activo | asset management system

Wednesday, January 02, 2008

Dilbert Abies. Kreatif Donk!

Ada orang yang memberikan komentar terhadap komik-komik saya sebagai jiplakan Dilbert, "dilbert abies.. kreatif donk". Salah satu komentarnya bisa dilihat disini: "Mati Rasa". Sebetulnya, memang benar kartun saya meniru dari Dilbert. Namun, saya coba mengambil kejadian-kejadian sehari-hari saya, atau kisah perih orang lain, atau konsep manajemen lokal yang ketimuran dan tidak pantas lagi dipakai, dan atau atau yang lainnya lalu dituangkan dalam strip komik. Intinya saya coba mengapresiasikan kondisi lokal kedalam komik walaupun memang terkesan sangat Dilbert. Lagi pula, tidak ada salahnya toh meniru. Semua orang yang berhasil juga melakukan peniruan dalam proses belajarnya. Setelah bisa dan terbiasa, barulah goyang sana-sini improvisasi. Menggambar komik strip dengan mouse, bagi saya, adalah pekerjaan yang sangat susah. Berbeda sekali dengan menggunakan pensil. Jadi, tak heran jikalau saya meniru yang sudah terkenal. Masak mau meniru yang tidak terkenal. Apalagi yang jelek. Bah, males banget deh nanti yang liat. Mending yang sudah terkenal kita tiru. Orang-orang tidak kaget dan mungkin sedikit menerima karena suasananya tidak jauh berbeda. Contohnya adalah Lintas Berita. Dari salah satu pengembangnya mengatakan bahwa kenapa Lintas Berita sangat mirip dengan Digg, itu karena diharapkan pengguna Indonesia yang sudah terbiasa dengan Digg tidak kaget dan mudah menggunakan Lintas Berita.

Anyway, saya tetep berterima kasih buat si pengirim komentar, jadi menyemangati untuk berkreasi lebih baik khususnya bikin komik. Lagipula, mo kreatip atau tidak, toh ga ada yang bayar saya. Jadi terserah saya mo niru apa. Hehehe...

4 comments:

  1. Gambarmu khas Adi, bukan Dilbertnya... tapi komentarnya itu lho yang menggelitik.

    ReplyDelete
  2. Jujur, aku ga bisa ngerti Dilbert, tapi kalo stripnya mas Adi aku bisa ngerti, mudah dicerna :)

    ReplyDelete
  3. Tetep semangat yah, masi banyak kok yang tidak kenal Dilbert, contohnya sayah *lorrr apa hubungannya hehehehe...

    ReplyDelete
  4. saya selalu suka strip2 bikinan pak adi,,yeah,,lucu abis

    ReplyDelete

Komentar Terbaru