activo | asset management system

code.id

Thursday, May 31, 2007

www.bvibes.com


Mau cari peruntungan seperti Kevin Rose?
Sukur-sukur sih bisa sukses. Bikin situs yang lagi ngetren, pasangin google Ad Sense atau buat ad rotator engine sendiri dan siapa tau yang ngiklan banyak. Trus kipas-kipas deh.
Ternyata mencari peruntungan yang saya maksud ini ga susah-susah juga. Salah satu situs yang mencoba mengail dolar di dunia maya adalah bvibes.com.
Kenapa ga susah? Ternyata, si pencipta www.bvibes.com membangun situs social bookmarking ini hanya menggunakan software gratis www.pligg.com. Anda bisa lihat di sisi bawah situs bvibes.com.

Situs bvibes.com mengklaim bahwa ia berbeda dengan digg.com. Untuk detailnya, berikut kutipan dari FAQ-nya:

What is bVibes?

bVibes is a social bookmarking site that allows you to submit a blog post that will be reviewed by other users and will be promoted, based on popularity, to the main page. When a user submits a post, it will be placed in the "New Vibes" area until it gains sufficient votes to be promoted to the "Hot Vibes" main page.

How is it different from websites like Digg?

  1. bVibes is dedicated for blogs. Links to non-blogs are not allowed here. So, it's the place to visit for reading the best blog posts in blogosphere. Also, your submissions don't have to compete with other news/website articles but only other blog posts (unlike Digg).
  2. You are welcome to submit your own blog posts. But, you can also submit other good posts that you come across.
  3. To ensure the quality of posts, submissions are controlled by credits. A user can only submit as many posts as the number of credits (s)he has. We believe this policy will encourage the users to submit good quality posts only.
  4. There is no voting down or burying in bVibes (true democracy). So, your submissions won't vanish just because 10 users didn't like it.


Gampang khan? Contek situs ngetop, trus spesifikasi contentnya. Seperti bvibes yang difokuskan hanya pada blog. Non-blog tidak boleh di link.

Anda ga bisa koding php? Menggunakan CMS PLIGG rasanya tidak perlu koding. Tinggal install dan langsung running.

Anda ga bisa memperindah tampilan website? Tinggal download template-template yang cocok lalu di instal.

Anda ga bisa bikin advertise script? Tinggal pasang Google Ad Sense.

Ok, pengantarnya cukup. Sekarang saatnya test drive.
Klik register.


Tahap pertama, kita isi username, email, password dan...

sukses.

Sekarang masuk tahap kedua. Validasi.


Masukan nomor yang tersedia, klik continue dan...

Loh, kok ga bisa?

Katanya , “The security code provided is not correct”


coba lagi.

Masih Ga bisa juga.

Coba Refresh browser.

Masih ga bisa juga???

Walah... Ga bener ini. Tapi ga papa lah. Namanya juga situs baru. Ntar juga dibenerin. Mungkin di tempat lain bisa dan hanya di komputer saya saja yang ga bisa. Who knows?

100% Bebas Asap Rokok

World No Tobacco Day 2007

Waktu SMA kelas 2, saya sempat menjalani rawat inap di Rumah Sakit St Carolus selama 2,5 minggu karena luka di paru-paru. Salah satu penyebab utama dari sakit ini karena saya menjadi perokok pasif saat sedang menjadi tim klub basket Scorpio di Jakarta Timur. Sebelum maupun selesai bertanding, teman-teman saya selalu merokok. Akibatnya, ketika kondisi badan kurang baik, ditambah asap rokok bertebaran terhirup, Jadilah saya mendaftar ke RS St. Carolus.

Nah, berhubung lagi rame-rame merayakan Hari Tanpa Tembakau Sedunia dan mau jadi orang yang Happening (kalau kata labelnya om Pri) maka ga ada salahnya saya turut berpartisisapi membantu WHO.

* * * * *

Kepada: pengelola tempat-tempat umum

Penelitian ilmiah tentang bahaya perokok pasif telah dilakukan selama lebih dari 20 tahun. Tidak ada keraguan bahwa merokok secara pasif sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, menyebabkan kanker dan banyak penyakit pernafasan serta kardiovaskuler pada anak-anak serta orang dewasa, dan tidak jarang mempercepat kematian.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah berkesimpulan bahwa asap rokok, sekecil apapun jumlahnya, tetaplah berbahaya. Rekomendasi WHO tentang hal ini mengatakan bahwa satu-satunya cara untuk melindungi masyarakat dari bahaya asap rokok adalah dengan memberlakukan peraturan 100% bebas asap rokok bagi tempat-tempat umum.


Hak untuk mendapatkan udara bersih, bebas dari asap rokok adalah hak umat manusia.

Dengan demikian, kami meminta anda untuk melindungi kesehatan pegawai, pekerja dan masyarakat umum dengan cara menerapkan peraturan yang 100% melarang merokok di tempat-tempat umum. Kami percaya, langkah ini adalah langkah yang sangat penting untuk melindungi kesehatan kita dan anak-anak kita semua.

Tertanda,

Tukang Ketik

Wednesday, May 30, 2007

"Kejujuran" is action, not talking

Tadi pagi, saya melakukan penawaran pembuatan Aplikasi POS Apotik dan Medical Record System kebeberapa milis programming Indonesia. Dan luar biasa, responnya cepat sekali.
Ada yang langsung diskusi via YM, ada yang via email sendiri(japri).

Dari sekian banyak diskusi(atau negosiasi) akan penawaran ini, ada satu orang(atau perusahaan) yang membuat saya jadi tersenyum. Anggaplah ia si Mr X.

Setelah saya diskusi sana-sini, datanglah email dari Mr X. Katanya :

Hallo Mas Adi,

Bersama datangnya email ini Saya menawarkan Jasa pembuatan Aplikasi POS Apotik dan Medical Record System seperti yang Anda Butuhkan. Adapun biaya dari pembuatan Sistem tersebut adalah n Jt dan Saya akan selesaikan dalam waktu n Bulan(Untuk Research dan Implementasi). Adapun pengalaman dalam pembuatan Saya dalam pembuatan software agar dapat menjadi pertimbangan adalah sebagai berikut :
- Sistem untuk perusahaan yyy
- Sistem untuk Cafe yyy
- Sistem untuk Rental VCD yyy
dll.

Best Regards


Lalu saya reply (pertama dari saya) :

Kalau yang sudah jadi ada tidak?
Jadi anda tinggal modifikasi. Itu dulu.

Mr X me-reply kembali :

Hallo Mas Adi,

Sebelumnya terima kasih untuk response nya.
Saya sekarang dalam proses pembuatan aplikasi untuk Puskesmas.
Cuma Saya dan Pihak Puskesmas sudah membuat kesepakatan untuk tidak mempublish/memodifikasi dari Sistem yang ada untuk diperjual belikan. Dan Saya konsisten dengan hal tersebut.
Sehingga jika nanti Mas Adi tertarik dan sepakat untuk menggunakan Jasa Saya, Saya akan melakukan programming dari awal dan secara konsep yang saya terima yang dapat ambil dari model yang saya buat dari Puskesmas tersebut. Sehingga Saya menargetkan range waktu 2 bulan untuk berjalannya Sistem POS Apotik dan Medical Record System tersebut. Demikian informasi dari Saya. Semoga bermanfaat.

