activo | asset management system

code.id

Thursday, July 31, 2008

Semenjak Pakai Blog


Wednesday, July 30, 2008

Jatuhnya Menara Saidah

Gedung ini, kalau menurut saya, memiliki desain yang cukup berbeda dari gedung-gedung lain di Jakarta diawal dia berdiri. Arsitekturnya unik. Arsitektur bergaya Romawi kalau orang biasa bilang. Kalau orang arsitek, entah. Soalnya saya bukan arsitek, belajar sedikit pun ogah, niatnya tipis. Tapi sekarang, Menara Saidah sudah punya saingan, Menara buatan Sampoerna group yang bergaya klasik itu.

Selesai dibangun, dan tak lama, gedung ini cukup ramai disewa. Parameter ramai disewanya sederhana, mobil-mobil banyak keluar masuk pintu depan yang sering ditongkrongi oleh pekerja komuter baru turun dari kereta di stasiun Cawang. Begitupun kalau tiap malam, banyak lampu menyala dari jendela gedung ini.

Namun, akhir-akhir ini, gedung ini terasa sepi dari mobil atau motor keluar masuk pintu depan Menara Saidah. Begitupun dengan lampu-lampu disetiap lantai yang makin tidak banyak menyala. Menurut saya, Parameter gedung ramai disewa adalah banyak lampu dalam kantor yang menyala. Sehingga menyiratkan dilantai itu sedang ada yang bekerja. Coba saja ditengok gedung-gedung di daerah Sudirman, anda bisa hitung lampu-lampu yang menyala lalu bandingkan dengan gedung ini, pasti jauh sekali jumlah lampu kantor yang menyala. Betul, di menara Saidah, makin sedikit saja lampu yang menyala dari tubuh gedung ini.

Ketika saya ngobrol-ngobrol dengan teman yang pernah bekerja di Menara Saidah, ternyata ada cerita kenapa menara Saidah berkurang penyewanya. Ceritanya sederhana, hanya karena gara-gara lift yang lambat.

Lift dimenara ini sudah dikomplain oleh para tenan tapi tidak digubris oleh manajemen gedung. Alhasil, para tenan pada jengkel dan akhirnya memilih keluar, tidak meneruskan sewanya.

Selain itu, konon gedung ini ada hantunya. Tapi benar atau tidak, itu hanyalah konon.

Saya jadi garuk-garuk kepala sendiri, kenapa bisa ada manajemen gedung tidak terlalu memperhatikan masalah-masalah penting seperti lift. Apakah memang yang punya gedung sudah tidak membutuhkan uang, atau gedung ini hanya jadi ajang cuci uang? Atau gedung ini memang cuma sekedar bukti kepada bank kalau pinjamanan si pengusaha memang nyata, lalu sisanya dibawa kabur entah kemana? Ah, entah lah. Itu cuma andai-andai saja.

Tuesday, July 29, 2008

The Dark Knight: Hanya Untuk Dewasa. Anak Kecil Jangan Nonton..

The Dark Knight. Film superhero yang seharusnya tidak boleh ditonton oleh anak kecil. Terlalu sadis. Walaupun tidak ada darah menciprat-ciprat, segala cara membunuh yang dilakukan oleh The Joker tidak pantas untuk ditonton oleh anak kecil.

Tadi malam, saat menonton the Dark Knight di Plaza Senayan bersama Mey(istri saya), dibelakang duduk seorang ibu serta anaknya menyaksikan film ini. Saya pikir, film ini hanyalah sekedar film standar superhero yang masih flamboyan, penuh pukulan, lompat gedung dan tembak-menembak. Ternyata tidak, cara-cara membunuh yang dilakukan oleh Joker sangatlah mengerikan. Seperti menyobek mulut, menusukkan mata dengan pensil, memasukan bom kedalam perut orang, adalah beberapa tindakan yang sangat sangat sadis.

Belum lagi ditambah setengah wajah Harvey Dent yang sangat menjijikan, yang saya pikir akan membuat anak kecil bisa jadi susah tidur karena membayangkan bentuk muka yang menjijikan.

Walaupun begitu, The Dark Knight memang bukan film superhero biasa. Jalan ceritanya luar biasa bingungin. Penuh filosofi perpahlawanan yang mengingatkan akan Trilogy The Matrix.

