activo | asset management system

Thursday, March 10, 2011

Mengenang Ide Pembuatan Blog Teknologi - Web Startup

Diawal tahun 2008, saya sudah kepikiran untuk membuat blog teknologi - web startup mirip dailysocial.net. Idenya karena saya suka membaca blog techcrunch.com dan readwriteweb.com. Untuk melancarkan ide ini, saya sempat mengontak seorang blogger teknologi, Amir Karimuddin(sekarang bekerja di dailysocial.net), untuk bersama-sama membuat blog teknologi web startup yang mudah-mudahan bisa jadi hit karena saat itu masih sedikit blog teknologi - web startup yang berpengaruh.

Namun sayang, ide hanya tinggal ide. Eksekusi memang sesuatu yang berat untuk dimulai. Untuk mengenang ide saya ini, berikut kutipan-kutipan email saya bersama Amir Karimuddin di bulan Januari 2008.

--

Saya

Hai pak,

Saya Adi Wirasta, si tukang ketik yang punya blog adiwirasta.blogspot.com.
Saya tertarik dengan blog anda dan kepikiran untuk ngajak join bikin blog website review / web analis semacam www.techcrunch.com atau www.readwriteweb.com.

tertarik? kalau iya, mohon di reply.
Thanks.

--

Amir Karimuddin

Dear Mas Adi,

Yes mas, saya juga suka baca blog Anda (dan bolanova). Wah, sebenarnya situs review seperti itu sangat menarik. Model review seperti apa yang hendak mas Adi kembangkan? Looking forward to it :)

--

Saya

model review suka-suka aja. Namanya juga blog. Tapi dalem. Kalau mau liat contohnya ya bisa di cek ke www.techcrunch.com atau www.readwriteweb.com. Tapi berbahasa indonesia.

Trus, mengenai porsi kepemilikan, 50 - 50. kalau nambah penulis,  bagi rata lagi. Pokoknya sama rata. Yang penting porsi konten juga sama rata. Nanti kita pasangin iklan. Baik menggunakan jasa iklan online atau internal iklan.

Itu dulu. Ada tambahan?

--

Amir Karimuddin

Mas Adi,

Saya di RSS pastinya sering baca TC dan RWW, dia kan review tentang web2.0. Nah, blog baru yang akan dikembangkan ini gimana, apakah review web2.0 indo, review film, review buku ato apa pun. Target pasarnya gimana? Yang penting konsep jelas dulu dan mengarah ke niche yang pasti :)

Soal iklan bisa dijabarkan lebih lanjut?

--

Saya

Review tentang web2.0. international dan lokal. Intinya sebagai variasi pembaca dari detiknet.

Target pasarnya => geek, web developer, bisnisman

untuk iklan, diomongin nanti kali yah... yang penting pageranknya tinggi dulu trus kita baru pasangin iklan.

ada masukan?

--

Amir Karimuddin

Mas Adi,

Untuk review web2.0 international, berarti semacam localized+opinion of RWW dan TC dunk? Terus detikinet bukannya ga pernah review situs2 web2.0?

Still an interesting idea.. Saya coba liat feasibility-nya ya mas.. karena bagaimana pun dibutuhkan waktu untuk mengisinya..

Sebal niy banyak blog tapi masih belum bisa jadi Full Time :D :D

--

Amir Karimuddin

Mas Adi,

Saya kepikiran namanya jejaring.net (.com-nya udah keambil). Kan ga mungkin jadi jejaring20.com :P

Btw, jujur aja.. gimana Mas Adi manage post blog2-nya? Kan masih ada full time work as developer?

--

Saya

Ya ga usah update tiap hari.
makanya bikin blog keroyokan. Tapi bagi-bagi keuntungannya sama rata :D
Kalau sukses...

jejaring.net maksudnya apa?

intinya sih kita buat blog tentang :
1. web review dan web analisa
2. "hands on" web2 luar. Contoh kasus, www.ning.com. kita bikin tutorialnya secara Indonesia. Biar orang2 indonesia lebih mudah memahaminya dan memakainya tanpa perlu ragu2.

paling itu aja.

--

Amir Karimuddin

Web" itu bahasa indonesianya jejaring.. hehehe..
jujur aja niy mas, kalo mo sukses at least ada update setiap hari.. pengalaman niy mengembangkan blog.. jadi kalo mau.. 3-5 orang jg bisa :D

Saya cukup suka ide hands-on-nya.. satu lagi, pengennya situs ini bisa jadi media promosi/perkenalan setiap situs web2.00 baru di Indonesia :)

Jadi ada kayak submit press release.. :D

--

Saya

"kayak submit press release.. "
Iya, bener banget. Idenya memang begitu. Yang saya harepin, situs yang masuk ke blog jejaring.net, langsung ngetop bahkan bisa mati servernya karena terlalu banyak yang mengakses. hehehe... ngimpinya begitu. kalau pembacanya dah ribuan.

"kalo mo sukses at least ada update setiap hari.. "
bisa aja sih. saya tiap hari bisa update. Paling bakal ada yang dikorbanin. kayak adiwirasta.wordpress.com bakal ga di update lagi. adiwirasta.blogspot.com juga bakal ga terlalu update juga.

Ya udah. Boleh deh pake nama jejaring.net.

--

Saya

Pak,

keknya ditangguhkan dulu deh bikin blog technologynya. Semangatnya dah mengendur :D

Berat juga ternyata posting tiap hari.

Saya dah nyoba posting tiap hari di blog adiwirasta.wordpress.com dengan tema web review dan kawan2nya, ternyata berat juga...

Kita liat kabar selanjutnya aja deh..

tx b4

--

Amir Karimuddin

Mas Adi,

Hehehe.. memang benar bahwa itu berat. Saya aja yang di 3GWeek suka bolong-bolong, padahal dibayar...  Intinya sih blogging itu kalo emang pengen bikin macem2 harusnya full time biar optimal :)

Dikabar-kabarin ya mas.

--

Komentar Terbaru