Thursday, October 15, 2009

Belajar Strategi Pemasaran Dari Cafe Sop Buah Di Metro, Lampung

10 Oktober kemarin, saya pergi ke Lampung untuk mengikuti acara lamaran adik saya. Setelah acara selesai, saya kembali ke kosan adik saya di Metro. Malamnya, kita mencari tempat makan dimana orang ramai berkunjung. Metro bisa dibilang setengah kota karena dibanding Bandar Lampung, Metro kalah ramai. Dan untuk mencari tempat makan yang ramai dikunjungi, lumayan susah. Ada tiga pilihan pada malam itu: Ikan Bakar, Alun-alun dan Sop Buah. Karena kepengen makan yang jelas, kita pilih ikan bakar. Ternyata, ketika sampai ditempat makan yang bergaya Malioboro alias lesehan, sudah habis. Terpaksa kita harus milih lagi. Dan jatuh ke Sop Buah. Kebetulan perlu buah-buahan biar B.A.B-nya lancar setelah makan besar diacara lamaran tadi.

cafe sop buah

Sesampai di cafe sop buah, saya cukup tercengang karena tempatnya itu adalah rumah warga biasa. Halaman rumahnya disulap menjadi tempat makan dipenuhi meja dan bangku. Pikiran saya melayang ke Jakarta. Cafe seadanya sejenis ini kalau di Jakarta = buanyak sekali. Anehnya, kenapa tempat jualan biasa seperti ini bisa ramai dikunjungi? Apakah memang benar bahwa ada yang mengatakan "Konsumen Indonesia adalah Irasional" ?

Setelah diceritakan adik saya, kenapa tempat makan ini ramai, asal muasalnya: cafe sop buah ini berhadapan langsung dengan Mesjid. Ketika para cowok hendak sholat Jumat, maka para cewek yang ditinggalkan terpaksa kongkow di cafe sop buah ini.

Dari sini saya sedikit belajar metode marketing: Strategi positioning. Untuk berdagang dan menghasilkan uang, kita harus bisa menempatkan lokasi berdagang ditempat yang tepat. Cafe sop buah, entah kebetulan atau memang si pemilik rumah bisa menangkap peluang, langsung membuat cafe yang kira-kira orang mau nongkrong dan apa yang dikonsumsi tidak terlalu mahal tapi sedikit mengenyangkan.

Seandainya si pemilik rumah didepan mesjid itu memilih cafe coffee shop, belum tentu tempat usahanya akan ramai karena saat jam makan siang, orang yang mampir lebih memilih makanan yang tidak mengenyangkan tapi juga tidak bikin tambah lapar. Dan satu lagi, murah. Sop buah adalah pilihan yang tepat.

sop buah

Komentar Terbaru