***

Tulisan tentang The Dark Knight yang lain:

Saturday, July 26, 2008

Play Bowling Together, Yuuu...

Dear all,

We are happy to inform you that we are going to have gathering "to play Bowling together", with schedule as follow:

Day / Date : Thursday / July 24, 2008
Place : EX Plaza - Spincity
Time : 17:45 - Finish

As above event is for us to get together more closely in relax time and occasion, please set your time free and join us for fun.

Please coordinate with all friends to help each other for transportation to EX plaza.

Thank you for your attention

Regards
- - -

Awalnya ga percaya sama email ini. Tapi setelah tanya bos saya, emang betulan. Nyata. Bukan mimpi. Kirain cuma email spam, Hehehe...

Dan kamis malam, pengalaman pertama main bowling saya terwujud sudah. Saya pikir akan susah plus malu-maluin. Ternyata tidak. Bahkan seru dan bikin ketagihan, more and more ^_^

Ok, berikut foto-foto dan sedikit cerita tentangnya.



Dalam foto ini saya ingin mengatakan, "Hei kawan! Ini bola bowling pertama gue loh... Maap deh, emang gue kampungan punya. Ga pernah main bowling. Hehe..."



Karena baru pertama kali, lihat saja cara bermainnya yang salah. Lempar dengan tangan kiri (note: saya kidal) kaki yang didepan juga kaki kiri. Padahal salah, seharusnya lempar tangan kiri, kaki yang kedepan adalah kaki kanan.



Setelah pilih-pilih bola yang cocok, bola merah ini adalah pilihan yang tepat. Lobangnya enak dan pas...



Biarpun baru pertama kali, skor saya paling gede di grup saya loh, hehe...



Pasukan Sadar kamera. Sambil main, kalau ada foto-foto, teteeeuuup, ikut.. yuu...

Friday, July 25, 2008

Ketuk Tular Orientasi Seksual Bernama "Gay"

Mengikuti berita tentang Ryan si Gay sang pembunuh sadis, saya menemukan beberapa komentar menarik dari pembaca Detik.com di segmen beri komentar. Salah satunya adalah(kira-kira) "Gay itu bukan penyakit fisik, tapi adalah penyakit jiwa. Orang normal yang kerja di salon dengan banyak banci bisa ikutan jadi banci."

Entah komentar itu ada bukti ilmiahnya, tapi Saya jadi sadar, kenapa orang bisa jadi pemberani, kenapa bisa jadi penakut. Orang yang jadi pemberani, itu juga karena pengaruh lingkungan atau teman-temannya. Orang jadi pengecut, itu juga karena pengaruh lingkungan dan teman-temannya. Salah satu film yang menggambarkan pas tentang hal ini adalah Green Street Hooligan. Dari yang penakut, ketika ikut-ikutan dengan geng ultras sepakbola, si tokoh utama ikutan jadi beringas.

Selain masalah ketuk tular kondisi psikologis, saya juga mencermati, kenapa orang bisa ikut-ikutan jadi gay, atau lesbian, atau perilaku menyimpang. Hal ini disebabkan juga(kata teman saya) kurangnya pemahaman atas agama yang dianut. Setelah jatuh kedalam dosa, maka dosa-dosa yang selanjutkan akan mengikuti. Bahkan dosa yang lebih besar, seperti memotong-motong orang, jadi tidak terasa karena dosa kecil(menjadi gay) sudah menutupi segalanya.

Monday, July 21, 2008

Warna-Warni Pondok Bambu (Yang Penuh Maling)

Sabtu siang, setelah bermain futsal di Metro futsal Pondok Indah, saya mampir sebentar makan siang di sebuah pondok Mie Ayam jl. Pahlawan Revolusi, Pondok Bambu, Jakarta Timur. Pondokan mie ayam yang juga jualan pepesan.

Setelah makan mie yang saya anggap biasa-biasa saja, di pinggir jalan itu, ada ibu-ibu yang celingak-celinguk dekat tutup lubang saluran air yang sudah terbuka menganga seperti siap menerkam pengendara motor yang lewat.

Saya pikir, ah, paling abis ada kerjaan orang PAM atau Telkom atau apalah. Tidak lama, si ibu itu datang menghampiri pemilik mie ayam dan bertanya apakah tong sampahnya bisa dipinjam untuk menutupi lobang yang terbuka itu karena takut ada motor/kendaraan lain lewat dan bisa terperosok kedalamnya. Jawab si ibu pemilik mie, "Ini bukan punya saya. Tong sampah ini punya engkoh yang disebelah, ini."