Lalu saya reply kembali (kedua dari saya) :

Diem-diem aja pak. Butuh cepet.

Dan ini reply terakhir dari Mr X yang membuat saya tersenyum:

Hallo Mas Adi,

Sebelumnya thanks buat response nya.

[...]
Untuk memodifikasi Saya tidak berani Mas karena Saya udah terikat MOU dan Saya mo sehat + jujur + bisa dipercaya dalam berbisnis. Saya harap dapat dimengerti.
[...]

Thanks

Gilaaa... Baru kali ini saya ketemu sama programmer yang jujur!!!
Entah programmer internal atau freelancer atau owner sebuah software house, tapi intinya, kok ada yah orang/pekerja IT jujur kayak begini???

Luar biasa. Seandainya saya punya perusahaan IT, saya bakal hire yang kayak gini. Mo gaji berapa, terserah!
Angkut!!

Note:
- Mohon maaf bagi yang Mr X jika anda membaca blog entry ini dan menganggap kurang berkenan. Bisa dihapus kok.
- Email diatas sudah banyak edit sana-edit sini alias dipotong-potong. Jujur loh...
- Kalau anda bingung dengan judul diatas, saya juga. ^_^ v

Tuesday, May 29, 2007

www.themolu.com

Ada search engine yang lucu dan unik. Namanya molu. Lucu karena logonya yang warna-warni. Unik karena metodenya berbeda dengan para pendulang dollar lainnya yang mencari uang lewat Google Ad Sense atau iklan. Jika biasanya pendulang dollar tersebut membuat situs-situs ga penting seperti lirik lagu, download freeware, download manga, dll, kemudian dipasangi Google Ad Sense, maka si pencipta the molu membuat search engine, yang kata penciptanya berbeda dari search engine yang lain, kemudian dipasangi Google Ad Sense.



All I will say is that Molu is something started as a hobby but is gradually turning up into a goal, a goal to change the concept of searching the internet. Molu (Beta) is just the second step after its predecessor, the Alpha version. You can easily spot innumerable differences between the two.

There are a huge differences in the styling of the web pages that will be visible at the very first site but look carefully, there are innumerable waiting for you to be identified in the functional aspects as well.


Di situs themolu.com ini, hasil pencarian kita bisa disimpan loh. Tapi sebelum menyimpan, kita harus mendaftar dulu pastinya. Berikut langkah-langkah untuk menyimpan hasil pencarian :
Langkah 1.
Klik link "Add a site".

Langkah 2.
Masukan url + judul + comment + tag + rating-nya.


Langkah 3.
Inilah hasilnya.

Dicoba yuu...

www.buku135.com

Hanya tidak mengerti, apakah situs buku135.com adalah situs e-commerce betulan atau situs tugas akhir kuliah jurusan ilmu komputer?
Mari kita perhatikan.

#1. konsistensi bahasa.
Perhatikan gambar ini :

Ada bahasa inggris, ada bahasa indonesia. Maunya yang mana sih?


#2. format amount
Seharusnya format amount diberi titik koma. Kasihan pelanggannya jika harus menempelkan hidung ke monitor hanya untuk menghitung apakah puluhan ribu atau puluhan juta.



#3. layout yang kurang greget
Seharusnya diberi garis kotak supaya lebih rapih dan enak dilihat. Seperti ini:



#4. design sisi atas kurang polesan
Ketika pertama kali dibuka, calon pelanggan akan berhadapan langsung dengan sisi atas situs buku135.com. Kalau design-nya seperti ini, haduuh… jadi males deh.



Tapi, baru kali ini saya ketemu book store online yang hidup dan interaktif. Kenapa? Buku135.com menyertakan shoutbox di situsnya!

Friday, May 25, 2007

Surat terbuka dari supir mikrolet

Kepada seluruh penduduk jakarta,
Saya, mewakili supir-supir mikrolet di ibukota tercinta ini menyatakan rasa permohonan maaf sebesar-sebesarnya atas segala tindak tanduk kami yang mungkin menyebalkan anda sesama pengguna jalan raya.

Kami mohon maaf jika kami sering menurunkan penumpang ditengah jalan. Maklumilah karena untuk menahan laju lawan kami dari belakang, terpaksa harus berhenti ditengah jalan. Kenapa hal ini terpaksa kami lakukan, ini terkait erat dengan semakin menurunnya pendapatan karena penumpang kami semakin sedikit. Bagaimana tidak, warga Jakarta sudah lebih memilih untuk mengendarai motor. Hanya dengan uang 500 ribu dan alamat rumah orang tua atau alamat rumah kontrakan, sudah dapat mengkredit motor. Makanya, sebagai bentuk rasa kesal karena penumpang kami sudah memilih naik motor, kami tidak segan-segan berhenti ditengah jalan. Ya namanya juga kesal. Gitu loh…

Kami juga meminta maaf jika kami suka tidak sopan kepada pengendara mobil ketika sering tidak kami beri lewat. Bahkan sering kami salib tanpa kami peduli apakah akan menggores mobil anda yang mengkilap. Maklum, mikrolet ini bukan kami yang beli. Tapi punya majikan kami. Jadi masa bodoh dengan mobil mahal anda. Kalau anda ga mau kami senggol, ya pekerjakan kami diperusahaan anda. Gampang khan? Gitu aja kok repot.

Selain kepada bapak-ibu pengendara mobil-motor, kami juga meminta maaf kepada seluruh penumpang kami jika terpaksa anda kami desak-desakin. Jadi jangan heran kalau kami pura-pura ga tau saat anda sakit kesempitan. Sorry ya bo, secara eike butuh duit gitu looh… Kalau bisa, dalam satu mikrolet, ga Cuma 6-4-2 dibelakang dan 2 didepan, tapi formasinya diubah jadi 7-5-3 dibelakang dan 3 didepan. Semua ini untuk membantu membiayai sekolah anak kami.

Maap juga buat penumpang kami jika saat mikrolet kami kosong dan dibawa dengan pelan untuk mendapatkan penumpang lebih banyak lagi. Itu semua, sekali lagi, untuk membantu keluarga kami membeli seperangkat barang elektronik yang sudah lama kami idam-idamkan. Hiks-hiks-hiks…

Secara tangan udah pegel ngetik kebanyakan,
Cape Deeh… kalo kata anak sekolah yang sering naik mikrolet kami nyebut-nyebut, akhir kata, kami mohon maaf sebesar-besarnya. Okeh coy?

Tarik bang!!!

