activo | asset management system

Friday, April 08, 2011

Keuntungan Menggunakan Reporting Services dalam Implementasi NAV

Sedikit tentang pekerjaan. Di kantor, kami mendevelop report sebagian di NAV, sisanya menggunakan Reporting Services bawaan MS SQL Server 2005. Kenapa?

#1. Report bisa segambreng-gambreng. Membuat report di MS SQL Server 2005 RS tidak dipatok jumlahnya. Sedangkan membuat report di NAV, terbatas berdasarkan lisensi NAV yang kita bayar.

#2. Ekstrak data bisa ke Excel. Di NAV, untuk mengekstrak report menjadi excel -> agak repot. Kita harus simpan sebagai file HTML, lalu buka file tersebut di Microsoft Excel. Dan hasilnya pun belum tentu rapih. Dengan MS SQL Server 2005 Reporting Services, hasil export ke excel jelas lebih baik.

#3. Buat query lebih cepat. Di MS SQL Server 2005 ada fasilitas VIEW. Disitu, kita bisa membuat query menggunakan VIEW Query Designer. Dengan alat ini, pekerjaan menyambung-nyambungkan data antar table, jadi lebih cepat. Sedangkan di NAV, fasilitas ini tidak ada.

#4. Web Report = Bisa membuka darimana saja. Dengan diatas web platform, report-report yang dibuat di MS SQL Server 2005 Reporting Services bisa diakses darimana saja. Tinggal pasang IP Public, report harian/mingguan/bulanan bisa dibaca dari rumah.

#5. Web Report = Bisa buka dikomputer siapa saja. Tanpa perlu buka NAV Client. Cukup buka web browser, report harian/mingguan/bulanan bisa dibaca ketika mendadak harus lihat laporan padahal tidak bawa laptop.

Komentar Terbaru