Setelah itu, si ibu pemilik pondok mie langsung cerita kepada saya kalau lubang saluran itu baru saja hilang tadi malam. Ketika si ibu buka warung, tutup lobang itu sudah tidak ada. Diduga, lubang itu dicuri. Dan dugaan itu mengarah ke pemulung yang beberapa hari terakhir suka mondar-mandir dengan topi yang cukup menutupi mukanya.

Si ibu tidak hanya cerita tentang lobang yang hilang, dia juga cerita kalau tempat jualannya ini juga beberapa minggu lalu sempat kecurian, gelas-gelas raib, penggorengan, panci dan lain-lain raib. Tidak cuma itu, si ibu juga cerita kalau ditempat ini, karena kebetulan ada tempat senam, sering terjadi kemalingan, dan yang paling parah, 2 mobil yang datang ke tempat senam, raib!

Si ibu makin menjadi-jadi ceritanya ketika saya selalu menanggapi. Dia juga menceritakan kalau dipondoknya sering terjadi penipuan atawa pencurian terang-terangan. Maksudnya, si jahat berpura-pura membeli makanan tapi malah mencuri uang dan handphone. Kejadian pertama adalah kecurian uang 90 ribu. Pelakunya adalah seorang ibu cantik, berjilbab dan berpura-pura memesan pepes 10 bungkus. Ketika sudah dibungkus pepes pesanannya, si ibu penipu itu minta tolong untuk menukarkan uang 100 ribunya dengan 10 ribuan. Si ibu pemilik mie ayam tidak punya dan berusaha meyakinkan isi dompetnya yang hanya berisi 90 ribu. Tapi sayangnya, kepolosan si ibu pemilik mie malah jadi bumerang karena si penipu tahu letak dompetnya. Ketika mau membayar, si penipu memesan 5 pepes lagi. Ketika dibungkusi, si ibu penipu itu langsung menyambar uang didompet si ibu pemilik mie dan kabur naik motor yang sudah ditunggui didepan.

Kejadian kedua dilakukan oleh seorang pemuda yang berpura-pura memesan mie ayam, masuk kedapur dan berpura-pura sedang tergesa-gesa. Ketika si pemilik warung lengah, raib lah 1 buah HP.

Begitu yang diceritakan oleh si pemilik mie ayam dengan logat sundanya yang kental. Saya membayar, pulang dan memfoto lobang yang menganga untuk pembaca blog ini dengan HP jadul saya, T610.





Friday, July 18, 2008

Zaskia Mecca Merokok, Semua Orang Tahu. Tim Imagine Cup 2008 Indonesia Juara, Sedikit Yang Peduli

Bintang religi yang lagi bersinar, Zaskia Adya Mecca, akhirnya buka suara soal foto-foto yang memperlihatkan dirinya merokok. Kata Zaskia, ia tengah khilaf. Padahal, hanya karena sebuah foto, seluruh masyarakat Indonesia dibuat gempar.

Sedangkan ketika Indonesia Juara 1 Rural Innovation Award di Imagine Cup 2008, hanya sedikit yang peduli. Yang juara juga adem ayem aja.

Benar-benar masyarakat indonesia doyannya sama gosip aja ^_^v

Bad News Travels Fast. Good News, Not At All

Thursday, July 17, 2008

Satu Sisi Dee

Di satu sisi, saya menyukai pemikiran di novel-novelnya, gaya bicaranya ditelevisi, sikapnya.

Di satu sisi itu, saya mencintai kumpulan cerpennya, filosofi kopi yang benar-benar menggugah saya.

Di satu sisi itu, saya menyetujui sikapnya yang independen, menerbitkan buku tanpa penerbit mainstream.

Di satu sisi itu, saya selalu menunggu tulisan-tulisan manis nan penuh warna-warni di blognya.