Regards,
Tukang Ketik mewakili Serikat Supir Mikrolet Ibukota

Thursday, May 24, 2007

Ada apa dengan Carrefour

Beberapa bulan ini, salah satu hipermarket di Indonesia sedang mengalami masa-masa sial. Ya, hypermarket Carrefour sedang mengalami banyak guncangan. Dari kasus kecil hingga kasus besar. Contoh kasus kecil seperti :
  1. Beberapa karyawan carrefour yang ikutan demonstrasi pada hari buruh dan menuntut soal karyawan outsource.
  2. Kasus-kasus pencurian yang ternyata banyak sindikatnya.
  3. Kasus perkelahian kasir dengan pelanggan.

Sebetulnya masih banyak kasus-kasus kecil tapi bisa jadi amat sangat sangat panjang sekali kalau diceritakan disini. Lanjut…
Lalu contoh kasus besar yaitu :
  1. Meninggalnya seorang bocah yang tertimpa rak setinggi 2 meter di Carrefour Mangga Dua, Jakarta Utara.
  2. Kasus kekurangan oksigen yang terjadi di Carrefour Ratu Plaza, Jakarta Pusat namun dimedia massa dibesar-besarkan menjadi kasus keracunan.


Selain kedua kasus diatas, ada kasus yang lebih besar lagi terjadi di Carrefour tapi itu sekitar 1-2 tahun lalu yaitu penipuan kuis berhadiah. Entah sudah berapa milyar yang sudah dikeruk oleh penipu. Ceritanya, berdasarkan sumber yang dipercaya, ada kelalaian dari event organizer kuis berhadiah yaitu dengan tidak membakar kupon-kupon undian berhadiah tapi hanya dibuang ketempat sampah. Entah disengaja atau tidak, alhasil, kupon-kupon tersebut dicuri oleh orang tak bertanggung jawab dan dimanfaatkan untuk melakukan penipuan. Kok kupon aja bisa untuk melakukan penipuan? Bisa, karena dikuponnya tersebut ada nomor telpon para pelanggan Carrefour. Dengan begitu, si penipu bisa menghubungi korban-korbannya dan mengatakan bahwa sang korban telah mendapatkan mobil Honda Jazz. Namun, sebelum hadiahnya diambil, sang korban harus menyetorkan uang sebesar 30 juta kerekening si penipu. Teknik penipuannya sederhana, tapi yang menakjubkan, banyak orang-orang yang terbuai sehingga mereka mau menuruti keinginan penipu jahat tersebut. Alhasil, banyak korban berjatuhan didepan meja informasi karena ketika mereka mengklaim hadiah yang katanya sudah dimenangkannya, ternyata palsu.


Nah, berkaitan dengan penipuan yang sudah jadi cerita lama ini, berdasarkan sumber yang dipercaya (lagi), dan sekali lagi ini bukan gosip, beberapa minggu yang lalu masih ada seorang pelanggan Carrefour yang datang dan menuntut hadiah bahwa dia telah mendapatkan mobil Honda Jazz! Tapi untungnya sang korban belum menyetorkan uang ke rekening si penipu. Sang korban sangat korporatif dengan memberitahukan nomor HP si penipu kepada karyawan Carrefour. Lalu seorang karyawan Carrefour menelpon si penipu yang katanya mengaku sebagai pegawai kantor pusat Carrefour. Mereka sempat berdebat dan si penipu menantang si karyawan untuk bertemu dan mengatakan seperti ini, “Ayo ketemu disini kalo berani! Nanti sekalian saya perkosa istri kamu!”

Serem yah...

Akhir kata, saya berharap, berdasarkan kejadian-kejadian yang terjadi di Carrefour ini, kita sebagai pelanggan hipermarket, tidak hanya di Carrefour saja, bisa lebih was-was dan cermat dengan kemungkinan-kemungkinan yang tidak kita inginkan.

Nerdy dan tato

Definisi Nerd menurut Wikipedia adalah :
A stereotypical or archetypal designation, refers to somebody who passionately pursues intellectual or esoteric knowledge or pastimes rather than engaging in social life, participating in organized sports, or other mainstream activities.


Jika "nerd" mempunyai tingkatan maka si nerdy pada foto ini masuk tingkat keberapa yah?



Tambahan lagi, definisi menurut The Merriam-Webster tentang Nerd :
Unstylish, unattractive, or socially inept person: especially: one slavishly devoted to intellectual or academic pursuits.

Kayaknya kedua definisi ini jadi ga berlaku buat si empunya tato diatas. Stylish dan attractive abis soalnya ^__^V

sumber foto : www.tattooblog.org
sumber pustaka : nerd by wikipedia

Wednesday, May 23, 2007

Scott Adams dan Footwear Theory

Hingga hari ini, saya adalah pengagum berat tetap Scott Adams. Dan membaca postingan blognya yang hari ini, Footwear Theory of Motivation, bikin saya tertawa puas.

Begini katanya:

I once had a boss who shared his theory for seducing a woman. I’m not sure if it was genius or insanity. His theory is so simple it has to be one or the other. His two step secret to seduction:

1. Take her to your place.
2. Get her to take off her shoes.

That’s it.

His observation, after years of playboy behavior, is that a woman who takes off her shoes at your place isn’t planning to put them back on until morning. If she doesn’t take them off, she’s mentally prepped for a quick escape.


Kalau teori ini saya jalankan, apa jadinya yah?
Mungkin yang terjadi, setiap wanita yang saya ajak mampir kerumah, 9 bulan kemudian selalu punya bayi. Lah, wong setiap mampir kerumah saya harus buka sepatu kok.

Teori enak dan mengerikan. Enak diatas ranjang, mengerikan mengurus bayi-bayinya.

Ngomong-ngomong, emangnya Tukang Ketik bisa ngajak cewe jalan? Ada cewe didalam lift, dikasih senyuman, Tukang Ketik cuma bisa nunduk membisu.
Duh, kok jadi curhat gini...

Anyway, ada yang bisa bantu? Ada yang punya teori menggaet cewe di tempat umum?
Ditunggu...

Tuesday, May 22, 2007

Hati-hati menulis blog


Kasihan juga jadi blog seleb internasional. Hanya me-review sebuah produk buatan Microsoft, langsung dihajar sebagian pembaca blognya.

Tulisannya memang sedikit ngejatuhin produk lain sih:

The announcements around Microsoft’s new Silverlight platform yesterday were important to anyone who is thinking about where the web will evolve. For those of us watching the demos at the Mix conference the immediate importance of it was apparent - Silverlight will be the platform of choice for developers who build rich Internet applications.
It makes Flash/Flex look like an absolute toy. After the keynote, the main topic of conversation in the hallways centered on just how effectively Microsoft carried out its execution of Adobe


Dan diakhir tulisan, Michael Arrington si penulis & pendiri techcrunch, membuat statement yang agak ngepromosiin :

If you are a developer or an entrepreneur, take a look at Silverlight, download some of the sample applications, and take the time to understand how it can affect your product.


