activo | asset management system

Tuesday, February 03, 2009

Sumbangan

Sekedar lamunan iseng,
Setelah membaca artikel blog Yati, saya jadi berpikir: Mana yang lebih baik, memberikan bantuan ke Palestina atau memberikan sedekah kepada pengemis didepan rumah?

Pasalnya, menurut laporan, dari Indonesia sendiri, sumbangan untuk palestina udah lebih dari 1 juta dolar. Seandainya itu uang buat membantu rakyat miskin disekitar kita saja, bukannya lebih baik?

Lalu saya bertanya kepada beberapa teman kuliah saya dulu akan lamunan saya ini. Dan berikut jawabannya:

1.
Menurut gw ngasih sedekah ke orang yang bener2 berhak ... karena klo pengemis di depan elo belon tentu doi butuh kan doi bisa ajah pengemis terorganisir baru setelah itu palestine. klo pengemis depan rumah ... apalagi klo masih sehat walafiat itu sama ajah dengan menggarami air laut. percuma! Pahala gak dapet bahkan mungkin dosa karena menjerumuskan mereka ke lembah nista ... kan pekerjaan paling hina di dunia adalah ngemis ... :D

2.
IMHO, dua-duanya baik, tapi katanya sih kalo menolong, mulailah dari yang paling dekat, jadi kasih ke pengemis dulu, abis itu nyumbang uang ke palestina. Tapi ujung-ujungnya, itu semua soal hati nurani, kita gak bisa nentuin orang harus kasih ke mana

3.
Semua ada bagiannya. semua penting. tinggal dibagi2 aja.
mana yang buat palestina mana yang buat pengemis, korban banjir, nolongin orang miskin, dsbnya.


***

Hmmm... Bagaimana menurut anda sendiri?

Komentar Terbaru