Tapi kali ini, saya tidak menyetujui dengan pemikirannya mengenai berpisah:
Dalam semua hubungan, kita bisa saja menemukan 1001 alasan yang kita anggap sebab sebuah perpisahan. Namun saya percaya, penyebab yang paling mendasar selalu sederhana dan alami: memang sudah waktunya. Hidup punya masa kadaluarsa, hubungan pun sama. Jika tidak, semua orang tidak akan pernah mati dan semua orang tidak pernah ganti pacar dari pacar pertamanya. Kita bisa bilang, putusnya hubungan A karena dia selingkuh, karena bosan, karena ketemu orang lain yang lebih menarik, belum jodoh, dan masih banyak lagi. Padahal intinya satu, jika memang sudah waktunya, perpisahan akan menjemput secara alamiah bagaikan ajal. Bungkus dan caranya bermacam-macam, tapi kekuatan yang menggerakkannya satu dan serupa. Tentu dalam prosesnya kita berontak, protes, menyalahkan ini-itu, dan seterusnya. Namun hanya dengan terus berproses dalam aliran kehidupan, kita baru menyadari hikmah di baliknya.
Pernikahan tidak bisa dipisahkan oleh apapun. That's It. *Ceileee... Penganten baru dah.. suiit... suiiiit...*

Walaupun begitu, saya hanya bisa coba mengerti atas apa yang diinginkan Dee, begitupun Marcel.

Tuesday, July 15, 2008

Kompetisi Menggambar (Bendera Negara)

Buat yang pinter Desain Grafis, ada kompetisi menarik nih. Kompetisinya langka banget. Kompetisi bikin bendera negara!

Tul, penyelengaranya adalah Negara Irak.
Selengkapnya bisa dilihat disini.

Oh ya, kalau ada yang ikutan, trus menang, bagi-bagi yah hadiahnya. Tapi jangan minyak mentah. Hasilnya aja, Dinar. Hehehehe...

Terlepas dari kompetisi ini, kenapa parlemen Irak sekarang sebegitu bencinya yah sama hasil karya Om Saddam? Padahal ga ada yang salah juga toh.

Ikutan Kompetisi Blogging, Mau?

Rekan Bloggers,

Kami mengajak rekan bloggers yang telah mengikuti Kompetisi Blog tahap 2, tetapi belum mendaftar untuk Kompetisi Blog tahap 3 untuk segera mendaftar karena pendaftaran hanya akan kami buka hingga tanggal 31 Juli 2008

Jangan lupa selalu mengunjungi website kami www.bcnow60.org

Kami tunggu yah!

Selamat Blogging!!!
- - -

Ada yang mau ikutan? Kalau saya sih udah ogah. Percuma. Ga bakalan menang. Ga bakat nulis serius soalnya ^^;;

Monday, July 14, 2008

One You Get The Big Fish, You Will Know How To Get More!

Suer, setelah menerima email pendepakan DetikInet, saya cukup syok. Trus, selang beberapa hari, saya menerima lagi email yang bikin saya tambah syok. Email penolakan bekerja di sebuah perusahaan di Singapur.

Hi Adi,

Thank you for your interest in the .Net Developer position with xxx systems Singapore Pte Ltd. After careful consideration, we regret to inform you that we are unable to offer you employment at this time.

Please accept our best wishes and thank you for your interest in xxx systems.

Regards,
- - -

Harapan saya kerja di Singapur pupus sudah. Bete? Pasti. Tapi, kebetean saya hilang sudah ketika tadi pagi, cek email, Andy Orangemood ngirim komen penuh motivasi:

Boleh sedih, tapi paling lama 10 menit saja... evaluasi diri, bangkitkan semangat dan berusahalah lebih baik... :)

Saya sering sekali di-reject, bahkan sampai hari ini sekalipun... tetapi saya anggap itu hal biasa, kalau saya umpamakan seperti orang memancing, anggap itu hanya ikan2 kecil yang mencoba mencicipi umpan anda, mungkin kita harus mengganti umpan tersebut dengan lebih baik, atau mencari lokasi yang lebih baik, atau mungkin cara melemparnya harus lebih baik, dsb dan umpan anda nantinya akan dimakan oleh ikan besar... :)

One you get the big fish, you will know how to get more!

Have a nice weekend!
- - -

Thanks Andy. Kalau gitu, kata-kata yang harus ada di otak saya hari ini:

Semangat!!! One You Get The Big Fish, You Will Know How To Get More!

Financial Planning


Thursday, July 10, 2008

Biarkan Saya Bersedih...

Mas Adi Yth.,

Setelah kami lakukan review internal, dengan berat hati saya nyatakan kerjasama kita berhenti dulu di sini.
Komik Dag Honningsvag akan kami terbitkan sebagai yang terakhir dari Mas Adi.
Semoga kita bisa tetap sambung silaturahmi dan menjaga hubungan baik.

