activo | asset management system

Friday, December 31, 2010

Untung Rugi Bisnis Antar Jemput

Analisis SWOT bisnis antar jemput ala kadarnya dari seorang sarjana S1 ilmu komputer

Kepada bapak/ibu yang bertanya ke saya via email terkait tulisan Bisnis Antar Jemput, berikut jawabannya. Kenapa saya buat jawabannya diblog, supaya kalau salah, pembaca blog ini bisa ikut membantu koreksi.

Tanya

Pak salam kenal,setelah saya baca blog anda saya tertarik utk memulai bisnis antar jemput.Yang perlu saya tanyakan:

1. Saya khan tinggal di pemukiman padat penduduk,apa mgkin saya sebarkan brosur ke mereka dulu,ntr pegawai ato anak skul berhubung saya rencana beli 3 mbl lgsg yakni Panther,Grand max dan Xenia..cara atur jamnya gmn?khan tiap org beda2 pergi kerja ato brgkat skul.

2. Saudara sepupu saya targetnya pegawai pabrik,jd dia ke pabrik2 ato kantor dengan sistem kontrak kerja.itu gimana?

3. ada tidak buku mengenai mengatur jam antar jemput maupun seluk beluknya.

Jawab

Sepengetahuan saya, dalam memulai bisnis, kita harus:

  1. melakukan perencanaan yang matang.
  2. jangan gegabah.
  3. jangan terburu-buru ingin dapat untung besar.

Untuk langkah awal, pastikan anda memilih salah satu target konsumen dari dua opsi yang anda sebutkan, pegawai kantoran atau anak sekolah. Karena kedua jenis konsumen ini memiliki untung rugi masing-masing.

Sebelum saya jabarkan untung rugi dari bisnis ini, kita harus fokus pada satu hal, pemasaran dilakukan bukan dari kantor/sekolahan, tapi dari orang-orang disekeliling kita, seperti yang ditanyakan diatas.

Pegawai Kantoran

Jadwal

untuk pegawai kantoran, jam kerjanya adalah jam 8. Tapi, jadwal menjemput mereka juga sama dengan jadwal menjemput anak sekolah, harus mulai dari jam 6. Karena kalau kantornya terletak ditengah kota, anda harus berangkat lebih awal karena pasti akan terhambat oleh kemacetan.

Lalu, pegawai kantoran pun pulangnya jam 5. Sehingga jam 4 sore harus sudah stand by di gerbang kantor/pabrik/tempat yang sudah ditentukan.

Pendapatan tidak fixed

Namanya juga pegawai kantoran, kadang pulang cepat, kadang pulang larut malam. jadi tidak bisa dipastikan kapan mereka akan pulang. Dengan demikian, pendapatan tetap yang bisa didapat dari pegawai kantoran hanya dari rumah ke kantor.

Biasanya, untuk pegawai kantoran, metode pembayaran yang berlaku adalah pembayaran ditempat. Jarang ada yang bulanan. Kasihan konsumennya jika dipaksakan untuk membayar bulanan.

Penentuan Rute yang sulit

Kalau kita melakukan promosi antar jemput di tempat tinggal kita kepada pegawai kantoran, pertanyaannya, 'apakah banyak calon konsumen yang kantornya berdekatan?'

Jika tidak, maka, bukan untung yang kita dapat, tapi malah buntung. Jika jarak kantor konsumen-konsumen kita tidak berdekatan, maka:

  • Bensin akan boros. Biaya bensin meningkat.
  • Kilometer mobil akan cepat tinggi dan otomatis kita akan rajin ke bengkel.
  • Supirnya bisa kena tipes karena kecapekan.

 

Anak sekolah

Jadwal

untuk anak sekolah, jam masuk sekolah adalah jam 7. Sehingga jadwal menjemput harus dimulai dari jam 6. Untuk pulangnya, variatif, ada yang jam 10, jam 12, bahkan bisa ada yang sore jika ada ekstra kulikuler resmi dari sekolah.

Pendapatan fixed

model pembayaran bulanan untuk anak sekolah sudah berlaku umum. Tidak ada yang harian. Jadi, jika anda memilih untuk mengangkut anak sekolah, pendapatan anda tidak fluktuatif.

Penentuan Rute yang mudah

Kalau kita melakukan promosi antar jemput di tempat tinggal kita dan ditujukan kepada anak sekolah, maka sekolahnya pasti tidak jauh-jauh dari rumah kita juga. Paling jauh, bisa jadi hanya berbeda beberapa kelurahan.

--

Setelah melihat untung rugi dari 2 jenis target pasar yang akan kita ambil, maka pemenangnya adalah...

Anak sekolah!

Betul. Bisnis antar jemput pegawai kantoran berbiaya tinggi, beresiko tinggi dan belum tentu menguntungan. Jadi, jauh lebih murah antar jemput anak sekolah. Dan pasti menguntungkan.

Komentar Terbaru