Akibatnya, beberapa pembaca
langsung menyatakan kekecewaannya :

Mike,

You’re quickly destroying your and the credibility of this site with posts such as these. Just 2 months ago you were touting Apollo/Adobe as the next greatest thing. You went to 2 confernces and gave talks about it. Now you’ve been influenced by the nonsense from MS.


* * *


Michael - I’d like you to post in the comments here that TechCrunch did not receive any renumeration for these posts. This is shameful


* * *


Oh please, Mike. You’re exremely gullible and you’ve been drinking too much MS KoolAid.


Dan masih banyak lagi statement bentuk kekecewaan lainnya.

Selengkapnya bisa baca disini : Why Silverlight Is Important

Kesimpulan yang bisa diambil, berhati-hatilah dalam menulis blog kalau sudah jadi terkenal.

Taman Bunga Nusantara

Bosan piknik ke pantai? TMII? Dufan? Mau piknik bareng keluarga sambil olahraga yang menyenangkan? Datanglah ke Taman Bunga Nusantara di Cipanas. Loh? Kenapa kita bisa berolahraga di Taman Bunga? Yup, karena di Taman Bunga Nusantara ini ada sebuah labirin besar dimana untuk mencapai titik tengahnya, kita harus berjalan menyusuri lorong-lorong yang sulit sekali dikalahkan. Untuk mencapai point yang dituju , kita bisa berjalan dengan memakan waktu hingga setengah atau satu jam lebih! Wow, olahraga yang cukup melelahkan bukan?

Ini Saya lampirkan foto-foto saat di Taman Bunga Nusantara dan foto labirin yang dimaksud. Silahkan anda print lalu gunakan spidol untuk mendapatkan jalur ketitik tengah supaya punya contekan jika putus asa.



Pengunjung yang baru datang


Pintu utama


Taman gaya perancis


Taman imajinasi (Dufan-nya Taman Bunga Nusantara)


Labirin

Monday, May 21, 2007

Suara indah? Da-daaah


Akhirnya, perjalanan Melinda Doolittle di American Idol harus berhenti setelah kalah bersaing merebut hati pemirsa rakyat Amerika Serikat melawan Blake dan Jordin.
Dari pendapat para juri, sebetulnya dari sisi kualitas, Melinda lebih bagus ketimbang Jordin. Saya sendiri sependapat dengan para juri. Suara Melinda itu lebih bulat, seperti Whitney Houston persisnya. Tob abiss… Namun sekali lagi, rakyat Amerika lah yang menjadi penentu kemenangan. Saya yakin, rakyat Amerika memilih Jordin karena lebih cantik ketimbang Melinda. Melihat hal ini, maka saya berkesimpulan, ternyata, kecantikan memang bisa membantu untuk meraih kemenangan.

Sebetulnya, apa sih arti kecantikan itu sendiri?


Menurut Roy Lolang[*], kameramen kondang Indonesia, mengatakan bahwa kecantikan itu relatif, bergantung dari sisi mana dan siapa yang menilainya. Seorang desianer akan melihat kecantikan dari segi tubuh yang indah dan wajah yang menawan. Beda dengan sorang kameramen, dia akan melihat kecantikan sorang wanita tidak hanya semata dari segi fisik, juga dari tampilan karakter atau keahliannya dalam berakting, memerankan seorang tokoh yang diberikan kepadanya. Karena yang dibutuhkan dalam film adalah karakter. Kecantikan menjadi nomor dua ata nomor tiga. Bukan berarti kecantikan tidak dibutuhkan, tapi tidak menjadi prioritas utama.

Melihat fenomena American Idol ini, hakekat kecantikan yang dimaksud oleh Roy Lolang diatas jadi tidak berlaku bagi penyanyi. Ternyata kecantikan fisik merupakan hal nomor satu untuk menjadi penyanyi terkenal. Suara indah? Go to hell lah.

[*] sumber: Majalah ME, Februari 2004

Blog salin tempel, salah ga?

Beberapa kali saya mendapati isi blog yang membahas tentang salin tempel. Teman saya, Lita, pernah mengalami perkara sadis soal hal ini. Sebuah blog[*] pernah menyalin tempel tulisannya, kemudian Lita mengklaim, tapi dibalas oleh empunya blog dengan berkata, “saya mendapati tulisan ini dari milis dan disitu tidak menyebutkan namanya.” Kira-kira si pemilik blog hanya berkata seperti itu dan tidak sedikitpun niatan meminta maaf!

Bicara tentang salin tempel, atau mencontek, sebetulnya tidak ada salahnya kok. Kenapa?

1. Pengakuan kualitas
Pernahkah Anda menulis tulisan yang buruk, ga jelas, tolol tapi di copy paste oleh orang lain? Pasti tidak. Yang ada, tulisan Anda yang bagus, indah, cerdaslah yang pasti di copy paste oleh orang lain.

2. Efek samping
Dengan melakukan tindakan mencotek, berarti sang pelaku(atau kita sendiri) diajarkan dari awal untuk belajar meniru. Jika mental ini terus timbul, maka suatu saat nanti, Anda tidak usah heran jika bermunculan produk baru yang mirip dengan produk asli dipasaran(yang sedang ngetren pastinya). Misalnya, Anda bisa mendapati produk asli Indonesia yang bernama M office(kalau tidak salah, saya lupa nama tepatnya), mampu bersaing dengan tiruannya yaitu Microsoft Office. Contoh lagi, onderdil motor. Kalau tidak ada spare part bajakan, mungkin banyak warga Indonesia yang kurang mampu akan kelabakan membeli spare part asli dimana harganya cukup mencekik.

Dengan adanya contek mencontek ini, sebenarnya, disinilah letak kemampuan Anda, yang mampu membuat produk asli, untuk terus memperbaiki maupun meningkatkan kualitas sehingga tidak terlindas oleh si pecontek. Contoh yang paling-paling fenomenal adalah Pizza Hut. Banyak ditemui rumah makan pizza yang mencontek semua bentuk produk maupun layanan milik Pizza Hut. Ambil contoh peconteknya yang paling ngetop = Paparon Pizza. Hampir semua jenis makanan dan minuman yang ditawarkan oleh Pizza Hut bisa Anda temui di Paparon Pizza. Tapi dengan kemampuan membuat produk-produk baru, layanan-layanan yang memuaskan pelanggan, Pizza Hut tetap mampu menjadi restoran nomor satu pilihan pecinta pizza diantara restoran pizza lainnya. Bahkan, Paparon sendiri sudah banyak franchisenya yang gulung tikar karena ketidak mampuan melawan Pizza Hut.

Akhir kata, dimana ada setan, disitu ada malaikat[**]. Dimana ada pecontek, disitu ada penghargaan akan kualitas Anda dan hal ini merupakan pecutan untuk terus memperbaiki hasil karya Anda.