Salam,

DetikInet
- - -

Ah, sudah lah... Saat ini saya ingin bikin puisi saja...

Biarkan saya bersedih, sedih melihat negara ini larut dalam carut marut parahnya perpolitikan.
Biarkan saya bersedih, sedih melihat negara ini hancur berantakan oleh amukan alam.
Biarkan saya bersedih, sedih melihat negara ini habis digerogoti oleh koruptor-koruptor tak berperikemanusiaan.
Biarkan saya bersedih, sedih melihat negara ini berkelahi dengan sesama hanya karena perbedaan yang sederhana.
Biarkan saya bersedih, sedih melihat negara ini hancur oleh acara-acara televisi yang tidak mendidik seperti sinetron, kuis-kuis yang mendekati judi dan lainnya.
Biarkan saya bersedih, sedih melihat negara ini tenggelam oleh tangis bayi-bayi kelaparan karena timpangnya pertumbuhan ekonomi.
Biarkan saya bersedih, sedih melihat negara ini tidak memiliki sense of humor dari kacamata IT.
Dan yang pasti, biarkan saya bersedih... Sedih ditendang oleh DetikInet :((

Celebrities Cat Fight

Kalau Cinta Laura diadu melawan Sandra Dewi juga diadu melawan Luna Maya, siapakah yang bakal menang?

Setelah di cek menggunakan Google.com, pemenangnya adalah:

Sandra Dewi!!!

Berikut screen shoot perebutan tahta di google.com oleh ketiga wanita paling ngetop se-Indonesia:

cinta laura

^^^

sandra dewi

^^^

luna maya

Dari screen shoot diatas, Sandra Dewi berhasil mengantongi 437 ribu hasil penelusuran di Google.com. Sandra Dewi dibayang-bayangi oleh Luna Maya dengan 405 ribu hasil penelusuran. Dan yang paling bontot, Cinta Laura hanya berhasil mengantongi 250 ribu hasil penelusuran.

Koran Akan Mati. Kompas Mulai Berbenah



Jika diperhatikan, sudah banyak sekali perusahaan yang menaruh biaya marketingnya ke sektor blogging. Melalui apa, yang paling gampang dilihat adalah melalui kontes-kontesan. Kecap Bango, XL dan Toyota adalah 3 perusahaan besar yang sudah mengalihkan sedikit koceknya untuk memanfaatkan blogging sebagai wilayah marketingnya.

Jika jatah iklan yang dimiliki perusahaan besar sudah dibagi dua, ke media cetak dan juga ke media online, maka media cetak harus sudah siap-siap untuk gulung tikar. Kok?

Internet adalah media gratis. Semua orang bisa berkunjung dan membaca tanpa bayar. Sedangkan koran, harus bayar.

Kompas sudah melakukan langkah besar untuk menanggapi perubahan ini. Kompas.com sering sekali memuat iklan besar-besaran di koran Kompas. Pemilik Kompas seperti ingin pembacanya disuruh pindah ke Kompas.com. Karena apa, karena pemilik Kompas sudah memiliki pandangan kalau koran akan mati. Ya, mati mati dan mati.

Kompas melakukan sedikit perubahaan ini tidak berasalan. Salah satu koran yang terbit di Indonesia, diketahui sudah mengalami penurunan pembaca hingga beberapa ribu pelanggan! Dan ditengarai, pemilik koran tersebut lebih memilih gulung tikar daripada tidak dapat uang sama sekali. Tapi untungnya sang pemilik masih perduli dengan karyawannya.

Wednesday, July 09, 2008

Dadaisme Oleh Dewi Sartika: Kisah Pembunuhan Yang Fantastik

Oke-oke, ini memang buku lama. Tapi ga ada salahnya direview sedikit. Siapa tahu belum ada yang baca buku bagus ini.

Buku ini menceritakan...
Bukan menceritakan sih, tapi menelantarkan pembacanya pada sebuah stasiun keterkaitan yang disengaja habis-habisan. Penggalan kisah A, nyangkut di kisah B, disangkutin lagi di kisah C dan seterusnya. Dan keterkaitan itu dibenang merahi oleh sebuah malaikat kecil bersayap sebelah bernama Michail.



