sebanyak-banyaknya dan membiarkan kapasitas otaknya dipenuhi ilmu bisnis. Begitupun Paul Allen. Sesuai instruksi Bill Gates, Paul Allen secara disiplin mengakuisisi ilmu teknis operating system sebanyak-banyaknya dan membiarkan kapasitas otaknya dipenuhi algoritma-algoritma pemrograman.

Dari ilustrasi diatas, kita bisa menarik kesimpulan, otak manusia ada batasnya. Tidak bisa manusia menampung segala informasi dari internet dimana internet bisa dibilang adalah rimba informasi.

Tips Berinternet yang Sehat (Sehat Bagi Otak)

Dari sini, kita bisa memutuskan untuk mengambil langkah. Langkah bijak memakai internet. Cara bijak untuk memakai internet adalah, gunakan internet secukupnya. Pakai internet seperlunya. Bagaimana menggunakan internet seperlunya, berikut sedikit tips:

  • Jika kita menyukai social media, gunakan waktu seperlunya dan jadilah bijak. Artinya, jika kita suka bercuap-cuap di Facebook, Twitter atau blog, set waktu kita dalam sehari hanya boleh membuka situs social media misalkan hanya 30 menit. Setelah itu, tinggalkan dan temui lagi besok.
  • Jika kita menggunakan Twitter, hindari akun Twitter yang terlalu sering berkicau terlalu banyak. jika kita mengikuti akun Twitter yang terlalu banyak Tweet dan banyak informasi yang tidak perlu, lebih baik tinggalkan atau unfollow.
  • Jika kita sering membuka situs atau blog karena topiknya kita sukai, lebih baik kita gunakan RSS Reader. Tools terbaik untuk pembaca RSS saat ini adalah Google Reader. Kenapa perlu RSS Reader, karena di RSS Reader, yang kita baca hanyalah teks dan gambarnya saja, tidak ada iklan dan tidak ada link-link yang membuat kita bisa terlalu lebar mencari informasi sehingga bisa membuang waktu.

Demikian. Semoga bermanfaat.

Komentar Terbaru