- - -

[*] mohon maaf, url-nya lupa.
[**] empat mata banget…

Wednesday, May 16, 2007

Kota Bunga @ Cipanas

Tadinya saya pikir Kota Bunga di Cipanas, Cianjur, hanyalah komplek villa biasa yang cuma menawarkan bentuk-bentuk rumah unik, lucu dan menarik. Namun, setelah masuk kedalamnya, perkiraan saya salah. Selain villa-villanya lucu dan enak dilihat, di Kota Bunga juga terdapat 2 tempat wisata dimana anda sekeluarga bisa menikmatinya dan bersenang-senang didalamnya. 2 tempat wisata yang saya maksud itu adalah Arena Fantasi dan kota air atau disebut Little Venice.




Arena fantasi




Little venice



Selain kedua tempat wisata ini, kita juga bisa menikmati danau yang lokasinya disebelah Little Venice. Di pinggir danau ini kita bisa duduk-duduk dibawah pohon rindang sambil melihat rumah bermodel Amerika dan air terjun buatan.


Danau



Khusus bagi anda yang belum berkeluarga atau yang sudah berkeluarga dan berminat untuk membangun rumah, mungkin dengan mengunjungi Kota Bunga ini, anda akan mendapatkan inspirasi arsitektur dan disain unik untuk membangun rumah impian anda nantinya.


Tuesday, May 15, 2007

Mau kaya? Gampaaang


Mau jadi kaya?
Gampang lagi. Nih, saya akan kasih langkah-langkahnya.


Pertama, mulailah dengan perencanaan membangun sebuah usaha. Oh ya, sebelumnya, Anda tidak perlu berpikiran bahwa usaha ini harus sukses. Tidak perlu rekan bisnis. Karena disini keberhasilan tidak terlalu penting. Hanya saja, kalau usaha anda bisa sukses, ya, akan jauh lebih baik.

Kita lanjut. Untuk modal, anda bisa utang sana-utang sini. Pasang muka tembok. Kalo banyak yang nolak, don’t take it personal. It just businness. Kemudian tentukan anda mau berbisnis apa. Misal, bisnis yang ingin anda bangun adalah dengan membuka usaha donut. Atau bisnis yang lagi ngetren beberapa bulan terakhir. Tapi diartikel ini kita akan pakai usaha donut saja. Lalu beri nama perusahaan anda yang menarik dan mewakili donut anda. Mungkin bisa diberi nama Mc Donut, Red Devil Donut, DonaDonut, Jakarta Donut Kitchen, atau apalah yang aneh tapi enak didengar. Setelah perencanaan ini selesai, mulailah jalankan.

Setelah berjalan 1-2 bulan, walaupun tidak terlalu sukses, bahkan ga laku, paksa saudara/teman untuk membuka franchise yang sedang anda lakoni ini. Anda bisa memaksanya dengan memberikan keringanan-keringanan seperti diskon atau apapun (Sepintar-pintarnya anda coba membodohi mereka). Setelah berhasil memaksa saudara/teman, maka, anda sudah lulus ujian pertama. Anda sudah menapaki satu anak tangga menuju kaya.

Ujian kedua, dengan “keberhasilan” memaksa saudara/teman membuka cabang franchise gadungan ini, adalah menyebarkan ke media massa atau media internet “kisah sukses bisnis donut” dan klaim bahwa usaha anda ini sudah memiliki cabang dimana-mana. Padahal sih baru 2. Warung donut anda dan warung korban anda. Setelah berhasil membohongi publik, langkah selanjutnya, anda bisa menulis buku-buku bisnis dengan judul-judul seperti :
- Sukses finansial membangun usaha donut.
- Mau kaya? Gampang.
- Kaya seperti Membalikan tangan? Bisa kok!
- Jangan mau jadi karyawan terus, cape deeh.

Setelah berhasil membohongi penerbit dan pembaca, anda sudah berhasil mendapatkan pemasukan dari penerbitan buku “angin-angin sorga” ini. Kenapa saya anggap sudah berhasil, karena buku macam “sukses berbisnis” pasti laku sekali dipasaran. Saya tidak perlu jabarkan alasannya karena anda pasti sudah tahu.

Oke, sekarang ujian ketiga. Berhubung pendapatan dari penerbitan 1 buku itu tidaklah cukup untuk membeli 1 Honda Tiger, maka langkah selanjutnya adalah pengadaan seminar sehari. Langsung saja, buatlah iklan dimajalah atau koran-koran lokal dan iklan tersebut berisi undangan seminar sehari bisnis yang sedang anda geluti. Jangan lupa, dalam iklan tersebut, pasang foto muka jelek anda supaya orang-orang tertarik dan merasa yakin bahwa memang benar anda adalah bekas orang miskin dan sekarang berhasil menjalankan roda bisnis donut hingga beromset puluhan juta rupiah. Jika sudah sampai langkah ini, anda sudah tinggal menyedot uang pendaftaran yang bisa dipatok sebesar Rp 500 ribu per orang.

Nah, untuk cuap-cuap didepan fans anda, tidaklah perlu takut. Hadapi saja seperti menghadapi orang yang paling anda benci sedunia. Ceritakan sebohong-bohongnya kisah sukses anda dan jangan lupa, setelah seminar, berikan souvenir-souvenir murah supaya penggemar bodoh anda ini merasa tidak dirugikan dan mau datang lagi pada seminar berikutnya.

Cling!!
You just Rich!!


Kevin Rose as "The Wonder Kid"

Ada yang bilang, orang satu ini adalah banci Google AdSense. Namun, setelah membaca profile dirinya, orang satu ini memang fenomenal, truly a wonder kid. Pada bulan agustus 2006, melalui situs digg.com, ia mampu meraup uang sebesar 60 juta dollar, luar biasa.
Namanya Robert Kevin Rose atau singkatnya Kevin Rose, lahir tanggal 21 Februari 1977 di California. Ia adalah pendiri digg.com bersama rekannya Owen Byrne, Ron Gorodetzky, and Jay Adelson.



Sekilas tentang Rose, ia pernah masuk majalah di BusinessWeek pada edisi agustus 2006 dan judul covernya menyebutkan "How This Kid Made $60 Million In 18 Months". Topik utama pada majalah ini menjelaskan kisah sukses si Rose dan bagaimana ia rela kehilangan semuanya untuk merealisasikan Digg.com. Ia juga rela kehilangan pacarnya ketika harus meluncurkan digg.com dimana uangnya hangus terpakai untuk mendanai ide gilanya itu.

Masih muda, kaya raya. Siapa yang ga sirik sama manusia seperti ini. Seperti saya, namanya orang iri, pikirannya pasti negatif, maka komentar saya adalah menganggap Kevin Rose sukses karena dia beruntung. Disaat yang tepat, ia berhasil memenuhi kebutuhan pengguna internet diseluruh dunia akan situs social bookmarking. Kebutuhan yang muncul karena banyak orang merasa perlu untuk menunjukan kepada orang lain akan tulisan yang menarik, baik tulisannya sendiri maupun tulisan orang lain. Right man in the right place. Hoki kalau orang bilang.