Dan tidak Cuma kisah yang penuh kebetulan, tapi juga penuh kisah pembunuhan karakter yang disengaja tapi halus dalam penuturan. Contoh:
“Aku mengambil pisau berlumur darah itu, lalu menyanyatnya pada pergelangan tangan kiriku, tepat di urat nadi. Seperti panas yang menjalar keluar dari bekas luka itu. Aku melihat darah yang warnanya tidak bisa kulihat karena keremangan gelap, memancar keluar seperti air mancur.
[…]
“pada dasarnya aku tidak pernah mengerti mengapa manusia saling membunuh, apa pun alasannya,” ujar Michail yang kepak sayapnya terdengar begitu pilu.
Aku benar-benar ingin tidur dulu.

Dan beberapa penuturan pembunuhan karakter yang elegan lainnya.

Dengan demikian, Dadaisme karangan Dewi Sartika, kalo boleh saya beri nilai, adalah...

B+ !!!

Bagus banget.

Tuesday, July 08, 2008

Nama Anak Dari Tokoh Filsafat? Jangan Banget

Semenjak saya bakalan memiliki seorang anak… eh, seorang putri, saya selalu mencari-cari nama yang cocok. Tiap baca majalah, khususnya majalah ibu dan anak seperti Ayahbunda, Parenting, Parents, Mother & Baby, saya selalu memperhatikan nama-nama yang kira-kira enak didengar dan tidak sulit diingat.

Tapi, dari semua nama yang saya temui. Jarang sekali saya menemukan nama yang nyangkut dengan tokoh-tokoh filsafat. Entah mereka takut anaknya jadi akan dianggap setengah gila, seperti nasib-nasib para filsuf terkenal atau memang ga tahu sama sekali.

Setelah saya membaca dua buku ini, buku komik tepatnya, FILSUF JAGOAN 1 &2 karangan Fred Van Lente dan Ryan Dunlavey





...Ternyata memang benar, seorang nama anak jangan diambil dari nama filsuf. Berabe urusannya ntar. Plato, Nietzsche, Ayn Rand, Sigmund Freud, Thomas Jefferson dan beberapa tokoh filsuf lainnya bisa dibilang bernasib kurang beruntung diakhir hanyatnya. Ditengah hanyatnya pun juga beberapa filsuf bernasib kurang baik. Dengan gambaran seperti ini, tentu saja orang tua ogah nasib anaknya bisa sama dengan para filsuf tersebut.

Monday, July 07, 2008

Exhausted Soccer Writer



Buat pembaca blog ini yang suka menulis, plus suka bola(boleh maniak, boleh sedikit suka), kebetulan ada lowongan bagi anda untuk menyalurkan bakat anda dalam menulis tentang bola. Segala info tentang bola, topik apapun tapi beririsan tentang bola, bisa anda buat, tuliskan dan kirim ke saya di alamat email adiwirasta at gmail dot com. Tulisan yang bagus maupun tidak bagus, akan saya publish ke WWW.BOLANOVA.COM, the biggest soccer blog in Indonesia... (Hehehe.. dream ooon...)

Lowongan ini tersedia karena saya sudah kecapean gara-gara piala eropa kemarin. Saat itu, saya seperti pelari maraton, nulis bola ga henti-hentinya. Sekarang, saya nerima dampaknya, kecapean dan sudah bosan nulis tentang bola. Mungkin saya butuh beberapa hari untuk mengembalikan semangat menulis seputar bola.

Karena itu, bagi anda yang suka seputar bola, entah soal pemain, PSSI, klub kesayangan, maupun WAG'S, silahkan kirimkan ke saya dialamat email adiwirasta at gmail dot com. Bagus tidak bagus, pastinya akan saya edit dulu lalu saya terbitkan.

Note: tidak ada hadiah, tapi doa dan ucapan syukur yang bisa berikan ^__^ v

sumber foto: taipeitimes.com

2 Tokoh Yang Mewarnai Jakarta: Benny & Mice

Judul diatas sedikit memelesetkan buku baru yang saya beli di pesta buku 2008 kemarin, 100 tokoh yang mewarnai jakarta yang dikarang oleh the two and the only: Benny Rachmadi dan Mohammad Misrad.



Dan pada kesempatan ini, saya bukan ini mau review buku warna-warni jakarta ini, tapi ingin pamer kalau ini adalah kali pertama saya mendapatkan tanda tangan buku dari pengarangnya langsung!



