Friday, January 30, 2009

Anak Tangga Kesuksesan

Maaf kalau agak lama tidak update. Maklum, baru ganti pesawat, jadi rada repot juga, hehehe... Kali ini saya tidak mau curhat. Saya hanya mau menampilkan sebuah komentar yang bagus dari pembaca bernama Prayoga melalui tulisan disini. Komentarnya mengenai tahapan-tahapan menuju sukses. Kalau sebelumnya saya memberikan tips singkat untuk langsung menjadi kaya yaitu dengan ikut-ikutan MLM, maka Prayoga membeberkan untuk mencapai kebebasan finansial, kita harus membuat dan memecah tujuan jangka panjang menjadi goal setting jangka pendek. Berikut rahasia kebebasan finansial oleh Prayoga:

Saya pengen berbagi sedikit, sekedar pengalaman singkat aja..

Buat saya, yang terpenting bukanlah jangka pendek, tapi jangka panjang yang dipecah-pecah menjadi jangka pendek.

Maksudnya gini:
Saya berpikir bahwa saya harus punya tujuan, pengen jadi seperti apakah saya kelak? Apa tujuan terbesar saya? Waktu itu saya memutuskan saya ingin bisa mengajak orang tua keliling dunia, yang jelas membutuhkan duid yang banyak dan waktu yang lapang. Solusinya adalah menjadi bos, bos besar yang bisa mengendalikan usaha dari jauh, yang menghasilkan banyak uang.

Jadi, kalau saya tetap bekerja sebagai karyawan, akan susah bagi saya untuk mencapai tujuan ini. Tapi untuk langsung memulai menjadi wirausaha, saya minim skill dan modal.

Lalu saya diajari memecah2 tujuan jangka panjang ini menjadi goal setting jangka pendek. Istilahnya, kalau kita ingin sampai ke puncak, kita musti tau anak tangga mana yang musti ditempuh.
Anak tangga pertama mungkin bekerja sebagai karyawan yang gajinya kecil, fasilitas minim, dan tekanan besar. Ga papa. Tapi jangan berhenti, tingkatkan terus kemampuan. Tujuannya : gaji lebih besar.
Anak tangga kedua adalah lompat ke perusahaan dengan gaji besar dan kesempatan belajar lebih luas. Saya jadi punya kesempatan untuk lebih dekat dengan Big Bos. Saya belajar untuk menjadi wirausahawan, dengan mempelajari pola pikir dan tindakan bos.
Anak tangga ketiga, saya memulai usaha kecil2an menggunakan waktu di luar jam kerja. Selain bisa menambah penghasilan, juga memperluas pergaulan. Menambah pengetahuan.
Anak tangga keempat, memulai wirausaha scara full time. Ini adalah anak tangga yang sedang saya jalani.
Anak tangga kelima dan seterusnya masih saya pikirkan, tapi dengan fokus memajukan usaha saya, rasanya tak terlalu sulit untuk mewujudkan anak tangga ini deh.

Demikian sharing saya yang penuh keterbatasan ini.. :)

Kategori

info (205) foto (133) komentar ga penting (128) fotografi (123) Technology (104) Kantor (95) website (88) blog (84) Jakarta (78) comic strip (75) bisnis (71) karir (51) suara hati (51) senda-gurau (50) wisata (38) Bekasi (37) Internet (34) manajemen (31) kuliner (22) selebritis (21) soccer (21) Navision (20) iklan (14) kasus (14) sql server 2005 (13) buku (11) Greeting (10) movie (10) komik strip (9) novel (9) programming (9) televisi (9) Banjir (8) VCD/DVD (8) kopi (8) Vanessa (7) billiard (7) hypermarket (7) bogor (6) kesehatan (6) rumah (6) old document (5) Terios (4) basket (4) guru (4) Axapta (3) bioinformatika (3) azure (1)

My Instagram