Tapi dibalik kesuksesan ini, ada satu hal yang membuat saya terkesan. Rose dan teman-temannya membangun situs DIGG.COM, yang telah nangkring dalam top 100 websites worldwide, ternyata hanya berbasiskan LAMP(Linux-Apache- MySQL-PHP). Is that cool?! Bisa dibayangkan, top 100 dunia, ratusan ribu hit perhari, hanya diatas MySQL-PHP?!!! Ga bisa ngebayangin, bagaimana caranya DBA-DBA DIGG harus melayani ribuan data transaksi per jam.

Anyway, will I be the next Kevin Rose soon? I believe!

Source :
Kevin Rose by wikipedia
Digg by wikipedia
digg on LAMP by google

Batik a Java-based toolkit for SVG



Di dunia open source, banyak nama yang berbau Indonesia dipakai beberapa produk open source. Contoh terkenal sebutlah Jawa atau JAVA. Nama pulau di Indonesia ini dipakai sebagai nama bahasa pemrograman dan sudah lebih dari 16 tahun tidak tergantikan. Selanjutnya berimbas ke propinsi dipulau Jawa yaitu “Jakarta” yang terpakai sebagai nama produk web server open source. Nah, ini yang lebih lucu, nama Batik, produk asli masyarakat Jawa, digunakan sebagai nama modul untuk membuat image berformat Scalable Vector Graphics (SVG).
Apa yang dimaksud "Batik" ini, berikut kutipan dari websitenya :


Overview
Batik is a Java-based toolkit for applications or applets that want to use images in the Scalable Vector Graphics (SVG) format for various purposes, such as display, generation or manipulation.

The project’s ambition is to give developers a set of core modules that can be used together or individually to support specific SVG solutions. Examples of modules are the SVG Parser, the SVG Generator and the SVG DOM. Another ambition for the Batik project is to make it highly extensible—for example, Batik allows the developer to handle custom SVG elements. Even though the goal of the project is to provide a set of core modules, one of the deliverables is a full fledged SVG browser implementation which validates the various modules and their inter-operability.

What Batik can be used for
With Batik, you can manipulate SVG documents anywhere Java is available. You can also use the various Batik modules to generate, manipulate and transcode SVG images in your applications or applets.

Batik makes it easy for Java based applications or applets to deal with SVG content. For example, using Batik’s SVG generator module, a Java application or applet can very easily export its graphics into the SVG format.

Selengkapnya anda bisa baca disini : http://xmlgraphics.apache.org/batik/index.html

Kira-kira, nama apa lagi yah yang bakal dicolong oleh orang luar?

Monday, May 14, 2007

Selingkuh for dummy [part 2]

Apa yang paling menarik saat makan di restoran? Jawabannya adalah menyaksikan seorang pria didamprat karena ketahuan selingkuh!
Ya, kejadian ini saya saksikan saat sedang makan di restoran kecil daerah Megaria, Jakarta Pusat, sambil menunggu film Spiderman 3. Peristiwa yang luar biasa!
Jadi ceritanya, ketika sedang makan mie ayam, datang lah sepasangan pria wanita, duduk satu meja dengan saya, lalu memesan makan dan dalam sekejap, seorang wanita di sebelah meja saya datang menghampiri si pria dan berkata dengan suara lantang, “Hei bang! Siapa nih bang?”
“Teman.” Kata si pria agak pelan.
“Oh iya, saya adiknya istri si abang!!” kata si perempuan lagi dengan suara keras sambil menyalami si wanita gandengan peselingkuh.
“Ga ada apa-apa khan bang?”
“Ga ada.”
“Ga papa lagi, santai aja sama gue.” PLAK!!! Punggung si pria dipukul keras sekali oleh adik korban selingkuhan.
Setelah itu, sang peselingkuh dan pasangannya diam saja selama makan. Selesai makan, mereka membayar dan keluar, terjadilah hal yang diinginkan. Perkelahian mulut antara adik korban selingkuh dengan si peselingkuh tak terhindarkan.
“KENAPA SIH BANG TEGA BENER, ABANG GA PEDULI LAGI SAMA KAKAK DI RUMAH?”

Statement itu saja yang sempat saya dengar. Setelah itu saya pergi menjauh dan sempat mengintip dari balik mobil bagaimana si peselingkuh membela diri.

Nah, bagi para peselingkuh sejati, pada ketikan sebelumnya, saya sempat memberikan tips untuk berselingkuh. Anda bisa membacanya disini.
Sekarang, saya akan memberi dua tips tambahan yaitu:
  1. Jika anda hendak jalan dengan TTM anda, jangan lah mencari restoran murah! Malu dong ketahuan berselingkuh ditempat murah. Malu sama pengunjung disekitar anda juga sekiranya anda ke "gep". Kalau anda ketahuan selingkuh di restoran Imperial treasure, Satoo Shangri-la, Cilantro, atau resto mahal lainnya, masih ada gengsi dikit. Apalagi kalau adik/kakak istri anda tidak memiliki pendapatan/gaji sebesar anda. Aman deh! Karena ga mungkin mereka akan ke restoran tersebut kecuali memiliki pacar yang kaya.

  2. Ketahuilah tempat makan kesukaan adik/kakak istri anda sehingga anda bisa menghindari tempat-tempat tersebut. Selain tempat makan, ketahui juga makanan favorit adik/kakak istri anda sehingga anda bisa menghindari tempat makan yang menyediakan makanan tersebut.


Ada tips tambahan?

Akucintasekolah.com


First impression
Kalau sebelumnya fupei dot com sudah nangkring beberapa tahun di jagad raya internet Indonesia, sekarang muncul lagi situs pertemanan baru yang bernama akucintasekolah.com. Pertama kali tahu akucintasekolah.com, Saya terkesan dengan ide website ini. Meniru situs pertemanan yang sudah ada tapi tidak bulat-bulat di copy-paste. Sedikit dialihkan istilahnya menjadi pertemanan siswa sekolah atau alumni walaupun secara fungsional sama saja dengan friendster/facebook/fupei atau variannya. Berikut kata pengantar dari ACS :

AkuCintaSekolah.Com (ACS) adalah sebuah website komunitas yang bertujuan untuk
menjadi wadah semua orang yang pernah dan masih sekolah di Indonesia. Baik itu
siswa-siswi, alumni, senior , junior maupun sesama guru di seluruh Indonesia.
Bagi kalian yang ingin menambah pergaulan, maupun mencari teman lama dan
nostalgia, ACS tentunya pilihan yang tepat untuk kamu.
ACS dapat juga
dijadikan sebagai sumber informasi lingkungan sekolah yang kamu butuhkan atau
sebaliknya ACS diharapkan dapat menjadi tempat untuk menginformasikan sekolah
kamu dengan segala kegiatan-kegitan yang ada di sekolah kamu.

Kesan yang lain adalah, website ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman ASP. Wow…
Teknologi lama yang rasanya sudah ditinggalkan banyak programmer sekarang. Termasuk saya. Kalau diingat-ingat, sungguh menyakitkan bekerja membangun aplikasi web menggunakan ASP.