Hehehe… ketika saya meminta tanda tangan kepada salah satu pengarang + kartunis, Mohamad Misrad, saya mengajukan beberapa pertanyaan:

kok Cuma sendiri pak?

Iya, yang satunya lagi sibuk (senyum).

berapa lama bikin buku ini pak?

4 bulan mas.

Setelah ditanda tangan, saya memohon untuk pak Misrad menggambar diri saya. tapi dia menolak dan menggambar dirinya (bisa dilihat difoto). Setelah itu, saya bersalaman dan pulang dengan hati senang. Senang untuk kali pertama bisa bertemu seseorang yang terkenal, terlebih dia adalah seorang kartunis yang saya idolakan.

Sunday, July 06, 2008

Bacaan Berguna

Thursday, July 03, 2008

Sasinformatika, Perpaduan Ilmu Sastra dan Ilmu Komputer

Saya sedang memikirkan untuk membuat sebuah ilmu baru yang merupakan gabungan dari sastra dan ilmu komputer. Tapi masih sedikit bingung, apa saja yang mau dikaji.

20 tahun yang lalu, orang-orang biologi membuat sendiri sebuah program untuk menghitung proses-proses biomolekuler. Selain itu, mereka juga membuat sendiri program komputer untuk menyimpan data-data biologi yang jutaan baris tapi mampu dikelola dengan baik. Lama-kelamaan, munculah bioinformatika. Sebuah bidang ilmu yang merupakan perpaduan Biologi dan Ilmu Komputer.

Sayangnya, peminat bidang ini sangatlah sedikit karena memang orang yang suka keduanya pastilah sedikit. Orang biologi yang memiliki hasrat dengan komputasi pasti jarang. Begitu juga sebaliknya. Apalagi di Indonesia, Biologi sudah dipatenkan sebagai ilmu hapalan, bukan ilmu nalar. Sedangkan Ilmu komputer adalah kebalikannya, sehingga mempertemukan kedua bidang dalam satu otak manusia, sangatlah susah.

Tapi, kenapa saya berminat dengan Bioinformatika itu sendiri? Karena pada dasarnya otak saya kosong. Jadi, dicekoki oleh apapun, pasti masuk telinga kanan, keluar telinga kiri. Sialnya, ilmu bioinformatika nyangkut di salah satu sisi otak saya.

Sekarang, saya ingin mengembangkan perpaduan dua ilmu yang benar-benar berseberangan. Kalau biologi dan ilmu komputer masih dalam satu keluarga, keluarga MIPA, MATEMATIKA dan ILMU PENGETAHUAN ALAM, maka saya ingin mengembangkan dua ilmu yang sangat berbeda jauh, jauh bagaikan Sabang dan Marauke.

Sastra, sebuah ilmu yang hanya diminati orang-orang berambut gondrong, suka nongkrong di kafe dan membicarakan filsafat, ingin saya gabungkan dengan ilmu komputer, sebuah ilmu yang hanya diminati oleh orang-orang berambut acak-acakan, jarang keluar rumah, susah dapat pacar, rajin download video porno dan suka tertawa sendiri.

Nah, mengenai perpaduan ilmu baru ini, mungkin akan saya beri nama: Sasinformatika. Mencontek sedikit dari bioinformatika.

Dan Mengenai detail selengkapnya, saya akan pikirkan untuk dituangkan kedalam buku. Mungkin judul buku khayalan saya nanti ini bisa dikasih judul: Sasinformatic Principal.

Diharapkan, Sasinformatika ini akan menjadi panduan untuk orang-orang gila sastra tapi juga senang memprogram untuk :
1) membuat buku-buku panduan program yang lebih sastrani.
2) mengembangkan bahasa pemrograman yang sintaks-sintaksnya lebih puitis dan sangat manusiawi. Bahkan kalau bisa, sintaksnya kalau dibaca oleh Sapardi Joko Darmono, dia langsung tercengang, "GILA, PUISI GUE KALAH NIH SAMA SINTAKS PROGRAM INI!"
3) Mampu mengembangkan Sistem Operasi yang bisa mengeluarkan suara-suara puitis dan berima sehingga penggunanya enak mendengar. Bukan hanya mengeluarkan "BEEP" atau suara error windows = "DOOONG" yang kaya gong itu.

