activo | asset management system

Monday, June 25, 2007

Exalead.com

Jika anda sudah pernah memakai Exalead, pasti masih ada sesuatu yang membuat anda gemes. Sebagai salah satu the best search engine, Exalead tidak banyak menawarkan fitur-fitur yang memikat jika dibandingkan dengan Google. bahkan ada fitur yang cukup mengganggu karena bisa memperlambat proses pencarian. Apa itu?

Berawal dari tulisan “mahalo.com”, saya mendapatkan komentar dari pak Mashuri (lebih tepatnya pesanan) untuk mereview sebuah search engine yang bernama exalead. Saya akan coba review, tapi dengan cara yang sederhana.

Pertama, saya coba masukan keyword yang cukup umum, dikenal oleh masyarakat luas, yaitu keyword “lance armstrong”, seorang pembalap sepeda ternama. Oleh Google, hasil pencarian pertama menampilkan official website Lance Armstrong. Kedua adalah wikipedia tentang Lance Armstrong. Cukup tepat sasaran bukan.


Gambar 1

Lalu saya coba pakai di exalead, hasil pencarian teratas malah menampilkan situs tidak resmi lance armstrong (bahkan situs tersebut adalah situs gratisan dimana kita bisa lihat dari nama sub domainnya: “co.nr”) .


Gambar 2

Kedua, saya mencoba memasukan keyword yang tidak umum, yaitu keyword “OleDbProviderSettingsCollection”, karena keyword ini adalah partikel kecil dari produk sebuah perusahaan top 50 versi majalah Fortune. Jika kita lihat output yang dihasilkan Google, maka akan tampak seperti ini:


Gambar 3

Tapi, ketika dicobakan di exalead, tidak ada output sama sekali. Seharusnya exalead dapat menampilkan data tersebut karena “OleDbProviderSettingsCollection” adalah koleksi object milik salah satu produk Microsoft yang cukup terkenal: MS Sql Server 2005.


Gambar 4

Ketiga(terakhir), jika kita lihat pada gambar 2, setiap hasil pencarian menampilkan snapshot dari homepage link hasil pencarian. Apakah penting untuk ditampilkan? Menurut saya sih tidak. Malah hanya memberatkan loading menampilkan hasil pencarian.

Kesimpulan: Google masih lebih baik dari Exalead.

Baik, sekian review search engine exalead. Untuk mengetahui lebih lanjut, anda bisa log on to exalead.com dan coba otak-atik sampai anda mendapatkan perbedaan yang significant dengan search engine kesayangan anda.

1 comment:

  1. mashuri1:53 PM

    terima kasih atas review dan rupanya saya meminta kepada orang yang tepat...

    berarti google masih okay!

    ReplyDelete

Komentar Terbaru