Lalu, iseng-iseng saya coba lakukan sql injection. Walah! Top markotop. Perbuatan jahat saya tidak tembus. Ok dee...


Tanpa menunggu, saya langsung mencoba signup.


PENDAFTARAN
Ketika mencoba melakukan signup, mulailah rasa kecewa bermunculan. Proses signup ini terbagi menjadi 2 halaman. Kekurangan pertama yaitu ketika saya memilih propinsi, website ACS harus direfresh untuk mendapatkan data kota berdasarkan propinsi yang kita pilih. Begitu juga dengan kecamatan dimana website ACS harus direfresh untuk mendapatkan data kecamatan berdasarkan kota yang kita pilih. Juga selanjutnya. Duh! Terlalu lama menunggu. Seharusnya si programmer bisa menggunakan javascript campur kode ASP untuk menghasilkan data-data propinsi/kota/kecamatan/sekolah yang menempel di sisi klien.



Kemudian saya klik daftar, saya dipindahkan ke halaman pendaftaran berikutnya. Disini kita harus mengisi beberapa data “penting”. Apakah penting bahwa kita harus mengisi data pekerjaan, alamat, propinsi kalau sebetulnya kita bisa update di halaman profile setelah selesai mendaftar? Dan parahnya lagi, kejadian seperti sebelumnya, saya harus menunggu aplikasi refresh untuk mendapatkan data kota dari combobox propinsi yang kita pilih. Fiuh… cape dee…

Sebelum saya mengklik daftar pada halaman kedua ini, saya coba mengubah tanggal lahir saya supaya tidak sesuai dengan tahun masuk sekolah. Ketika saya mengklik daftar, aplikasi menyatakan ada kesalahan dan saya dikembalikan ke halaman pendaftaran pertama dengan seluruh field-fieldnya kosong! Tidak tersimpan! Hu! Menyebalkan…


Akhirnya, saya urung meneruskan pendaftaran di akucintasekolah.com karena sudah merasa il-fil.

Friday, May 11, 2007

TRANSFORMERS anyone?

Penasaran dengan film TRANSFORMERS? Ga sabar?
Nih, saya kasih appetizer-nya.
[klik untuk memperbesar]






- - -

source : http://www.michaelbay.com/blog/newsblog.html

Salam dari hati yang terdalam

Temen sebelah saya di Time Attendance(program absensi) akhirnya hari ini cabut dari kantor(Lihat gambar dibawah).


Namanya Anom. Blognya yang pernah saya promosiin ini[view] resign karena ingin menjadi orang yang "tetap berpendapatan". Bukan lagi menjadi orang yang "berpendapatan tetap". Nice move partner.

Saya tidak bisa banyak berkata-kata, karena begitu banyak cerita yang sulit diungkapan.
Mungkin sekarang cukup saya memberikan kutipan teman-teman yang merasa kehilangan akan seorang Anom:

Anom Bramanjati - Till we meet again!
Anom : Selamat pagi Bu..
Vitta : Pagi.. Selamat datang.. saya Vitta
Anom : Bu.. Saya mau digaji berapa aja.. asal bisa kerja…
Aku terkesima..(apa-apaan nih??)

Selamat datang kemerdekaan
mungkin itu salah satu yang terlintas dibenak gw ketika last day-nya temen gw dikantor. mulai besok gak harus berangkat pagi kekantor, bangun tidur bisa maen2 dulu sama bocah2, nganterin sekolah, keluyuran siang2, ketemu client, dibayar dp project 50%, belanja2, kongkow2, dll dll, waaah hebat juga yaa orang yg bisa gitu.


Salam dari hati yang terdalam, semoga sukses teman.

Wednesday, May 09, 2007

All about life, what else?

Anda seorang wanita yang sibuk dengan hiruk-pikuk kantor dan juga sibuk dengan 1001 keinginan anak-anak yang beranjak remaja? Seorang wanita karir dan memiliki anak buah yang bandel? Mungkin blog ini cukup inspiratif dan saya rasa anda perlu membacanya.

Berikut beberapa kutipan dari blog ini:

Doa anakku
Terburu-buru mengejar kereta, akhirnya dapet juga dan sampai di rumah menjelang selesai nya adzan maghrib[...]

Mega Power training - Teka teki sebutir telur
Tertarik sama iklan di radio ramako, berangkat lah aku mengikuti training bernama: Mega power healing training,[...]

Sate Djono yg bener2 nendang.. dhuerrrr
Karena udah laper berat pulang dari menjenguk Iwan yg tergeletak gak berdaya di RS Pelni, ramai2 kita ber 12 orang[...]

Bocah Kota Turun ke Desa
Seru juga bawa segerombolan bocah2 (umur 2 - 10 tahun) jalan-jalan…
Karena udah bosan mainnya ke Mal, Timezone, Berenang, Puncak, dll.. akhirnya timbul ide bawa bocah2 itu ke[...]

Spiderman(3) Fever
Demam Spiderman mewabah lagi, kali ini anak-anakku yang kena….Kalau bukan demi mereka sih.. gak bakal tuh nonton ke Bioskop.. Udah antri-nya lama, dapetnya tiga baris dari paling depan[...]

So guys, buruan deh kenalan sama yang punya blog. Jangan lupa isi comment-nya. Katanya, barang siapa yang ngasih comment, ntar didoain jadi cepat kaya.

DotNet Kick digg ass?

Apakah anda mengetahui bahwa ternyata DIGG.COM memiliki kembaran?
Ya, kembarannya adalah DotNetKicks.com.
Silahkan anda mendaftar di DotNetKicks.com lalu perhatikan layout-nya.
Kalau anda malas mendaftar, bisa lihat screenshot dibawah ini:



Mirip sekali bukan?

Hanya bedanya :
  • DOTNETKICKS.COM lebih fokus pada Microsoft development techniques, technologies and tools termasuk didalamnya adalah ASP.NET, C#, VB.NET, C++, Visual Studio, Team System, SQL Server and Microsoft Vista, sedangkan DIGG.COM lebih luas seperti technology, science articles, politics dan entertainment.
  • DOTNETKICKS.COM disokong oleh pasokan uang pendirinya yaitu Microsoft dimana tidak ada habis-habisnya sedangkan DIGG.COM disokong oleh pengguna DIGG yang mengklik google adsense.
  • DOTNETKICKS.COM menjadikan dirinya open source, dimana source codenya bisa dimiliki oleh semua orang sedangkan DIGG.COM tidak.

Makin lama saya jadi ga ngerti dengan jalur bisnisnya Microsoft. Apakah mereka melakukan inovasi sendiri, create something, lalu menjualnya atau membiarkan orang-orang berinovasi lalu ditiru(seperti yang sudah-sudah) kemudian berusaha dimatikan?

- - -

NB : seandainya ada yang mau translate tulisan saya, trus di "digg it", mungkin tulisan ini akan menjadi favorit topic di digg. *Ngarep*

Monday, May 07, 2007

One gallon of tears


Sedih...