Tapi ya... ini masih sekedar kayalan. Belum bisa diwujudkan. Setidaknya, sudah saya catat diblog ini, siapa tahu kalau setan lewat, lantas semangat, diharapkan sebuah buku bisa saya karang.

Wednesday, July 02, 2008

Mohon bantu kami, Panitia Pesta Blogger 2008

Pesta Blogger 2008 memang masih lama. Tapi, teman-teman sudah mulai pusing cari dana. Kejar sana, keja sini, yang diburu tak terpegang juga.

Saya mulai mikir, kira-kira kalau jualan cinderamata seperti ini(mug) laku ndak ya? Yah, hitung-hitung untuk menambal kekurangan anggaran perhelatan itu.

Saya cuma tertawa baca postingnya ndoro kakung hari ini. Acara sebesesar itu nyari dananya jualan mug?

Seandainya saya yang didapuk jadi pimpinan pesta mbloger 2008, kira-kira apa yah yang bakal saya lakuin?

Mungkin ini:
1. Bikin blog berduit. Khan banyak tuh blogger2 yang pinter main google adsense. Minta buatin aja sebuah blog berbahasa inggris, agregat konten orang2 barat sana, trus pasangin google adsense dan iklan-iklan online lainnya yang bisa cepat menghasilkan uang.

2. Pasang Paypal. Para anggota panitia mewajibkan memasang paypal dan dibawahnya dituliskan: "Mohon bantu kami, Panitia Pesta Blogger 2008"

3. Buat situs iklan dengan berisi: Menerima pembuatan Blog. Harga terjangkau. Terima Blog Pemula, Profesional dan Bisnis. Lalu pendapatannya bisa digunakan untuk biaya operasional pestablogger 2008.

Kalau tiga langkah diatas tidak mempan, mungkin tambahan 2 langkah ini bisa dijalani walau agak ekstrim:

4. Buat tulisan dari kardus ditambah tali dan gantung dileher, lalu tunjuk 10 orang untuk berdiri dipinggir jalan,
"Butuh Bantuan, Pesta Blogger 2008"

5. Berhubung roy suryo pernah bilang blogger adalah hacker, maka blogger yang juga hacker dimintai tolong untuk menghack situs departemen keuangan Indonesia dan di-deface dengan kata-kata:
"Mohon bantu kami, Panitia Pesta Blogger 2008"

Hehehe... Tulisan ini cuma becanda.

Selamat hari rabu

Tuesday, July 01, 2008

Piala Eropa Usai. Sekarang, Kembali ke... Desktop



Akhirnya, piala eropa selesai sudah. Artinya, berkurang sudah tensi menulis saya soal piala eropa di Bolanova.com. Hehehe... Kok bisa yah semangat betul nulis bola? Kesambet apaan yah?

Sebenernya bukan kesambet, tapi iseng. Selain iseng juga nyalurin hobi baru, hobi menulis bola. Ternyata asik juga yah:
1. sedikit-sedikit belajar bahasa inggris karena musti nerjemahin tulisan orang/situs bola resmi maupun tidak.
2. sedikit-sedikit ngerasain penderitaan wartawan/jurnalis bola. Bagaimana pertandingan ini lawan ini harus segera diterbitkan supaya tidak basi. Nah, kalau sudah lewat, bagaimana meracik tulisannya supaya seperti fitur, bukan berita. Ini yang saya pelajari.

Gara-gara keranjingan nulis, saya jadi menyadari, saya ini minatnya jadi tukang program atau jadi tukang warta?

Kalau saya mesti pindah profesi, wah... Bahaya tuh. 5 tahun berkecimpung di dunia AITI disia-siakan sudah. Trus, seandainya pindah jadi tukang warta, siapa yang mau nampung dengan gaji standar saya sekarang? *halaah... kayak gaji sekarang gede ajeh... Beli SUPRA X aja susah*

Kembali ke Bolanova. Semenjak euro usai, trafik Bolanova yang selalu diatas seribu perhari, tiba-tiba langsung drop hari ini. Orang-orang sudah pada ga minat lagi cari-cari prediksi, hasil pertandingan, bintang-bintang piala eropa, dsb. Tapi tidak terlalu masalah bagi saya, yang penting: 1) Pembaca Bolanova via RSS Feed meningkat; 2) Hati senang!

Komentar Terbaru