Hanya perasaan ini yang bisa saya ungkapkan.
Meskipun terasa pahit tetapi harus bisa kita terima.
Saya, dan mungkin Anda, sebagai suporter AJM (Asal Jangan MU), mengucapkan Selamat kepada para fans Manchester United dimana tim kesayangan Anda telah berhasil meraih gelar juara Premiership.

Thursday, May 03, 2007

13

Apakah angka 13 adalah benar angka sial?
  • Di beberapa gedung perkantoran atau gedung-gedung tingkat tinggi lainnya, sering kita temui didalam lift tidak adanya tombol lantai 13.
  • Dibanyak budaya, 12 adalah angka populer sehingga 13 disebut angka buruk karena lebih dari angka 12.
  • Ketika grup yang terdiri 13 object atau orang lalu dibagi dua, tiga, empat atau enam kelompok maka akan tersisa satu. Sehingga object atau orang yang tersisa harus disingkirkan.
  • Dulu, distasiun tivi pernah muncul film serial Friday the 13th. Seolah menggambarkan bahwa angka 13 adalah angka angker.
  • Judas Iskariot, si pengkhianat, adalah murid Yesus yang duduk di bangku urutan ketigabelas.


Nah, kalau memang benar 13 angka sial, kenapa developer Microsoft, yang membuat Visual Studio.NET 2003 dan Visual Studio 2005 melakukan hal ini. Mereka membuat peringkasan nama file(terbagi dua dengan dipisahkan karakter dot tiga kali/"...") di nama tab dan menyisakan 13 karakter di potongan kedua.
Lihat gambar ini. Saya mengambilnya dari Visual Studio.NET 2003. Silahkan anda hitung banyaknya karakter yang dikotaki.

Lalu saya coba merubah sedikit code supaya muncul tanda * yang menunjukan file tersebut ada perubahan. Ternyata banyaknya karakter bagian kedua adalah tetap 13!

Saya pindah ke Visual Studio 2005 dan mendapati hal yang sama. Lihat dan hitunglah.

Hiii... Syereem...

Sumber pustaka: angka 13(wikipedia)

Compiere




Compiere adalah solusi software Enterprise Resource Planning (ERP) dan Customer Relations Management (CRM) terintegrasi yang mengkombinasikan keunggulan point of sales (POS), distribution, inventory, e-commerce, accounting, dan workflow systems didalam satu aplikasi. Compiere sangat mudah dimodifikasi sesuai kebutuhan perusahaan dan dibuat untuk menghandle tantangan bisnis global.


Kenapa kita harus memakai Compiere
Produk ini Freeware alias gratis. But there's no free lunch. Kalau anda membutuhkan support dari Compiere langsung, sama seperti stiker di mikrolet-mikrolet yaitu "Naik Gratis-Turun Bayar", maka di Compiere "Pakai Gratis-Nanya Bayar".

Compiere sudah memiliki semua fitur yang bisa dipakai dalam sebuah perusahaan manufacture atau jasa. Build of Material untuk manufacture, produk retail-non retail, dan pendapatan dari jasa fiturnya sudah tersedia. Tergantung mau di custom-nya seperti apa dan sejauh apa.

Modifikasi bagi developer JAVA pun mudah sekali. Jika akan menambah kolom didatabase, lalu kolom itu mau tampil di UI, cukup di custom dari form-nya tanpa menambah code JAVA.

Benchmarking
Dalam dunia ERP berbasis JAVA, terdapat beberapa aplikasi tandingan Compiere. Diantaranya adalah Opentaps dan Adempiere. Berikut sedikit perbandingan Compiere vs Opentaps dan Compiere vs Adempiere berdasarkan pengalaman beberapa profesional JAVA.

#Compiere vs Opentaps
- Installasi compiere lebih mudah. Sedangkan Open taps yang sudah terinstall ternyata masih banyak bugs.
- Dilihat dari segi software-nya sendiri. Open taps sepertinya lebih di khususkan kepada online webstore, jadi arsitekturnya mempermudah perusahaan yang mau berjualan barang di internet.
- Dari setup data, walaupun dua-duanya fokus ke produk, dalam arti sebagian besar entity yang ada menempel erat dengan sebuah produk. Tetapi opentaps membutuhkan effort yang lebih besar dalam hal menambahkan sebuah produk, terlalu banyak
field yang harus di isi, padahal fieldnya belum tentu dibutuhkan.

#Compiere vs Adempiere
- Adempiere memiliki sedikit keunggulan dalam masalah reporting. Adempiere mendukung Jasper Report sedangkan Compiere tidak.
- Dari segi support, Compiere jelas lebih unggul. Adempiere masih muda, a.k.a baru mulai. Dan belum ada support yang jelas.

*************************************

Sumber Pustaka :
- Milis Java User Group Indonesia.
- www.compiere.org

Time sheet


Apa pekerjaan yang paling nyebelin ? Ngisi time sheet. Kenapa nyebelin? Males aja mengingat-ingat apa yang sudah dilakukan sebelumnya. Apalagi kalo aktifitas yang belum ditulis ke time sheet sampai 3 hari. Walah... Mikir dah tuh. Kalo sampai lupa, terpaksa mengarang bebas.
Biar bagaimana pun, ngisi time sheet kudu dikerjakan. Kenapa? Kalo kagak, bisa kena marah sama atasan. Itu pertama. Kedua, time sheet diperlukan oleh bagian keuangan untuk melakukan perhitungan biaya projek. Ketiga, berhubungan dengan bonus akhir tahun juga. Semakin banyak kerjanya, semakin banyak bonusnya.

Kamu: Di, kalo pegawainya bodoh gimana? Khan aktifitasnya dipenuhi belajar/browsing/perbaiki eror-eror atas kesalahannya?

Saya: Sebelum pembagian bonus, pecat duluan!

Kamu: Elu dong!

Tuesday, May 01, 2007

Senter dari SQL Server User Group Indonesia monthly meeting


Lumayan nih, dapet senter dari acara SQL Server User Group Indonesia monthly meeting hari Senin malam jam 18.00 kemarin. Ada tulisan Microsoft-nya pula. Pulang dari kantor > meluncur ke lantai 18 Gedung BEJ > tanda tangan > dapet makan malam > dengerin Mr M choirul Amri ngedongeng cerita lama.

Cerita lama? Sombong banget lu Di.
Lah iya toh. Database security-programmer perspective mah cerita lama. Topiknya dari dulu itu-itu aja. SQL Injection, parameterize query. Tapi banyak bumbu-bumbunya sih. Dan bumbunya banyak yang baru.

Oh ya, untuk pertama kalinya, saya ketemu si M Choirul Amri dan Kiki R. Noviandi. Ternyata orangnya biasa-biasa aja. Tapi yang keluar dari mulutnya yang ga biasa. Canggih punya!

**Sujud

Komentar Terbaru